Cara Membuat Query Di Excel 2016 Insert Into

Panduan Cara Membuat Query di Microsoft Excel dan Access

Jika Anda adalah seorang pengguna Microsoft Excel atau Access, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan Query. Query adalah salah satu fitur penting dalam Excel dan Access karena dapat membantu Anda mengekstrak data yang Anda perlukan dari tabel atau data Anda. Query juga dapat membantu Anda memanipulasi data dan menampilkan hasil yang Anda inginkan. Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat Query di Excel 2013, 2016, dan juga di Access.

Cara Membuat Query di Excel 2013

Excel 2013 memiliki fitur Query yang disebut Power Query. Power Query memungkinkan Anda untuk mengambil data dari berbagai sumber, termasuk file Excel, CSV, database lain, dan bahkan dari internet. Power Query juga memungkinkan Anda untuk melakukan transformasi pada data sebelum disimpan ke dalam lembar kerja Excel Anda.

Tutorial Cara Membuat Query di Excel menggunakan Power Query

  1. Buka lembar kerja Excel dan pilih tab “Data”.
  2. Klik “From Other Sources”, dan pilih “From Microsoft Query”.
  3. Pilih database yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil data dari file Excel lain, pilih Microsoft Excel Driver.
  4. Pilih tabel yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  5. Tambahkan kolom yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  6. Untuk Query dasar, Anda hanya perlu menambahkan kolom yang diperlukan. Namun, jika Anda ingin melakukannya lebih lanjut, Anda dapat menggunakan opsi transformasi Power Query untuk memanipulasi data Anda. Beberapa transformasi yang dapat Anda gunakan termasuk Menyatukan, Pivoting, dan Membalikkan Baris dan Kolom data.
  7. Ketika Anda selesai memilih tabel dan kolom untuk Query Anda, klik “Next”.
  8. Pilih opsi “View data atau edit Query dalam Editor Query Microsoft”.
  9. Ubah Query Anda sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan atau menghapus kolom, melakukan transformasi data, dan sebagainya.
  10. Klik “Close & Load” ketika Anda selesai memodifikasi Query Anda.

Cara Membuat Query di Excel 2016

Excel 2016 telah menambahkan tambahan fitur Query yang disebut “Query Editor”. Query Editor adalah alat yang kuat yang memungkinkan Anda melakukan transformasi data dan memfilter data dari berbagai sumber, termasuk file Excel, file CSV, database, dan bahkan dari internet.

Tutorial Cara Membuat Query di Excel menggunakan Query Editor

  1. Buka lembar kerja Excel dan pilih tab “Data”.
  2. Klik “New Query” dan pilih sumber data Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil data dari file Excel lain, pilih “From File”, kemudian pilih “From Excel”.
  3. Pilih file Excel yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  4. Pilih tabel yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  5. Pilih kolom yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  6. Jika Anda ingin memodifikasi data Anda, gunakan fitur transformasi Query Editor. Beberapa transformasi yang dapat Anda lakukan termasuk Merubah Tipe Data, Pivoting, dan Menggabungkan Kolom.
  7. Saat selesai memilih tabel dan kolom untuk Query Anda, klik “OK”.
  8. Ubah Query Anda sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan atau menghapus kolom, melakukan transformasi data, dan sebagainya.
  9. Klik “Save & Load” ketika Anda selesai memodifikasi Query Anda.

Cara Membuat Query di Microsoft Access

Membuat Query di Microsoft Access dapat membantu Anda mengekstrak data dari tabel, mengelompokkan data dengan kriteria tertentu, dan menampilkan hasil data dalam bentuk tabel, formulir, atau laporan. Berikut adalah cara membuat Query di Microsoft Access:

Tutorial Cara Membuat Query di Microsoft Access

  1. Buka database Microsoft Access yang akan Anda gunakan untuk Query Anda.
  2. Pilih tab “Create” dan klik “Query Design”.
  3. Pilih tabel mana yang Anda inginkan untuk menampilkan data Anda.
  4. Setelah memilih tabel, Anda dapat menambahkan kolom yang berguna untuk menampilkan data Anda.
  5. Anda dapat menambahkan data dengan memilih “View” > “Datasheet View”. Kemudian, Anda dapat menambahkan data dengan cara memasukkan data baru di baris bawah tabel.
  6. Kemudian, Anda dapat mengelompokkan data Anda dengan memilih “View” > “Design View” dan memilih opsi “Group By”. Dengan cara ini, Anda dapat mengelompokkan data sesuai kriteria tertentu.
  7. Akhirnya, Anda dapat menampilkan hasil Query Anda di dalam bentuk tabel atau laporan dengan memilih “View” > “Datasheet View” atau “View” > “Print Preview”.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT EXCEL TIDAK BISA DIEDIT

FAQ

1. Bagaimana cara mengekstrak data dari berbagai sumber di Excel menggunakan Power Query?

Anda dapat mengekstrak data dari berbagai sumber di Excel menggunakan Power Query. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka lembar kerja Excel dan pilih tab “Data”.
  2. Klik “From Other Sources” dan pilih sumber data Anda. Beberapa sumber data yang tersedia termasuk File Excel, CSV, Database, Folder, dan bahkan dari Internet.
  3. Pilih tabel atau file yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  4. Tambahkan kolom yang ingin Anda gunakan untuk Query Anda.
  5. Jika Anda ingin melakukan transformasi pada data Anda, gunakan opsi transformasi Power Query. Beberapa transformasi yang tersedia termasuk Pivoting Data, Grouping Data, Merge Columns, dan lain-lain.
  6. Ketika Anda selesai memilih tabel dan kolom untuk Query Anda, klik “Next”.
  7. Pilih opsi “View data or edit Query di Microsoft Query Editor” untuk memodifikasi Query Anda.
  8. Ubah Query Anda sesuai keinginan Anda dan klik “Close & Load” ketika Anda selesai.

2. Apa itu Query Editor dan bagaimana menggunakan fitur tersebut di Excel?

Power Query Editor adalah alat bawaan dalam Excel yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menganalisis data kompleks dari berbagai sumber data. Query Editor memungkinkan Anda mengambil data dari berbagai sumber dan menyunting data terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lembar kerja Excel. Fitur ini memudahkan Anda dalam menyusun data dan kemudian memfilter data dari berbagai sumber, termasuk file Excel, file CSV, database, dan bahkan dari internet.

Dalam video tersebut, Anda dapat melihat cara menggunakan Query Editor di Excel 2016 untuk mengekstrak dan mengolah data serta memfilter data dari berbagai sumber.

Kesimpulan

Membuat dan menggunakan Query di Excel dan Access merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siapa saja yang sering bekerja dengan data. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara untuk membuat Query di Excel dan Access. Dengan menggunakan Query, kita bisa mengambil data yang kita butuhkan dari sumber data, melakukan transformasi pada data, memfilter data, dan menampilkan hasilnya dalam bentuk tabel, formulir, atau laporan.

Excel mempunyai fitur Power Query dan Query Editor yang memudahkan Anda membuat Query di Excel. Sementara itu, Access mempunyai Query Design yang juga sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, dengan melengkapi diri dengan keterampilan Query, Anda bisa lebih cepat dan mudah saat melakukan penyimpanan, pengolahan, dan analisis data. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam membuat dan menggunakan Query di Excel dan Access.