CARA MEMBUAT RAB BANGUNAN EXCEL





Cara Bikin RAB Bangunan

Cara Bikin RAB Bangunan

Renovasi atau membangun rumah memang memerlukan sebuah perhitungan yang matang. Salah satunya adalah membuat rencana anggaran biaya (RAB). Dengan membuat RAB terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan menghindari kelebihan atau kekurangan budget.

1. Gambar RAB Bangunan

CARA MEMBUAT RAB BANGUNAN EXCEL

Untuk membuat RAB, Anda bisa memulainya dengan membuat gambar RAB Bangunan. Berikut ini beberapa komponen yang perlu Anda cantumkan dalam gambar RAB:

  • Letak pengadaan barang di setiap ruangan
  • Ukuran barang yang dibutuhkan
  • Bahan yang digunakan
  • Volume pekerjaan

2. Cara Menghitung RAB Rumah

RAB Rumah

Selanjutnya, Anda bisa menghitung RAB Rumah. Berikut ini cara menghitungnya:

  • Tentukan skala penggambaran pada setiap gambar kerja
  • Tentukan harga satuan bahan-bahan yang dibutuhkan
  • Hitung volume tiap pekerjaan
  • Hitung biaya material yang digunakan (biaya = harga satuan x volume)
  • Hitung biaya upah pekerja (biaya = jumlah tenaga kerja x lama waktu x upah tiap pekerja)
  • Hitung biaya sewa peralatan bantu
  • Tambahkan biaya indirect cost (biaya energi listrik, air, dan sebagainya)
  • Tambahkan margin keuntungan

3. Review Contoh RAB Proyek Excel

Contoh RAB Proyek Excel

Tentu saja membuat RAB dari awal bisa sangat merepotkan. Namun, Anda bisa mengambil contoh RAB Proyek Excel dari internet dan menggunakannya sebagai template. Berikut ini beberapa contoh contoh RAB Proyek Excel yang bisa Anda gunakan:

  • RAB Bangunan Rumah
  • RAB Pekerjaan Arsitektur
  • RAB Pekerjaan Struktur
  • RAB Pekerjaan Plumbing
  • RAB Pekerjaan Listrik

4. FAQ

1. Apa itu RAB?

RAB atau rencana anggaran biaya adalah dokumen yang berisi perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun atau merenovasi sebuah bangunan.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Menghitung Kriteria Kelulusan Di Excel

2. Mengapa perlu membuat RAB?

Dengan membuat RAB, Anda akan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan menghindari kelebihan atau kekurangan budget.

5. Include Video Youtube