Cara Membuat Rangking Lewat Excel

Salah satu hal yang sering menjadi fokus bagi orang adalah peringkat atau rangking. Segala jenis kompetisi, baik itu di sekolah, olahraga atau bahkan di tempat kerja, pasti memiliki peringkat. Hal ini juga berlaku untuk dunia digital, terutama untuk konten yang bersaing untuk mendapatkan perhatian dari pengguna.

Cara Membuat Peringkat atau Rangking

Pada dasarnya, peringkat atau rangking merupakan cara untuk menentukan posisi yang dimiliki oleh setiap peserta dalam kompetisi. Dalam dunia konten digital, peringkat atau rangking dapat ditentukan melalui berbagai faktor, seperti jumlah tampilan, like dan share.

Untuk membuat peringkat atau rangking pada sebuah situs web, secara umum terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Tentukan kriteria peringkat: Sebelum membuat peringkat, pertama-tama harus ditentukan kriteria yang digunakan untuk menentukan peringkat. Misalnya untuk sebuah blog, kriteria dapat berupa jumlah pengunjung, jumlah komentar atau jumlah like pada postingan.
  2. Kumpulkan data: Setelah menentukan kriteria peringkat, selanjutnya adalah mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk menentukan peringkat. Untuk mencari tahu data, dapat menggunakan berbagai tools atau software untuk analytics.
  3. Analisis data: Setelah data berhasil dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut. Dengan menganalisis data, dapat ditemukan pola atau tren dalam jumlah pengunjung, jumlah like atau share pada sebuah postingan.
  4. Buat peringkat: Setelah data berhasil dianalisis, selanjutnya adalah membuat peringkat. Dalam membuat peringkat, dapat dibuat tabel atau grafik yang dapat memudahkan pembaca untuk memahami peringkat tersebut.

Jika ingin membuat peringkat dengan lebih canggih, dapat menggunakan algoritma atau formula matematis yang dapat memperhitungkan berbagai faktor dalam menentukan peringkat.

Gambaran Umum Mengenai Peringkat atau Rangking

Gambar 1: Cara Menghitung Rangking Di Raport [panduan lengkap] cara membuat

Cara Membuat Rangking Lewat Excel

Gambar 1 di atas adalah panduan untuk menghitung rangking pada raport. Dalam panduan tersebut, dijelaskan mengenai cara menghitung rangking menggunakan excel. Dalam membuat peringkat atau rangking, bisa menggunakan excel sebagai tools untuk menghitung dan membuat peringkat.

Gambar 2: Rangking im3 ooredoo indosat. Cara membuat rangking otomatis di excel

Rangking im3 ooredoo indosat. Cara membuat rangking otomatis di excel

Gambar 2 di atas adalah contoh implementasi peringkat atau rangking secara otomatis menggunakan excel. Pada gambar tersebut terlihat bahwa peringkat atau rangking dipaparkan dalam bentuk tabel yang mudah dimengerti.

Gambar 3: Cara Membuat Rangking Dari Excel – Dehaliyah

Cara Membuat Rangking Dari Excel – Dehaliyah

Gambar 3 di atas adalah tutorial cara membuat rangking dari excel yang dipaparkan dalam bentuk video. Dalam membuat peringkat atau rangking, terdapat berbagai cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan membuat rangking melalui excel.

Gambar 4: Cara membuat ranking dengan mudah di excel 2016 – RAJARIMBA

Cara membuat ranking dengan mudah di excel 2016 - RAJARIMBA

Gambar 4 di atas adalah tutorial cara membuat rangking dengan mudah menggunakan excel 2016. Dalam tutorial tersebut, dijelaskan dengan cukup detail mengenai cara membuat rangking dan ranking dengan mudah.

Gambar 5: 5 Cara Membuat Ranking di Excel secara Otomatis | Jalantikus

5 Cara Membuat Ranking di Excel secara Otomatis | Jalantikus

Gambar 5 di atas adalah contoh panduan cara membuat ranking di excel secara otomatis yang disajikan oleh website Jalantikus. Panduan tersebut sangat mudah dimengerti dan cocok untuk pemula yang ingin mempelajari cara membuat peringkat atau rangking menggunakan excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Halaman Selanjutnya Di Excel

FAQ

1. Apa saja kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam membuat peringkat atau rangking?

Setiap jenis kompetisi mempunyai kriteria yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan tingkat persaingan. Dalam membuat peringkat atau rangking pada media digital, beberapa kriteria yang biasa dipertimbangkan meliputi jumlah tampilan, jumlah like, jumlah share, jumlah komentar dan engagement rate.

2. Apakah barangkali saya bisa implementasikan tetap rangking jelajahi untuk strategi SEO web saya?

Tentu saja, peringkat atau rangking yang baik pada sebuah website mempunyai pengaruh yang besar pada SEO. Dalam SEO, peringkat merupakan posisi dari sebuah website di halaman hasil pencarian. Dengan memperbaiki peringkat atau rangking, pengunjung akan lebih mudah menemukan website Anda di halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, menjaga peringkat atau rangking tetap menguntungkan dapat menjadi strategi SEO yang efektif.

Video Tutorial Cara Membuat Rangking Dari Excel – Dehaliyah

Berikut adalah video tutorial cara membuat rangking dari excel yang diunggah oleh saluran Dehaliyah pada YouTube: