Cara Membuat Program Check Box Pada Excel

Cara Membuat Program Kasir Konter HP Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat program kasir konter HP sederhana menggunakan Microsoft:

  • Pertama, buatlah dokumen baru di Microsoft Excel dan beri nama ‘Program Kasir Konter HP’
  • Selanjutnya, Silahkan buat tabel data berisi nama barang, harga satuan, jumlah dan total harga dengan format sebagai berikut:
Nama Barang Harga Satuan Jumlah Total Harga
Rp. Rp.
Rp. Rp.
Rp. Rp.
Total Keseluruhan: Rp.
  • Setelah itu, buat tombol yang berfungsi untuk menambahkan data dan tombol yang berfungsi untuk menghapus data.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat fungsi untuk menghitung total harga otomatis. Anda bisa menggunakan rumus =SUM(C2*D2), kemudian klik OK

Cara Membuat Program Check Box Pada Excel

Sekarang anda sudah dapat membuat sebuah program kasir konter HP sederhana menggunakan Microsoft Excel. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kotak Centang di Excel

Untuk membuat kotak centang di Excel, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah dokumen baru di Microsoft Excel dan pilih sel yang ingin anda jadikan kotak centang
  • Kemudian, masuk ke tab ‘Developer’ dan klik tombol ‘Insert’ yang terdapat pada grup ‘Controls’
  • Pilih ‘Checkbox’ dan klik OK. Kotak centang akan muncul di sel yang telah anda pilih sebelumnya
  • Anda bisa melakukan beberapa penyesuaian pada kotak centang seperti mengubah warna dan ukuran melalui menu ‘Format Control’

Begini Cara Gunakan Tanda Centang di Excel

Itulah cara membuat kotak centang di Excel. Sangat mudah bukan?

FAQ

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang termasuk dalam paket aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini digunakan untuk membuat tabel data, menghitung angka, dan membuat grafik.

Baca Juga :  CARA MENJUMLAHKAN BANYAK DATA DI EXCEL

2. Apa kegunaan kotak centang di Excel?

Kotak centang di Excel digunakan untuk menandai sebuah item atau opsi yang telah dipilih atau dilakukan. Hal ini sangat berguna dalam membuat formulir atau daftar ceklis.