CARA MEMBUAT MACRO DI EXCEL 2010

Cara Membuat Macro Di Excel: Tips & Trik untuk Pemula

Menjadi profesional di dunia bisnis, tentu kamu harus melengkapi dirimu dengan berbagai kemampuan dan keahlian. Salah satu hal yang harus kamu kuasai adalah Microsoft Excel. Selain hanya mengolah data, Excel dapat membantumu mempercepat pekerjaan dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakannya, salah satunya adalah Macro.

Macro merupakan langkah-langkah atau fungsi otomatis yang bisa membantumu mengulang aktivitas rutin yang sama. Macro memungkinkanmu untuk merekam sebuah tindakan dan mengeksekusinya secara berulang-ulang tanpa perlu melakukan manual secara berulang. Jadi, dengan kemampuan ini, kamu akan lebih efisien dan hemat waktu.

Untuk kamu yang masih pemula, tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membahas step-by-step untuk membuat macro di Excel. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Microsoft Excel terlebih dahulu

2. Pilih menu Developer pada Menu Tab

Developer adalah tab khusus yang tidak tampil secara default di Excel. Jadi, sebelum kamu bisa menggunakan menu Developer, pastikan kamu telah mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara mengaktifkannya:

a. Klik menu File, pilih Options, lalu pilih Customize Ribbon

b. Pilih Tab Developer, lalu klik OK

Setelah kamu mengaktifkan tab Developer, maka tab tersebut akan muncul pada Menu Tab. Kemudian pilihlah Developer dan klik Record Macro.

3. Record sebuah Macro

Pilih tombol Record Macro untuk memulai merekam aksi yang akan diterapkan ke sel atau rentang sel. Setelah tombol ditekan, maka tombol Stop Recording akan muncul, dan kamu dapat merekam aktivitasmu.

4. Lakukan aktivitas yang ingin kamu rekam

Setelah kamu menekan tombol Record Macro, maka Excel akan mulai merekam aktivitasmu. Sebagai contoh, kamu ingin mengambil data dari kolom tertentu dan menempelkannya di halaman baru, misalnya di kolom A.

Baca Juga :  CARA MELIHAT PASSWORD FILE EXCEL

5. Akhiri aktivitas kamu dengan tombol Stop Recording

Setelah kamu selesai merekam aktivitas, akhiri dengan menekan tombol Stop Recording. Nama macro akan muncul di kotak dialog Pilihan Keyboard, dan kamu juga dapat memberikan Deskripsi singkat.

6. Atur shortcut keys untuk Macro

Selain memberikan nama dan memberikan deskripsi, kamu juga dapat membuat shortcut keys untuk memanggil Macro tersebut. Cara yang paling mudah adalah menekan tombol tombol ALT + tombol lain atau tombol Ctrl + tombol lain.

7. Simpan macro

Klik OK pada Kotak Dialog Pilihan Keyboard, maka Excel akan menyimpan Macro yang kamu rekam. Macro tersebut siap digunakan kembali saat kamu ingin mempercepat proses pekerjaanmu.

Sekarang kamu telah mengetahui langkah-langkah membuat Macro di Excel. Namun, jika kamu masih bingung atau tidak memahami cara-cara yang telah disebutkan, kamu dapat menyimak video tutorial di bawah ini:

FAQ:

Q: Bagaimana cara menggunakan Macro yang telah dibuat?

A: Setelah kamu membuat Macro, maka kamu dapat mengaksesnya dengan mengeklik tombol Developer, lalu pilih Macros. Setelah itu, pilih Macro yang ingin kamu jalankan, lalu klik Run.

Q: Apakah Macro hanya bisa digunakan di satu file Excel saja?

A: Tidak, Macro yang kamu buat bisa digunakan di beberapa file Excel yang berbeda hanya dengan meng-copy-kan Macro tersebut ke file Excel lainnya.

Berdasarkan informasi yang telah kamu ketahui sejauh ini, diharapkan kamu mampu memahami dan menguasai cara membuat Macro di Excel. Dengan kemampuan ini, kamu dapat lebih efisien dan hemat waktu ketika melakukan pekerjaan. Selain itu, kamu juga dapat mempraktekan langsung cara membuat Macro dengan mengikuti step-by-step yang kami sudah berikan. Sekarang tugasmu adalah latihan dan coba-coba membuat Macro sendiri. Semoga berhasil!

Baca Juga :  Cara Jebol Password Excel 2007