Cara Membuat Query Di Excel 2007

Cara Membuat Query Di Access – Kumpulan Tips memanglah menjadi topik yang menarik. Sebab, banyak yang belum mengetahui tentang cara membuat query di Microsoft Access dan Excel. Hal ini membuat kesulitan ketika ingin mengekstrak informasi dari data dan mencari data tertentu.

Cara Membuat Query di Microsoft Access

Making Query atau membuat query di Microsoft Access sangatlah mudah. Query digunakan untuk memilih atau mengambil data dari tabel atau query lain dalam database. Berikut ini adalah cara membuat query di Microsoft Access:

Langkah 1: Buka Microsoft Access dan buat database baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Microsoft Access dan membuat database baru. Caranya adalah dengan klik pada tombol “Blank Database” di halaman awal Microsoft Access.

Cara Membuat Query Di Excel 2007

Langkah 2: Buat tabel dalam database baru

Setelah membuat database baru, langkah selanjutnya adalah membuat tabel dalam database tersebut. Tentukan atribut-atribut yang ingin dimasukkan dalam tabel. Misalnya, atribut nama, kota, tanggal lahir, tahun lahir, dan pekerjaan. Setelah itu, tambahkan data-data pada tabel tersebut.

Gambar 2

Langkah 3: Buka query wizard dan pilih tabel

Setelah membuat tabel, langkah selanjutnya adalah membuka query wizard dan memilih tabel yang ingin digunakan dalam query. Query Wizard adalah alat yang akan membantu pengguna dalam membuat query dengan mudah. Caranya adalah dengan klik tombol “Query Wizard” di bagian “Create” pada toolbar Microsoft Access.

Gambar 3

Langkah 4: Pilih atribut untuk ditampilkan

Setelah memilih tabel pada query wizard, langkah selanjutnya adalah memilih atribut yang ingin ditampilkan dalam query. Seleksi atribut bisa dilakukan dengan cara mengeklik nama atribut pada tabel yang disediakan oleh query wizard. Setelah pemilihan atribut selesai, klik tombol “Next”.

Langkah 5: Buat kriteria pencarian

Setelah memilih atribut, langkah selanjutnya adalah membuat kriteria pencarian. Kriteria pencarian digunakan untuk memfilter data yang akan ditampilkan dalam query. Caranya adalah dengan menentukan sebuah kriteria pada tabel. Misalnya, kita ingin menampilkan data pengguna yang berasal dari kota Jakarta. Dalam hal ini, kita klik pada tombol “Criteria”. Setelah itu, kita memilih kota Jakarta dan klik tombol “OK”.

Gambar 4

Langkah 6: Tentukan nama query

Setelah membuat kriteria pencarian, langkah selanjutnya adalah memberi nama pada query. Nama query yang baik haruslah singkat dan mudah dikenali. Setelah nama dipilih, klik tombol “Finish” untuk melihat hasil query yang telah dibuat.

Itulah langkah-langkah dalam membuat query di Microsoft Access. Dengan mengikuti langkah tersebut, pengguna dapat membuat query database dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Query di Excel 2007

Berbeda dengan Microsoft Access, membuat query di Excel 2007 memerlukan beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan query di Excel 2007:

Langkah 1: Buka Microsoft Excel dan buka file database yang ingin dibuat query

Langkah pertama adalah membuka Microsoft Excel dan membuka file database yang ingin dibuat query-nya. Caranya adalah dengan membuka file Excel yang telah ditentukan. Setelah itu, klik pada tab “Data”.

Langkah 2: Memilih tabel yang ingin digunakan dalam query

Setelah membuka file, langkah selanjutnya adalah memilih tabel yang ingin digunakan dalam query. Klik pada tombol “From Other Sources” dan pilih “From Microsoft Query” pada drop-down menu yang tersedia.

Baca Juga :  cara membuat kotak excel sesuai dengan isinya Cara membuat kotak excel sesuai dengan isinya – dehaliyah

Langkah 3: Pilih data yang akan digunakan dalam query

Setelah memilih tabel, langkah selanjutnya adalah memilih data yang ingin digunakan dalam query. Setelah itu, klik pada tombol “Next”.

Langkah 4: Buat kriteria pencarian

Setelah memilih data, langkah selanjutnya adalah membuat kriteria pencarian pada tabel. Misalnya, kita ingin menampilkan data pengguna yang berasal dari kota Jakarta. Dalam hal ini, kita klik pada kolom yang ingin dicari dan memilih fungsi filter. Setelah itu, kita memasukkan kriteria pencarian pada tabel tersebut.

Langkah 5: Preview data dan simpan query

Setelah membuat kriteria pencarian, langkah selanjutnya adalah preview data dan menyimpan query yang telah dibuat. Caranya adalah dengan melihat data hasil query pada halaman “Preview”. Setelah itu, klik tombol “Save” untuk menyimpan query tersebut.

Dalam membuat query di Excel 2007, pengguna perlu memperhatikan setiap langkah dan memastikan semua data benar-benar terpilih. Hal ini berguna untuk memperoleh hasil query yang akurat dan terkini. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan query tersebut dan menggunakannya pada kesempatan berikutnya.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa itu Microsoft Access dan Excel?

Jawaban: Microsoft Access dan Excel adalah program pengolah data dan database yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation. Kedua program tersebut memiliki perbedaan dalam hal fitur dan fungsi pengelolaan data, namun keduanya sama-sama bermanfaat dalam pemrosesan data dan pengelolaan database.

Pertanyaan 2: Apa keuntungan menggunakan query dalam pengolahan data?

Jawaban: Query memiliki keuntungan dalam pengolahan data, antara lain:

  1. Memudahkan pengguna dalam mengekstrak informasi dari database
  2. Membantu pengguna dalam mencari informasi tertentu
  3. Membuat proses pengolahan data menjadi lebih efisien dan cepat
  4. Menghindari kesalahan dalam proses pengolahan data

Video Tutorial: Cara Membuat Query Di Access – Kumpulan Tips

Berikut ini adalah video tutorial yang menjelaskan tentang cara membuat query di Microsoft Access:

Itulah penjelasan tentang cara membuat query di Microsoft Access dan Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, pengguna dapat membuat query dengan mudah dan efisien. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada kedua program tersebut untuk memaksimalkan pengelolaan data dan database.