CARA MEMBUAT LAPORAN GUDANG DENGAN EXCEL

Stok barang yang tepat adalah kunci sukses bagi setiap bisnis. Tanpa penyediaan barang yang tepat, bisnis Anda mungkin kehilangan penjualan. Ini adalah mengapa penting untuk memahami bagaimana membuat laporan stok barang dengan benar.

Cara Membuat Laporan Stok Barang di Gudang dengan Excel

Salah satu cara terbaik untuk membuat laporan stok barang adalah dengan menggunakan Excel. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat laporan stok barang di gudang dengan Excel.

Langkah 1: Menambahkan Data

Pertama, masukkan data Anda ke dalam Excel. Pastikan untuk menyertakan informasi mengenai jumlah barang yang tersedia, jumlah barang yang terjual, dan jumlah barang yang tersimpan di gudang. Jangan lupa untuk memberikan nama pada setiap kolom untuk memudahkan pemahaman dan penggunaan pada tahap selanjutnya.

Langkah 2: Menghitung Total Stok Barang

Langkah selanjutnya adalah menghitung total stok barang Anda. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menambahkan seluruh jumlah semua barang di setiap kolom. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan rumus Excel untuk melakukan penghitungan ini. Rumus Excel yang dapat digunakan adalah “=SUM(awal:akhir)”.

Langkah 3: Menambah Dasbor

Selanjutnya, tambahkan dasbor ke laporan Excel Anda. Anda dapat menggunakan dasbor untuk memudahkan pemahaman dan penggunaan laporan stok barang Anda. Pastikan untuk menyertakan grafik untuk memudahkan pelacakan perubahannya dari waktu ke waktu.

Cara Membuat Stock Opname Barang

Stock Opname Barang adalah proses menghitung kembali seluruh stok barang yang ada dalam bisnis Anda untuk memverifikasi kebenaran jumlah barang yang sebenarnya ada. Berikut ini adalah caranya:

Langkah 1: Persiapan

Sebelum memulai proses penghitungan, Anda harus memastikan bahwa semua stok barang yang ada sudah teridentifikasi. Pastikan stok barang yang akan dihitung tenang selama proses berlangsung. Dan pastikan tim yang terlibat sudah siap dan terlatih dalam melakukan penghitungan barang.

Langkah 2: Mulai Penghitungan

Mulailah penghitungan dari stok barang termudah sehingga anggota tim dapat membangun kepercayaan diri. Tempatkan stok barang di atas meja atau lantai sehingga mudah diakses dan dihitung.

Langkah 3: Hitung Stok Barang

Ambil satu jenis barang setiap saat dan hitung jumlahnya yang sesuai dengan catatan. Jika ada perbedaan antara jumlah catatan dan jumlah yang sesungguhnya barang di gudang, buat catatan di kertas terpisah.

Langkah 4: Periksa Jumlah Stok Barang

Setelah semua penghitungan selesai, periksa hasilnya dan catat seluruh perbedaan jumlah stok barang yang ditemukan selama penghitungan. Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memperbaiki ketidakcocokan yang ada serta memastikan ketepatan jumlah stok barang Anda.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan stok barang?

Stok barang adalah kumpulan barang yang tersimpan di gudang atau di lokasi penyimpanan perusahaan Anda. Ini termasuk barang mentah maupun barang jadi yang dapat dijual atau digunakan untuk memproduksi produk Anda.

Mengapa penting untuk memiliki laporan stok barang?

Laporan stok barang memberikan informasi berharga tentang kondisi bisnis Anda dan membantu Anda memantau jumlah barang yang tersedia dan jumlah barang yang terjual. Hal ini juga membantu Anda memastikan stok barang yang tepat sepanjang waktu, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis Anda dan meminimalkan kerugian.

Baca Juga :  CARA BUAT PARETO EXCEL

Menjaga Stok Barang Dalam Kondisi yang Bagus

Menjaga kondisi stok barang Anda selalu dalam kondisi yang bagus sangat penting untuk menjaga keuntungan bisnis Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memastikan stok barang Anda disimpan di tempat yang tepat, misalnya di ruang yang kering dan teratur.

Anda juga perlu memastikan bahwa stok barang tersebut tersimpan dengan cara yang benar. Misalnya, stok barang yang bersifat cair seperti minyak harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan aman dari paparan sinar matahari. Selain itu, stok barang yang rapuh seperti piring kaca harus disimpan dengan rapi agar tidak merusak atau pecah.

Dalam menjaga stok barang, pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada setiap barang. Buang barang yang telah kadaluarsa untuk meminimalkan kerugian dan mencegah pelanggan membeli barang yang tidak layak konsumsi.

Video Tutorial Membuat Laporan Stok Barang di Excel

Dalam video ini, Anda akan diberikan tutorial lengkap tentang bagaimana membuat laporan stok barang dengan Excel. Video ini juga membahas cara membuat grafik dan dasbor untuk memudahkan pemahaman dan penggunaan laporan stok barang Anda.

Kesimpulan

Membuat laporan stok barang yang tepat dan benar sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menggunakan Excel sebagai alat bantu, Anda dapat memastikan stok barang yang tepat sepanjang waktu dan meminimalkan kerugian Anda.