cara membuat master excel Cara membuat form data entry di excel tanpa macros

Membuat tabel atau database pada Excel memang menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi banyak orang yang aktif dalam mengolah data. Dari mulai perkantoran hingga individu yang ingin mengelola data pribadi mereka. Namun, banyak yang mengaku kesulitan dalam membuat tabel Excel, padahal cara membuat tabel di Excel sebenarnya cukup mudah dan simpel.

Cara Membuat Tabel di Excel

Untuk membuat tabel di Excel, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan program Excel telah terinstall di komputer atau laptop Anda.
  2. Buka program Excel, lalu klik tab “Insert”.
  3. Pada tab “Insert”, pilih icon “Table” di sebelah kiri atas.
  4. Akan muncul jendela “Create Table”, pastikan rentang sel yang ingin dijadikan tabel sudah dipilih secara keseluruhan. Anda bisa memilih rentang sel secara manual, atau dengan menekan tombol “Ctrl + A” jika pembuatan tabel dilakukan pada seluruh data tabel tersebut.
  5. Ceklis di bagian “My table has headers”, jika pada table Excel terdapat header (judul tabel).
  6. Klik “OK”.
  7. Tabel berhasil dibuat.

Dengan langkah-langkah tersebut, Anda sudah berhasil membuat tabel di Excel. Anda juga bisa menambahkan atau menghapus kolom dan baris pada tabel di Excel dengan mudah, caranya adalah:

  • Jika ingin menambahkan kolom pada tabel, cukup klik pada sel berjudul “Table Design” yang terletak di sebelah kiri atas tabel.
  • Pada bagian “Table Design”, klik “Add Column” untuk menambahkan kolom.
  • Pada bagian “Add Column”, pilih posisi kolom baru yang ingin ditambahkan, apakah di awal tabel, tengah, atau di akhir tabel.
  • Jika ingin menghapus baris pada tabel, cara melakukannya yakni dengan mengklik baris yang akan dihapus, klik kanan pada baris tersebut dan pilih “Delete” pada pojok kanan bawah jendela.
Baca Juga :  CARA BUAT KOTAK BIRU DI EXCEL

FAQ

Apa fungsi dari tabel di Excel?

Tabel di Excel sangat bermanfaat sebagai sarana pengelolaan data, karena akan memberikan tampilan yang rapi dan mudah dibaca serta memberikan kemudahan dalam pengolahan data. Dalam tabel Excel, Anda bisa memberikan format tertentu pada sel data, seperti format angka, format tanggal, atau format lainnya. Anda juga dapat memberikan rumus pada sel tertentu untuk melakukan perhitungan atau pengolahan data tertentu.

Bagaimana cara menyimpan tabel Excel ke dalam format PDF?

Untuk menyimpan file Excel ke dalam format PDF, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file Excel yang akan disimpan ke dalam format PDF.
  2. Klik “File” pada menu di bagian kiri atas program Excel.
  3. Pilih “Save As” pada menu.
  4. Pada jendela “Save As”, pada kolom “Save as type”, pilih format file “PDF (*.pdf)”.
  5. Klik “Save” untuk menyimpan file dalam format PDF.

Cara Membuat Form Data Entry di Excel

Selain tabel, form data entry juga seringkali diperlukan untuk mempermudah penginputan data ke dalam tabel Excel. Dalam form data entry, data yang dimasukkan ke dalam tabel Excel bisa dipresentasikan dalam bentuk formulir, sehingga data lebih mudah untuk diakses dan diolah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat form data entry di Excel:

  1. Buatlah sebuah tabel di Microsoft Excel.
  2. Pada lembar kerja Excel, buat label untuk setiap item atau informasi yang akan dimasukkan dalam form data entry tersebut, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya.
  3. Pada baris terakhir lembar kerja Excel, buat label “Isi Data”.
  4. Pindah ke laman “Developer” pada menu utama Excel. Jika menu “Developer” tidak ditampilkan, klik kanan pada perintah menu yang ada dan pilih “Customize the Ribbon”. Pada bagian “Right Pane”, pilih pilihan “Main Tabs” dan centang “Developer”.
  5. Pada laman “Developer”, klik tombol “Insert” pada grup “Controls”. Pilihlah tipe kontrol untuk form data entry yang ingin Anda buat, seperti “Text Box” atau “Combo Box”.
  6. Gunakan tombol “Design Mode” yang terletak pada grup “Controls”.
  7. Pilih setiap kontrol yang telah ditambahkan pada tabel, lalu pindahkan masing-masing kontrol ke bawah label “Isi Data”.
  8. Deaktivasi “Design Mode” untuk menutup kembali mode pengaturan formulir dan melihat hasil form data entry yang telah dibuat.
Baca Juga :  CARA PRINT FILE EXCEL SEMUA SHEET

FAQ

Bagaimana cara melakukan penghitungan otomatis pada tabel Excel?

Untuk melakukan penghitungan otomatis pada tabel Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih sebuah sel di dalam tabel Excel.
  2. Gunakan perintah formula “SUM”, sehingga jumlah kolom atau baris pada tabel akan terhitung otomatis.
  3. Tekan tombol “Enter” untuk menjalankan perintah formula yang telah Anda masukkan tadi.
  4. Jika Anda ingin menambahkan rumus perhitungan lainnya pada tabel Excel, Anda bisa menggunakan rumus-rumus berikut:
  • Rumus “AVERAGE” akan memberikan hasil rata-rata dari sel-sel data yang dipilih.
  • Rumus “MAX” akan menampilkan hasil nilai tertinggi pada sel-sel data yang dipilih.
  • Rumus “MIN” akan memberikan hasil nilai terendah pada sel-sel data yang dipilih.

Bagaimana cara menggunakan filter pada tabel Excel?

Filter pada tabel Excel berguna untuk memilah data dengan kriteria tertentu secara otomatis. Dalam menggunakan filter pada tabel Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada tabel Excel, pilihlah salah satu kolom yang ingin difilter.
  2. Klik “Data” pada menu Excel, lalu pilih “Filter”.
  3. Akan muncul tanda panah pada atas kolom yang ingin difilter. Klik pada tanda panah untuk memilih kriteria filtrasi yang diinginkan.
  4. Pilihlah data yang ingin difilter sesuai kriteria pada jendela “Filter” yang muncul.
  5. Klik “OK” untuk menyimpan hasil filter yang telah diaplikasikan.

Video Tutorial: Cara Membuat Tabel Di Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat tabel di Excel:

Pastikan Anda memiliki program Microsoft Excel pada laptop atau komputer Anda untuk melakukan tutorial di atas. Semoga tutorial di atas dapat membantu Anda dalam membuat dan mengelola tabel serta form data entry di Excel.

If you are searching about BELAJAR TEKNIK INDUSTRI: CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE you’ve visit to the right web. We have 5 Images about BELAJAR TEKNIK INDUSTRI: CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE like Cara Membuat Database Di Excel – Net Mmc, Cara Membuat Tabel di Excel Mudah untuk Pemula di 2021 | Microsoft and also Cara Membuat Form Data Entry di Excel Tanpa Macros | Kusnendar. Here you go:

Baca Juga :  CARA EXCEL VLOOKUP MEMANGGIL DATA

BELAJAR TEKNIK INDUSTRI: CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE

cara membuat master excel Cara membuat form data entry di excel tanpa macros

teknik-industri-rachman.blogspot.com

produksi industri rencana membuat mingguan tabel excel jadwal buatlah kemudian

BELAJAR TEKNIK INDUSTRI: CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE

BELAJAR TEKNIK INDUSTRI: CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE

teknik-industri-rachman.blogspot.com

produksi industri tabel rencana membuat jadwal belajar buatlah mingguan

Cara Membuat Form Data Entry Di Excel Tanpa Macros | Kusnendar

Cara Membuat Form Data Entry di Excel Tanpa Macros | Kusnendar

www.kusnendar.web.id

excel kusnendar entri

Cara Membuat Database Di Excel – Net Mmc

Cara Membuat Database Di Excel - Net Mmc

netmmc.blogspot.com

Cara Membuat Tabel Di Excel Mudah Untuk Pemula Di 2021 | Microsoft

Cara Membuat Tabel di Excel Mudah untuk Pemula di 2021 | Microsoft

www.pinterest.com

tabel mudah

Belajar teknik industri: cara membuat master production schedule. Tabel mudah. Excel kusnendar entri