Cara Membuat Program Kerja Dengan Excel

Excel merupakan salah satu program yang sering digunakan dalam dunia kerja maupun pendidikan, terutama ketika memperlakukan data. Ada banyak fitur yang tersedia di dalam Excel yang bisa mempermudah pengguna dalam mengelola data, mulai dari format data, analisis, hingga presentasi hasil dari data tersebut. Salah satu fitur yang cukup populer di Excel adalah membuat garis dan diagram kurva S.

Cara Membuat Garis dan Diagram Kurva S di Excel

Mungkin sebagian dari kalian masih belum terlalu familiar dengan garis dan diagram kurva S, namun sebenarnya garis dan diagram ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang data yang Anda miliki. Berikut adalah tutorial cara membuat garis dan diagram kurva S di Excel:

Langkah 1: Siapkan Data

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan data yang akan digunakan pada grafik Anda. Sebagai contoh, mari kita ambil data jumlah pendaftar acara seminar online per bulan dalam setahun.

Bulan Jumlah Pendaftar
Januari 500
Februari 750
Maret 900
April 1100
Mei 1250
Juni 1400
Juli 1600
Agustus 2000
September 2750
Oktober 3500
November 4500
Desember 5500

Silakan kamu bisa simpan data tersebut pada file Excel yang Anda miliki.

Langkah 2: Pilih Jenis Grafik

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis grafik yang akan Anda gunakan. Untuk membuat grafik garis dan diagram kurva S, pilihlah grafik garis terlebih dahulu.

  1. Pilih data yang sudah tersedia, misalnya dari A1 sampai B13.
  2. Klik menu Insert dari Ribbon.
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan (Garist, atau Line).
  4. Excel akan secara otomatis menampilkan grafik yang sudah terisi data yang telah Anda pilih.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Kategori Angka Menjadi Huruf Di Excel

Untuk membuat diagram kurva S, Anda harus menambahkan beberapa langkah lagi seperti berikut:

Langkah 3: Tambahkan Data Accumulated Percentage

Langkah selanjutnya adalah menambahkan data accumulated percentage pada bagian keempat dari table data yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Accumulated percentage ini merupakan persentase akumulatif dari data jumlah pendaftar pada bulan tertentu.

Bulan Jumlah Pendaftar Accumulated Percentage
Januari 500 3.45%
Februari 750 8.46%
Maret 900 14.23%
April 1100 22.34%
Mei 1250 31.29%
Juni 1400 41.18%
Juli 1600 53.07%
Agustus 2000 69.80%
September 2750 89.61%
Oktober 3500 99.85%
November 4500 122.22%
Desember 5500 155.59%

Perhatikan bahwa pada november dan desember, accumulated percentage melebihi batas 100%. Hasil ini menunjukkan presentasi akumulasi jumlah pendaftar melebihi jumlah total pada bulan tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena jumlah pendaftar pada bulan sebelumnya cukup besar dan jumlah pendaftar pada bulan berikutnya cukup kecil, sehingga angka akumulasi yang didapat menjadi lebih banyak.

Langkah 4: Membuat Grafik Kurva S

Setelah data dan accumulated percentage sudah tersedia, maka selanjutnya adalah memilih tipe grafik kurva S. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih data accumulated percentage dari B2 sampai B13. Pastikan Anda memilih seluruh data accumulated percentage tersebut.
  2. Klik menu Insert dari Ribbon.
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan (Area).
  4. Excel akan secara otomatis menampilkan grafik area yang telah terisi data yang telah Anda pilih.
  5. Setelah itu, pilih garis yang mewakili jumlah pendaftar dan ubahlah warnanya sesuai dengan yang Anda inginkan.
  6. Tambahkan label pada sumbu X dan Y dengan mengklik menu Layout dari Ribbon dan menambahkan judul sumbu.

Setelah selesai dengan seluruh langkah di atas, maka grafik garis dan diagram kurva S Anda sudah siap digunakan. Anda bisa modifikasi grafik yang sudah terbentuk sesuai dengan keinginan Anda.

Lembaran Buku Kehidupan

Selain membuat garis dan diagram kurva S, Excel juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi seperti membuat sinopsis kegiatan sehari-hari atau lembaran buku kehidupan. Lembaran buku kehidupan atau biasa disebut Life Book merupakan sebuah bentuk catatan yang menuliskan kegiatan atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Seni menuliskan Life Book dapat dikatakan sangat penting karena dapat melatih kepekaan kita terhadap kehidupan.

Baca Juga :  Cara Membuat Absensi Shift Di Excel

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat lembaran buku kehidupan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buatlah file Excel baru dengan judul “Life Book” dan simpanlah pada direktori yang Anda inginkan.
  2. Buatlah tabel dengan 5 kolom dan 31 baris. Kolom-kolom tersebut adalah:
    1. No.
    2. Tanggal
    3. Kegiatan
    4. Keterangan
    5. Nilai Aktivitas
  3. Isi setiap baris dengan nomor urut, tanggal, kegiatan, keterangan, dan nilai aktivitas.
  4. Buatlah grafik yang menunjukkan nilai aktivitas untuk setiap hari di bulan tersebut. Kamu bisa menggunakan grafik garis untuk membuatnya.
  5. Gunakan rumus SUMPRODUCT untuk me-rekap nilai aktivitas dalam seminggu.

Dengan memiliki Life Book, kamu menjadi lebih terorganisir dan terarah dalam menjalani hidup. Life Book juga membantu kita dalam memantau perkembangan hidup kita sehari-hari.

Cara Membuat Tabel di Excel Mudah untuk Pemula di 2021 | Microsoft

Excel bukan hanya digunakan untuk membuat grafik dan Life Book, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat tabel. Tabel sering digunakan sebagai tempat menyimpan data secara teratur. Dalam membuat tabel di Excel, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Berikut adalah cara membuat tabel di Excel:

  1. Buka program Excel.
  2. Pilih lembar kerja yang kosong untuk membuat tabel baru.
  3. Pilih sel A1.
  4. Ketiklah judul tabel di sel A1.
  5. Pilih sel A2
  6. Buatlah tabel dengan mengetik masing-masing entri pada kolom di sel A2 ke C2.
  7. Ketik data pada semua baris tabel.
  8. Pilih lingkaran sel pada seluruh sel dalam tabel yang kamu buat.
  9. Klik menu Format dari Ribbon.
  10. Pilih jenis format tabel yang diinginkan, misalnya Table Style Light 8.
  11. Jika ingin menambahkan entri ke dalam tabel, pilih sel di bawah tabel dan ketiklah baris baru pada sel tersebut. Excel akan secara otomatis menambahkan baris baru ke dalam tabel.

Tabel yang sudah dibuat dapat Anda gunakan sebagai pengelola data dalam kegiatan sehari-hari Anda. Tabel juga dapat digunakan sebagai representasi data yang mudah dipahami dan diolah oleh tim Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Pinjaman Anggota Koperasi Dengan Excel

Cara Membuat Program Kerja Beserta Contohnya

Data yang sudah diolah dalam bentuk tabel di Excel bisa digunakan sebagai dasar dalam membuat program kerja. Sebuah program kerja dibuat untuk membantu kita dalam mengatur jadwal kegiatan di masa yang akan datang. Dalam membuat program kerja, perlu diperhatikan beberapa hal seperti tujuan, fokus kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat program kerja:

  1. Tentukan tujuan kerja Anda. Tujuan kerja Anda harus spesifik, measurable, achievable, relevant, dan time-based.
  2. Siapkan file Excel untuk membuat program kerja Anda.
  3. Buatlah tabel dengan beberapa kolom dan baris yang diisi dengan aktivitas pada setiap baris.
  4. Tentukan prioritas setiap aktivitas yang dituliskan pada tabel. Pastikan aktivitas dengan prioritas tertinggi diletakkan di depan dan diarahkan pada semua checkbox produktifitas kerja.
  5. Tentukan waktu pelaksanaan setiap aktivitas yang terdapat pada tabel dengan memperhatikan prioritas aktivitas.
  6. Buatlah grafik yang menunjukkan waktu pelaksanaan kegiatan selama seminggu.
  7. Apabila program kerja yang dibuat telah selesai, cek kembali rencana kegiatan tersebut dan sesuaikan bila terdapat kekurangan atau kelebihan.

Program kerja bisa sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja. Dengan menentukan tujuan, prioritas, dan waktu dalam tabel dan grafik, kita dapat dengan mudah mengawasi kegiatan kerja kita.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan grafik kurva S?

Grafik kurva S adalah bentuk grafik yang digunakan untuk menggambarkan kumulatif data dalam grafik berbentuk kurva. Grafik kurva S dapat digunakan untuk menampilkan tren suatu data serta memprediksi kinerja di masa yang akan datang.

2. Apa manfaat dari membuat program kerja di Excel?

Dalam membuat program kerja di Excel, kita dapat lebih terstruktur dan terorganisir dalam mengatur jadwal kegiatan masa yang akan datang. Selain itu, Excel juga memudahkan pengguna dalam membuat grafik untuk menunjukkan rangkaian kegiatan yang telah diatur.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat grafik di Excel:

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengelola data menggunakan Excel. Selamat mencoba!