Excel memang menjadi salah satu alat yang sangat penting di dunia kerja. Hampir setiap pekerjaan membutuhkan program ini, bahkan di luar ruangan perkantoran. Sebab, Excel dipercayai dapat membantu pengguna mengatur data secara efektif dan efisien.
Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis
Saat memasukkan data ke dalam Excel, tentu saja, pengguna tidak ingin melihat tampilan tabel yang monoton atau datar saja. Namun terkadang, pengguna sibuk sehingga tidak sempat untuk menghias tabel tersebut satu per satu. Cara termudah untuk menghias tabel Excel dengan cepat adalah dengan memberikan warna pada tabel Excel secara otomatis.
Langkah-langkah Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis
- Pertama, Buka program microsft excel di laptop atau PC anda.
- Setelah itu, Klik dan tahan tombol mouse di pojok kiri atas kolum A, angka 1 sampai ke bawah lalu ke kanan sampai lebar yang diinginkan dengan mengklik atau menekan dan menahan tombol mouse.
- Kemudian, Pilih menu Home, kemudian klik pilihan Format, kemudian pilih pilihan Table. Atau dapat juga langsung menuju ke pilihan bawah “New Table Style” kemudian pilih “Format as Table”.
- Setelah itu, pilih salah satu tampilan tabel yang Anda inginkan.
- Sekarang, akan muncul “Table Style Options”, Anda dapat memilih opsi-opsi yang ingin ditampilkan atau dihapus.
- Lalu, Klik “Ok.”
Setelah menambahkan data ke dalam tabel Excel, warna otomatis dapat diterapkan dengan mudah. Untuk mengaplikasikan, klik “Styles” pada Ribbon dan pilih salah satu pilihan “Table Styles”. Hasilnya, tabel menjadi lebih menarik dan lebih mudah dilihat.
Video Tutorial Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis
Membuat Range pada Tabel Excel Absolut
Range pada tabel Excel absolut dapat membantu pengguna melakukan perhitungan sesuai kebutuhan. Range absolut dikenal dengan $ yang digunakan sebagai penunjuk lokasi tetap. Penggunaan notasi absolut sangat dibutuhkan ketika pengguna ingin mengganti sel atau memindahkan sel yang memiliki formula.
Langkah-langkah Membuat Range pada Tabel Excel Absolut
- Pertama, Buka Excel dan buatlah tabel atau masukkan data ke dalam Excel.
- Kedua, klik pada sel yang akan diisi formula.
- Ketiga, masukkan formula yang akan diaplikasikan pada sel dengan memberi tanda absolut $ pada koordinat kolom dan baris yang diinginkan.
- Contoh: “=A1*$B$1”
- Setelah itu, klik dengan mouse pada pojok kanan bawah sel aktif dan tarik ke sel yang lain. Formula diubah sesuai dengan lokasi yang diaplikasikan.
- Lalu, tekan enter.
Setelah itu, range pada tabel Excel absolut siap digunakan sesuai kebutuhan. Pengguna dapat memodifikasi range saat diperlukan tanpa mengubah referensi sel relatif.
FAQ
Apa itu Excel?
Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi yang termasuk dalam paket Microsoft Office. Fungsi dari Excel adalah sebagai alat bantu pengolahan data yang memungkinkan pengguna menghitung, mengatur, dan menganalisis data dengan mudah dan cepat.
Apa manfaat Excel bagi pengguna?
Excel memudahkan pengguna dalam mengatur dan menganalisis data, membuat grafik, dan membantu dalam pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Selain itu, Excel juga memudahkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas kerja pengguna.