CARA MEMBUAT MESIN KASIR DENGAN EXCEL

Pada zaman yang semakin modern ini, teknologi pun semakin berkembang. Salah satu teknologi yang semakin populer adalah membuat software dan aplikasi untuk mempermudah aktivitas harian. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi kasir. Namun, tidak semua orang mampu membuat aplikasi kasir yang canggih. Namun, jangan khawatir karena ada trik mudah untuk membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel.

Membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel tidak memerlukan keahlian yang tinggi. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dan voila! Anda akan memiliki aplikasi kasir yang mampu melakukan semua fungsi yang sama dengan aplikasi kasir yang biasa.

Langkah pertama adalah membuat data dasar. Anda perlu membuat daftar barang yang akan dijual di aplikasi kasir Anda. Pastikan Anda mencantumkan informasi simbol dan harga tiap produk. Anda bisa membuat data dasar ini di kolom A dan B di Microsoft Excel.

Langkah kedua adalah membuat fungsi yang dapat menentukan jumlah dari harga barang yang dijual di aplikasi kasir Anda. Anda cukup membuat rumus yang mengalikan jumlah barang dengan harga satuannya. Rumus ini bisa dimasukkan di kolom C.

Langkah ketiga adalah memastikan aplikasi kasir Anda dapat melakukan perhitungan dengan benar. Anda mulai dengan memberi nama kolom untuk setiap jenis produk. Anda bisa menggunakan kolom D untuk setiap jenis produk, dan tidak perlu khawatir jika Anda memiliki banyak jenis produk.

Langkah keempat adalah memasukkan rumus dari fungsi SUM. Anda bisa memilih cell pada kolom D dengan jenis produk yang sama, kemudian masukkan formula. Kemudian tambahkan baris kosong dan lihat hasilnya.

Langkah kelima adalah memasukkan rumus untuk potongan harga. Jika Anda memiliki jumlah barang yang cukup banyak, maka Anda bisa membuat potongan harga untuk setiap item yang dibeli. Dalam hal ini, Anda bisa membuat rumus khusus untuk potongan harga di kolom E.

Langkah keenam adalah memastikan semua rumus berjalan dengan baik. Setelah Anda memiliki rumus dasar yang lengkap, maka Anda perlu memastikan bahwa semuanya berjalan dengan benar. Cobalah transaksi kasir yang berbeda untuk menganalisis apakah semuanya berjalan dengan baik atau tidak.

Setelah semua langkah di atas selesai, maka Anda telah berhasil membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel. Aplikasi kasir ini mampu melakukan semua fungsi yang sama dengan aplikasi kasir yang biasa. Namun, Anda juga bisa membayar untuk mengembangkan aplikasi kasir dengan bantuan ahli.

FAQ:

1. Apakah saya memerlukan keahlian yang tinggi untuk membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel?

Tidak. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas. Membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian yang tinggi.

2. Apakah saya perlu membayar untuk mengembangkan aplikasi kasir yang lebih canggih?

Ya, jika Anda ingin membuat aplikasi kasir yang lebih canggih, maka Anda perlu membayar untuk mengembangkan aplikasi kasir tersebut dengan bantuan ahli.

Video Tutorial:

Demikianlah artikel pilar tentang cara membuat aplikasi kasir menggunakan Microsoft Excel. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda dapat membuat aplikasi kasir yang canggih dan mampu melakukan semua fungsi yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua rumus berjalan dengan baik dan menyimpan data dasar dengan lihai. Selamat mencoba!

Baca Juga :  CARA MEMBUAT BARIS DAN KOLOM DI EXCEL