Cara Membuat Radio Button Di Excel 2010

Option Button dalam Excel sangat berguna untuk memberikan kemudahan kepada pengguna Excel dalam memilih suatu pilihan dalam sebuah data yang disediakan. Dengan menggunakan Option Button, pengguna dapat memilih satu opsi dari beberapa pilihan yang disediakan, sehingga dapat mempercepat proses pengolahan data. Bagaimana cara membuat Option Button pada Excel? Mari simak tutorial berikut ini.

Cara Membuat Option Button pada Excel

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Option Button pada Excel adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka file Excel.
  2. Pilih tab “Developer” pada menu Excel.
  3. Jika tidak menemukan tab menu “Developer”, perlu dilakukan pemasangan Add-Ins “Developer”. Pilih menu “File” lalu pilih “Options”. Kemudian pilih “Customize Ribbon” dan centang pilihan “Developer” lalu pilih “OK”.
  4. Pada tab “Developer”, pilih kotak “Insert” pada grup “Controls”. Kemudian pilih “Option Button”.
  5. Buat area form pada lokasi yang diinginkan di file Excel.
  6. Kemudian beri nama pada Option Button yang sudah dibuat, dengan cara klik kanan pada Option Button dan pilih “Format Control”.
  7. Pilih tab “Control” pada menu “Format Control” dan beri nama pada “Option Button”.
  8. Jika ingin menambahkan pilihan lain pada Option Button, pilih Option Button yang sudah dibuat. Kemudian copy dan paste Option Button tadi pada area lokasi yang diinginkan. Beri nama baru pada Option Button yang sudah dicopy-paste, dengan cara klik kanan pada Option Button dan pilih “Format Control”.
  9. Setelah selesai, tutup dialog dan simpan file Excel.
Baca Juga :  CARA MENGGABUNG FILE EXCEL KE WORD

Fungsi Option Button pada Excel

Option Button pada Excel berfungsi untuk memberikan kemudahan pada pengguna Excel dalam memilih suatu pilihan dalam sebuah data yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat memilih satu opsi dari beberapa pilihan yang disediakan, sehingga dapat mempercepat proses pengolahan data. Dengan pilihan ini, maka akan mudah bagi pengguna Excel untuk melakukan pengolahan data.

Cara Membuat Tombol Cetak atau Print di Excel Menggunakan Macro

Cara membuat Tombol Cetak atau Print di Excel Menggunakan Macro sangat mudah dilakukan. Dengan menggunakan Tombol Cetak atau Print, pengguna Excel dapat mengeprint seluruh data pada file Excel dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah cara membuat Tombol Cetak atau Print di Excel Menggunakan Macro.

  1. Pertama, buka file Excel.
  2. Pilih tab “Developer” pada menu Excel.
  3. Jika tidak menemukan tab menu “Developer”, perlu dilakukan pemasangan Add-Ins “Developer”. Pilih menu “File” lalu pilih “Options”. Kemudian pilih “Customize Ribbon” dan centang pilihan “Developer” lalu pilih “OK”.
  4. Pada tab “Developer”, pilih kotak “Insert” pada grup “Controls”. Kemudian pilih “Button”.
  5. Buat area form pada lokasi yang diinginkan di file Excel.
  6. Kemudian beri nama pada tombol yang sudah dibuat, dengan cara klik kanan pada tombol dan pilih “Assign Macro”.
  7. Pilih tombol “New” untuk membuat macro baru.
  8. Ketik nama macro, misalnya “Print_Data”, kemudian pilih “OK”.
  9. Masukkan kode macro untuk mengeprint seluruh data pada file Excel:
  10. Sub Print_Data()
            Application.ActivePrinter = "Printer_Name" 'Nama Printer
            'PaperSize
            'pilih 1 untuk ukuran A4, 5 untuk ukuran Legal
            Application.PrintCommunication = False
            With ActiveSheet.PageSetup
                .PaperSize = 1
                .Orientation = xlPortrait
                .Zoom = False
                .FittToPagesWide = 1
                .FittToPagesTall = False
            End With
            ActiveWindow.SelectedSheets.PrintOut _
                Copies:=1, _
                Collate:=True, _
                IgnorePrintAreas:=False
        End Sub>
        
  11. Simpan macro dan tutup dialog.
Baca Juga :  Cara Menghitung Modus Di Excel

Fungsi Tombol Cetak atau Print pada Excel

Tombol Cetak atau Print pada Excel berfungsi untuk memberikan kemudahan pada pengguna Excel dalam mengeprint seluruh data pada file Excel. Dengan menggunakan Tombol Cetak atau Print, pengguna Excel dapat mengeprint seluruh data pada file Excel dengan mudah dan cepat. Dalam proses pengolahan data, Tombol Cetak atau Print sangat membantu untuk menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan.

FAQ

Apa itu Option Button pada Excel?

Option Button pada Excel adalah tombol atau button yang digunakan untuk memberikan kemudahan pada pengguna Excel dalam memilih suatu pilihan dalam sebuah data yang disediakan. Dengan menggunakan Option Button, pengguna dapat memilih satu opsi dari beberapa pilihan yang disediakan, sehingga dapat mempercepat proses pengolahan data.

Apa fungsi Tombol Cetak atau Print pada Excel?

Tombol Cetak atau Print pada Excel berfungsi untuk memberikan kemudahan pada pengguna Excel dalam mengeprint seluruh data pada file Excel. Dengan menggunakan Tombol Cetak atau Print, pengguna Excel dapat mengeprint seluruh data pada file Excel dengan mudah dan cepat. Dalam proses pengolahan data, Tombol Cetak atau Print sangat membantu untuk menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan.

Video Tutorial: Cara Membuat Option Button pada Excel