CARA MEMBUAT LAPORAN DANA KAS KECIL DI EXCEL

Pengelolaan Kas Kecil dalam Bisnis

Kas kecil adalah salah satu bagian yang penting dalam menjalankan bisnis. Kas kecil seringkali digunakan untuk keperluan operasional sehari-hari seperti membeli pulpen, bola-bolaan, kertas, dan makanan ringan. Semua pengeluaran kecil tersebut selalu dicatat dalam buku kas kecil yang kemudian dilaporkan ke pengelolaan keuangan perusahaan.

Tidak seluruh bagian dalam bisnis terlibat dalam pengelolaan kas kecil. Tugas pengelolaan kas kecil sebenarnya ditujukan untuk bagian keuangan dan administrasi. Bagian yang tidak termasuk dalam pengelolaan kas kecil meliputi bagian produksi, bagian pemasaran, dan departemen lain yang tidak terkait dengan keuangan.

Cara Memproses Pengelolaan Kas Kecil

Proses pengelolaan kas kecil dimulai dari pengajuan anggaran yang ditujukan untuk keperluan operasional sehari-hari. Selanjutnya, pengajuan anggaran tersebut akan direview oleh bagian keuangan untuk melihat apakah kebutuhan tersebut memang diperlukan atau tidak. Setelah pengajuan anggaran disetujui, maka kas kecil akan dibagi ke setiap bagian yang membutuhkan.

Setiap bagian yang menggunakan kas kecil harus mencatat setiap pengeluaran ke dalam buku kas kecil secara tertulis. Setiap pengeluaran kecil harus disertai dengan dua bukti yaitu bukti pembelian dan bukti pengeluaran. Kemudian, buku kas kecil tersebut akan diserahkan ke bagian keuangan untuk dilakukan verifikasi dan pengklasifikasian pengeluaran tersebut.

Setelah dilakukan verifikasi, bagian keuangan akan memasukkan setiap pengeluaran kecil tersebut ke dalam sistem keuangan yang digunakan oleh perusahaan. Kemudian, bagian keuangan juga akan membuat laporan pengelolaan kas kecil secara teratur. Laporan tersebut akan digunakan oleh manajemen perusahaan untuk mengevaluasi pengelolaan keuangan perusahaan terkait dengan pengelolaan kas kecil.

Tips Mengelola Kas Kecil

1. Mempertahankan Bukti Pengeluaran

Mempertahankan bukti pengeluaran sangatlah penting dalam pengelolaan kas kecil. Dengan mempertahankan bukti pengeluaran, maka akan memudahkan dalam pengklasifikasian pengeluaran yang sudah dilakukan. Selain itu, jika terjadi kekurangan uang, maka dapat dilihat dari bukti pengeluaran tersebut.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT USERFORM INPUT DATA DI EXCEL

2. Membuat Laporan Kas Kecil Secara Teratur

Membuat laporan kas kecil secara teratur merupakan hal yang penting dalam pengelolaan kas kecil. Laporan tersebut akan digunakan oleh manajemen dalam mengevaluasi pengelolaan keuangan perusahaan terkait dengan pengelolaan kas kecil. Selain itu, laporan kas kecil akan menyajikan informasi yang akurat terkait dengan pengeluaran kecil perusahaan.

FAQ

1. Apa saja manfaat dari pengelolaan kas kecil yang baik?
Jawaban: Pengelolaan kas kecil yang baik dapat memudahkan dalam pengklasifikasian pengeluaran kecil yang dilakukan perusahaan. Selain itu, pengelolaan kas kecil yang baik juga akan menyediakan informasi yang akurat terkait dengan pengeluaran perusahaan.

2. Bagaimana cara mempersiapkan pengajuan anggaran kas kecil?
Jawaban: Persiapkan daftar kebutuhan pengeluaran kas kecil dan hitung perkiraan biaya untuk setiap kebutuhan tersebut. Selanjutnya, ajukan pengajuan anggaran tersebut ke bagian keuangan perusahaan. Setelah pengajuan disetujui, maka kas kecil akan dibagi ke setiap bagian yang membutuhkan.