Cara Membuat Rab Desain Rumah Di Excel

Gambar-gambar di bawah ini adalah contoh cara membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) menggunakan Microsoft Excel. RAB digunakan sebagai panduan dalam menghitung biaya proyek yang akan dikerjakan. Dalam proyek pengadaan barang dan jasa, sebuah lembaga pemerintah harus membuat RAB sebagai dasar pengajuan anggaran ke Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Provinsi atau Kabupaten/Kota setempat. Namun, tidak hanya lembaga pemerintah yang harus membuat RAB, perorangan atau badan usaha pun dapat membuat RAB jika ingin membangun sebuah gedung atau infrastruktur.

Cara Membuat RAB dengan Microsoft Excel

Cara Membuat Rab Desain Rumah Di Excel

Cara membuat RAB menggunakan Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Buat tabel kosong dengan menentukan judul kolom, misal “Uraian Pekerjaan”, “Volume”, “Satuan”, “Harga Satuan”, “Total Harga”
  3. Isi data pada kolom yang telah disediakan dengan uraian pekerjaan, volume pekerjaan, satuan, harga satuan, dan total harga
  4. Hitung jumlah total harga pada kolom “Total Harga” melalui rumus =harga satuan x volume pekerjaan
  5. Hitung jumlah keselurahan harga pada kolom “Total Harga” melalui rumus =SUM()

Cara Membuat RAB Desain Rumah Di Excel

Cara Membuat RAB Desain Rumah Di Excel

Cara membuat RAB untuk desain rumah di Excel hampir sama dengan cara di atas. Hanya saja, harus lebih teliti dalam menyusun daftar pekerjaan rumah serta melakukan perhitungan biaya dengan saksama, sebab biaya yang dikeluarkan untuk melakukan desain rumah lebih besar daripada RAB proyek bangunan lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat RAB desain rumah di Excel:

  1. Membuat daftar pekerjaan rumah
  2. Membuat tabel kosong dengan menentukan judul kolom, misal “Uraian Pekerjaan”, “Volume”, “Satuan”, “Harga Satuan”, “Total Harga”
  3. Isi data pada kolom yang telah disediakan dengan mengikuti daftar pekerjaan rumah
  4. Menghitung jumlah total harga pada kolom “Total Harga” dengan rumus =harga satuan x volume pekerjaan
  5. Menghitung jumlah keselurahan harga pada kolom “Total Harga” dengan rumus =SUM()
Baca Juga :  CARA BUKA PROTECT FILE EXCEL

Download RAB Rumah 2 Lantai Excel 2019

Download RAB Rumah 2 Lantai Excel 2019

Untuk mempercepat proses membuat RAB rumah, bisa mendownload template RAB rumah yang telah disediakan secara online. Salah satu website yang menyediakan template RAB rumah adalah beinyu.com. Template RAB di website ini telah dilengkapi dengan uraian pekerjaan untuk rumah 2 lantai beserta perhitungan biayanya yang memudahkan anda dalam membuat anggaran biaya untuk pembangunan rumah tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mendownload template RAB di beinyu.com:

  1. Kunjungi website beinyu.com
  2. Pilih menu “Download”
  3. Pilih “RAB Rumah 2 Lantai Excel 2019”
  4. Cek email anda untuk mendownload file template RAB

Cara Membuat Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Proyek Bangunan

Cara Membuat Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Proyek Bangunan

Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Proyek Bangunan adalah salah satu hal penting untuk memulai pembangunan sebuah proyek. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat RAB proyek bangunan:

  1. Tentukan jenis pekerjaan seperti bidang sipil, struktur, arsitektur, MEP, dan lain-lain
  2. Tentukan luas permukaan bangunan
  3. Tentukan material yang akan digunakan
  4. Tentukan spesifikasi dari material yang akan digunakan, misalnya ukuran, jenis, merk, mutu, dan lain-lain
  5. Tentukan harga untuk masing-masing material yang akan digunakan
  6. Buat sebuah tabel yang berisi uraian pekerjaan, volume, satuan, harga satuan, dan total harga
  7. Isi data pada kolom dengan mengikuti daftar pekerjaan yang telah dibuat sebelumnya
  8. Menghitung jumlah total harga pada kolom “Total Harga” dengan rumus =harga satuan x volume pekerjaan
  9. Menghitung jumlah keselurahan harga pada kolom “Total Harga” dengan rumus =SUM()

Contoh RAB Rumah 2 Lantai 2019 Excel Rab Biaya Anggaran Excel Renovasi

Contoh RAB Rumah 2 Lantai 2019 Excel Rab Biaya Anggaran Excel Renovasi

Berikut ini adalah contoh RAB rumah 2 lantai 2019 Excel Rab Biaya Anggaran Excel Renovasi:

  1. Pekerjaan persiapan
  • Membuat rencana dan peralatan proyek
  • Rapat koordinasi
  • Penyusunan rencana keamanan kerja dan pencemaran lingkungan
  • Persiapan lahan
  • Pelaksanaan kontur dan pengukuran tanah
Baca Juga :  CARA MENAMPILKAN RULER DI EXCEL
  • Pekerjaan struktur beton
    • Pondasi dan kerja tanah
    • Kolom, balok, dan ring balk
    • Dinding datar
    • Tangga beton
    • Balkon, canopy, dan canopy geser
  • Pekerjaan arsitektur
    • Plaster dinding dan plesteran arsitektonis
    • Kusen dan pintu
    • Jendela dan ventilasi
    • Balustrade, railing, dan ring besi lantai 1 dan 2
    • Finishing cat, listrik, dan plafon
  • Pekerjaan plumbing
    • Pemasangan pipa air bersih
    • Pemasangan pipa pembuangan limbah (WC)
    • Pemasangan pipa buangan air hujan
    • Pemasangan pompa air untuk air sumur dan jetpump
  • Pekerjaan elektrikal
    • Pemasangan kabel listrik
    • Pemasangan saklar dan stop kontak
    • Pemasangan lampu dan spot
    • Pemasangan panel dan meteran listrik

    FAQ

    Apa itu RAB?

    RAB adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya. RAB merupakan dokumen teknis dan finansial yang terdiri dari rincian jenis pekerjaan, volume, satuan harga, tenaga kerja, dan total biaya untuk sebuah proyek bangunan. RAB berisi daftar pekerjaan yang harus dilakukan pada proyek bangunan dan diikuti dengan perhitungan biaya untuk setiap pekerjaan tersebut.

    Mengapa harus membuat RAB?

    RAB sangat penting dalam menghitung biaya untuk sebuah proyek bangunan. Dengan RAB, seorang arsitek atau perencana proyek dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bangunan. Seorang pemilik proyek atau pihak yang mengelola anggaran dapat memastikan bahwa rencana anggaran dan biaya yang diajukan tidak melebihi dari anggaran yang telah ditentukan. RAB juga sangat diperlukan dalam mengajukan proposal untuk pengadaan barang dan jasa ke instansi terkait.