Cara Membuat Nomor Zig Zag Di Excel

Apakah Anda pernah mencoba membuat tabel absen di Microsoft Word? Atau membuat nomor zig zag di Excel? Jika iya, berarti Anda pasti pernah merasakan kesulitan dalam melakukan kedua hal tersebut. Namun, jangan khawatir, karena di sini kami akan membahas cara mudah membuat tabel abses di Word dan cara membuat nomor zig zag di Excel.

Cara Membuat Tabel Absen di Word

Pertama-tama, buka program Microsoft Word dan buat dokumen baru. Kemudian, langkah demi langkah ikuti cara-cara berikut:

  1. Pilih menu Table di toolbar, kemudian pilih Insert Table.
  2. Masukkan jumlah rows dan columns yang Anda inginkan. Misalnya, untuk tabel absen harian kelas yang memiliki jumlah murid 30 orang, maka Anda bisa membuat tabel dengan 31 row (termasuk header) dan 5 column.
  3. Tambahkan header atau judul untuk tabel absen Anda di baris pertama. Misalnya, ‘Tabel Absen Harian Kelas X’ atau ‘Absensi Harian Kelas X’.
  4. Kemudian, tambahkan baris untuk kolom nama dan kolom tanggal. Kolom nama biasanya berada di kolom pertama, sedangkan kolom tanggal di kolom kedua. Di kolom-kolom selanjutnya, Anda dapat menambahkan detail lain seperti keterangan, alasan tidak masuk, dan lain-lain sesuai kebutuhan.
  5. Sekarang, tampilkan garis-garis antar sel pada tabel agar terlihat lebih rapi. Caranya dengan memilih seluruh tabel, kemudian pilih menu Layout di toolbar, dan pilih View Gridlines.
  6. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan dokumen Anda. Tabel absen di Microsoft Word siap digunakan!
Baca Juga :  Cara Membuat Invoice Dari Excel

Cara Membuat Nomor Zig Zag di Excel

Jika sebelumnya Anda sudah berhasil membuat tabel absen di Microsoft Word, maka saatnya mencoba cara membuat nomor zig zag di Microsoft Excel. Namun sebelum masuk ke cara-cara membuatnya, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu fungsi dari nomor zig zag di Excel.

Nomor zig zag merupakan nomor yang ditempatkan pada lembar kerja Excel dengan bentuk berkelok-kelok seperti zig zag. Nomor ini biasanya digunakan untuk nomor urut invoice, nomor surat, nomor faktur, dan lain-lain. Dengan begitu, nomor zig zag di Excel memudahkan Anda dalam melihat urutan nomor yang sudah digunakan dan yang belum.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat nomor zig zag di Microsoft Excel:

  1. Buat dokumen baru di Excel.
  2. Di kolom pertama, masukkan nomor urut pertama. Misalnya, nomor urut 001.
  3. Di kolom kedua, masukkan rumus pertama untuk membuat nomor zig zag. Ketikkan rumus berikut pada sel B2: =IF(MOD(A2,2)=0,A1+1,A1+2).
  4. Selanjutnya, tekan enter pada keyboard untuk mengeksekusi rumus pada sel tersebut.
  5. Kemudian, klik pada sel B2 dan drag ke bawah (atau isikan rumus pada sel lainnya seperti B3, B4, dan seterusnya).
  6. Selesai! Nomor zig zag di Excel siap digunakan.

FAQ

1. Apakah cara ini bisa digunakan untuk Microsoft Office versi lama?

Jawaban: Ya, cara-cara di atas bisa digunakan pada Microsoft Office versi lama seperti Office 2010 atau 2013.

2. Apakah ada alternatif cara lain untuk membuat nomor zig zag di Excel?

Jawaban: Ya, selain cara yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara alternatif lain untuk membuat nomor zig zag di Excel:

  • Memasukkan rumus =IF(MOD(A2-1,3)=0,A1+1,IF(MOD(A2-2,3)=0,A1+3,A1+2)) pada kolom kedua, kemudian tekan enter dan drag ke sel lain.
  • Memasukkan rumus =IF(MOD(A2,4)<=1,A1+2,A1+1) pada kolom kedua, kemudian tekan enter dan drag ke sel lain.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT KOLOM DAN BARIS DI EXCEL

Video YouTube

Untuk memudahkan Anda dalam mempraktekkan cara-cara di atas, berikut adalah video tutorial cara membuat tabel absen di Word dan cara membuat nomor zig zag di Excel:

Itulah tadi cara mudah membuat tabel absen di Word dan cara membuat nomor zig zag di Excel beserta beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dengan menggunakan Microsoft Office. Jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan cara yang lain juga ya!