Cara Membuat Nota Kontan Dengan Excel

Nota kontan atau nota debit dalam dunia bisnis merupakan salah satu dokumen penting sebagai bukti transaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Nota kontan ini akan berisi informasi mengenai barang atau jasa yang dijual, harga jual, jumlah barang atau jasa yang dibeli, serta informasi penting lainnya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pengertian nota kontan, cara membuat, contoh, serta beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai nota kontan.

Pengertian Nota Kontan

Nota kontan memiliki arti sebagai bukti pembayaran atau transaksi yang dilakukan secara tunai. Nota kontan biasanya digunakan oleh usaha kecil dan menengah yang memiliki transaksi yang sedang hingga tinggi. Selain itu, nota kontan juga dapat digunakan oleh usaha besar untuk melakukan transaksi dengan pelanggannya.

Nota kontan memiliki perbedaan dengan faktur, dimana dalam faktur terdapat jangka waktu pembayaran, sedangkan pada nota kontan pembayaran dilakukan secara tunai. Pembayaran tunai ini dapat dilakukan dengan uang kas, menggunakan transfer bank, atau dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit

Cara Membuat Nota Kontan

Untuk membuat nota kontan, anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft excel atau menggunakan aplikasi pembuatan nota kontan yang tersedia di internet. Berikut adalah cara membuat nota kontan dengan menggunakan Microsoft excel:

  1. Buka Microsoft excel pada komputer anda
  2. Pada kolom A1, tuliskan nama perusahaan atau usaha anda
  3. Pada kolom A2, tuliskan alamat perusahaan atau usaha anda
  4. Pada kolom B1, tuliskan nomor telepon atau kontak yang dapat dihubungi pelanggan
  5. Pada kolom B2, tuliskan email atau website perusahaan atau usaha anda
  6. Tambahkan logo perusahaan atau usaha pada kolom C1 atau D1
  7. Pada kolom A4, tuliskan nomor nota kontan
  8. Pada kolom B4, tuliskan tanggal pembelian barang atau jasa
  9. Pada kolom C4, tuliskan nama pelanggan
  10. Pada kolom D4, tuliskan alamat pelanggan
  11. Pada kolom E4, tuliskan nomor telepon pelanggan
  12. Pada kolom F4, tuliskan email pelanggan
  13. Buat tabel untuk menampilkan barang atau jasa yang dibeli oleh pelanggan
  14. Pada kolom G4, tuliskan nama barang atau jasa yang dibeli
  15. Pada kolom H4, tuliskan jumlah barang atau jasa yang dibeli
  16. Pada kolom I4, tuliskan harga barang atau jasa yang dibeli
  17. Pada kolom J4, tuliskan total harga barang atau jasa yang dibeli
  18. Hitung total harga barang atau jasa pada kolom J
  19. Tambahkan kolom untuk diskon, pajak, dan total bayar
  20. Hitung diskon dan pajak pada kolom masing-masing
  21. Total bayar dihitung dari jumlah total harga barang atau jasa ditambah diskon dan pajak
  22. Sesuaikan tampilan nota kontan sesuai dengan tampilan yang diinginkan
  23. Cetak nota kontan dan berikan kepada pelanggan
Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK MENGGUNAKAN EXCEL

Contoh Nota Kontan

Berikut adalah contoh nota kontan penjualan yang dapat digunakan oleh yang sedang merintis usaha atau usaha kecil:

Contoh 1

Cara Membuat Nota Kontan Dengan Excel

Contoh 2

Contoh Nota Kontan Penjualan

Hal Penting Mengenai Nota Kontan

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui terkait nota kontan:

1. Pentingnya Nota Kontan

Nota kontan sangat penting dalam dunia bisnis karena nota kontan menjadi bukti pembayaran atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dan pelanggan. Nota kontan juga bisa memenuhi peraturan dan aturan yang berlaku. Selain itu, nota kontan juga dapat menjadi bukti dalam menyelesaikan perselisihan atau menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang

2. Nota Kontan Yang Benar dan Baik

Pada nota kontan, kualitas dan ketepatan penggunaan bahasa sangatlah penting. Bahasa yang terlalu informal atau terlalu formal dapat membuat pelanggan merasa kurang nyaman. Nota kontan yang baik dan benar adalah yang dapat dengan mudah dipahami oleh pelanggan, informasinya lengkap dan rinci, dan terdapat nomor seri serta tanda tangan yang mengidentifikasi orang yang memesan barang atau jasa

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu nota kontan?

Nota kontan merupakan dokumen yang digunakan sebagai bukti transaksi pembayaran atau transaksi yang dilakukan secara tunai antara perusahaan dengan pelanggannya. Nota kontan berisi informasi mengenai barang atau jasa yang dijual, harga jual, jumlah barang atau jasa yang dibeli, serta informasi penting lainnya

2. Apa perbedaan antara nota kontan dan faktur?

Perbedaan antara nota kontan dan faktur terletak pada jangka waktu pembayaran. Pada faktur terdapat jangka waktu pembayaran, sedangkan pada nota kontan pembayaran dilakukan secara tunai. Selain itu, faktur juga digunakan untuk transaksi besar atau untuk pembelian barang atau jasa yang dilakukan secara kredit, sedangkan nota kontan digunakan untuk transaksi yang dilakukan secara tunai

Baca Juga :  CARA COPY PASTE DI EXCEL BEDA FILE

Video Tutorial: Membuat Nota Kontan Dengan Excel

Itulah tadi pembahasan mengenai nota kontan atau nota debit. Nota kontan sangat penting sebagai bukti transaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Cara pembuatan nota kontan sangatlah mudah, cukup menggunakan aplikasi Microsoft excel atau aplikasi nota kontan yang tersedia di internet. Selain itu, perlu diketahui hal penting terkait nota kontan dan perbedaannya dengan faktur.