CARA MEMBUAT PASSWORD PADA FILE EXCEL 2007





Cara Membuka dan Membuat Password pada File Excel dan PDF

Cara Membuka dan Membuat Password pada File Excel dan PDF Tanpa Software

Membuat atau membuka file yang di-protect dengan password merupakan hal yang sering dilakukan oleh para pengguna komputer.
Ada bermacam-macam informasi yang disimpan dalam file, termasuk file PDF dan Excel.
Namun, terkadang kita perlu membuat atau membuka file yang dikunci tanpa harus menggunakan software yang mahal atau kompleks.
Di sini, akan disampaikan cara membuat dan membuka password pada file Excel dan PDF dengan mudah tanpa bantuan software.

Cara Membuka Password pada File Excel Tanpa Software

CARA MEMBUAT PASSWORD PADA FILE EXCEL 2007

Ada beberapa cara untuk membuka password pada file Excel tanpa harus menginstal dan menggunakan software.
Salah satunya adalah dengan memanfaatkan alternatif fitur dalam Microsoft Excel itu sendiri.
Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Salin konten file Excel yang terproteksi ke dalam lembar kerja baru dalam Microsoft Excel.
  2. Jika tampilan teks masih dienkripsi, pastikan untuk memilih semua sel, lalu klik Format, Cells, lalu Protection.
    Pilih opsi Unprotect Sheet.
    Kemudian nyalakan pengamanan lagi agar file dapat dikunci lagi dengan menggunakan password baru.
  3. Jika tampilan file terproteksi hanya mengandung beberapa sel saja, dapat mencoba metode lain dengan membuka Properties dari file tersebut.
    Klik kanan pada file Excel, lalu pilih Properties.
    Kemudian, uncheck opsi Read-Only, lalu OK.
Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG DI PASSWORD

Cara Membuat Password pada File Excel

Cara Membuat Password pada File Excel

Ada cara yang lebih mudah untuk melindungi file Excel dengan password adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka file Excel yang ingin dilindungi dengan password.
  2. Pilih File, kemudian klik Info dan pilih Protect Workbook.
  3. Pilih Encrypt with Password.
  4. Masukkan password yang ingin digunakan.
  5. Klik OK.
  6. Simpan file Anda.

Cara Membuat Password pada File PDF

Cara Membuat Password Pada File PDF

Selain file Excel, file PDF juga dapat dilindungi dengan password.
Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk membuat password pada file PDF.

  1. Buka file PDF yang ingin dilindungi dengan password di Adobe Acrobat.
  2. Pilih Tools lalu Protect.
  3. Pilih Encrypt lalu Encrypt with Password.
  4. Masukkan password yang ingin digunakan.
  5. Klik OK.
  6. Simpan file Anda.

FAQ

1. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan software pembuka password?

Tidak perlu membayar untuk menggunakan software pembuka password atau membuat password pada file Excel dan PDF.
Alternatif-fitur dalam Microsoft Excel dan Adobe Acrobat dapat digunakan untuk membuat dan membuka password tanpa perlu software.

2. Dapatkah saya menggunakan password yang sama pada beberapa file?

Secara teoritis, hal ini memungkinkan.
Namun, sebaiknya tidak menggunakan password yang sama pada beberapa file karena dapat memudahkan orang lain untuk membuka file tanpa izin.