Mail Merge atau Mailing dalam bahasa Indonesia adalah teknik dalam Word yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dokumen Word dengan data Excel atau database lain. Teknik ini biasa digunakan saat membutuhkan dokumentasi seperti surat undangan, kwitansi, ataupun faktur, yang memerlukan pengulangan data atau penggabungan data dari dokumen Word dan Excel. Dalam tutorial ini, akan dijelaskan cara membuat mail merge di Word 2007, 2010, 2013, dan 2016.
Langkah Pertama: Persiapkan Sumber Data
Untuk membuat mail merge, Anda perlu menyediakan dokumen Word yang akan digunakan sebagai dasar dokumen utama dan sumber data dalam bentuk Excel. Ada beberapa cara untuk membuat sumber data, salah satunya dengan membuat database Excel yang berisi nama, alamat, nomor telepon, dan informasi lain yang mungkin diperlukan pada dokumen Word yang akan Anda gabungkan.
Setelah database berisi informasi yang diperlukan, selanjutnya Anda perlu menyimpan file Excel tersebut dengan format .xlsx agar tersedia untuk digunakan sebagai sumber data dalam Word.
Langkah Kedua: Persiapkan Dokumen Word Yang Akan Digunakan
Setelah sumber data Excel siap, selanjutnya Anda perlu membuat dokumen Word yang akan digunakan sebagai dasar untuk membuat dokumen utama. Anda dapat memulai dengan membuat file baru di Word lalu menulis konten dokumen di dalamnya. Setelah selesai, saatnya melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Langkah Ketiga: Memasukkan Sumber Data ke Word
Sekarang saatnya untuk memasukkan data dari sumber Excel ke dalam dokumen Word dengan menggunakan mail merge. Pertama, buka dokumen utama di Word dan pilih tab Mailings di atas ribbon. Pada tab tersebut, Anda akan menemukan beberapa opsi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan mail merge.
Untuk memasukkan data dari sumber Excel ke dalam dokumen Word, pilih opsi Start Mail Merge dan pilih jenis dokumen yang akan Anda buat. Setelah memilih jenis dokumen, pilih opsi Select Recipients untuk memilih jenis sumber data yang akan Anda gunakan. Pilih opsi Use Existing List dan cari file Excel yang Anda buat pada tahap sebelumnya.
Langkah Keempat: Mengatur Field pada Dokumen
Administrator dari file Excel harus dengan cermat mengatur sel mana yang akan dipilih pada Word. Pilih opsi Insert Merge Field untuk menambahkan kolom dari file Excel yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen Word. Setelah selesai memilih kolom yang ingin dimasukkan, Voila! Anda baru saja menggabungkan dokumen Word dengan data Excel.
FAQ
1. Apa itu Mail Merge?
Mail Merge atau Mailing dalam bahasa Indonesia adalah teknik dalam Word yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dokumen Word dengan data Excel atau database lain. Teknik ini biasa digunakan saat membutuhkan dokumentasi seperti surat undangan, kwitansi, ataupun faktur, yang memerlukan pengulangan data atau penggabungan data dari dokumen Word dan Excel.
2. Apakah Ada Kemungkinan Data Tidak Diproses pada Mail Merge?
Ada beberapa faktor yang dapat membuat data tertentu tidak diproses saat melakukan mail merge, seperti jika data tidak sesuai dengan format yang diharapkan, atau jika data Excel mengandung kode HTML dan pola-pola yang tidak terduga. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan datamu terorganisir dengan baik melalui program pengolah data lain.
Video Tutorial: Cara Mail Merge Excel ke Word
Berikut ini video tutorial tentang cara mail merge Excel ke Word:
If you are looking for rumah tugas: makalah tentang microsoft word you’ve visit to the right page. We have 5 Images about rumah tugas: makalah tentang microsoft word like rumah tugas: makalah tentang microsoft word, CARA MAIL MERGE EXCEL KE WORD – YouTube and also CARA MAIL MERGE EXCEL KE WORD – YouTube. Read more:
Rumah Tugas: Makalah Tentang Microsoft Word
ekasaripuspita.blogspot.com
merge gambar hasilnya mailing melihat diperlihatkan privew ruanglaptop
Cara Membuat Mail Merge (Mailing) Di Word 2007, 2010, 2013 Dan 2016
pendidikan2017.blogspot.com
mailing merge surat kedalam memasukan memasukkan
CARA MAIL MERGE EXCEL KE WORD – YouTube
www.youtube.com
cara merge
Cara Menghubungkan Microsoft Excel Ke Microsoft Word – Mxbids.com
www.mxbids.com
merge menghubungkan nomor induk karyawan praktis komputer
Cara Membuat Mail Merge (Mailing) Di Word 2007, 2010, 2013 Dan 2016
pendidikan2017.blogspot.com
merge membuka langkah
Merge membuka langkah. Rumah tugas: makalah tentang microsoft word. Merge gambar hasilnya mailing melihat diperlihatkan privew ruanglaptop