CARA MEMBUAT KURVA KESEIMBANGAN DI EXCEL

Cara membuat kurva S di Excel memang seringkali menjadi pengetahuan yang dibutuhkan dalam berbagai bidang, seperti apa saja bidang yang membutuhkan kurva S di Excel?. Kurva S sendiri dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk mengetahui kenaikan atau penurunan suatu data dalam jangka waktu tertentu, menunjukkan perubahan suatu data, serta dapat digunakan untuk menganalisa perilaku suatu data.

Cara membuat kurva S di Excel

Agar dapat membuat kurva S di Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel lalu buat tabel data yang akan dijadikan kurva S. Misalnya tabel data yang telah Anda siapkan adalah sebagai berikut :
  2. CARA MEMBUAT KURVA KESEIMBANGAN DI EXCEL

  3. Setelah tabel data sudah siap, selanjutnya pilih seluruh data di dalam tabel lalu klik tab “Insert” pada ribbon bar.
  4. Pada tab “Charts”, klik salah satu dari jenis grafik line yang tersedia (seperti Line with Markers) lalu pilih “More Options”.
  5. Ketika jendela “Chart Options” muncul, pilih “Line” pada bagian kiri jendela lalu pilih salah satu tipe dari “Smooth Line”. Klik tombol “Close” pada jendela di bawah untuk menutup jendela chart option.
  6. Grafik kurva S akan muncul pada spreadsheet Excel Anda.
  7. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan isi dari grafik kurva S sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan label pada sumbu horizontal dan vertikal, mengubah warna dan jenis garis kurva serta melakukan penyesuaian lainnya.
  8. Klik kanan pada bidang garis kurva S lalu pilih “Format Data Series” untuk menambahkan atau mengubah properti garis pada kurva S Anda.
  9. Setelah properti garis sudah diatur sesuai kebutuhan, klik OK dan kurva S sudah siap digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah berhasil membuat kurva S di Excel. Anda dapat melakukan analisis berbagai hal dengan menggunakan kurva S, seperti tingkat penjualan, hijau kenaikan dan penurunan suatu harga, serta berbagai data lain dalam jangka waktu tertentu.

Cara membuat kurva kalibrasi di Excel

Selain kurva S, kurva kalibrasi juga merupakan salah satu jenis kurva yang sering digunakan dalam berbagai bidang. Kurva kalibrasi biasanya digunakan untuk mengkalibrasi alat ukur dan menunjukkan korelasi antara nilai aktual dan nilai yang diukur oleh alat. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kurva kalibrasi di Excel:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel lalu buat tabel data yang akan dijadikan kurva kalibrasi.
  2. Tabel data yang akan dijadikan kurva kalibrasi

  3. Setelah tabel data sudah siap, selanjutnya pilih seluruh data di dalam tabel lalu klik tab “Insert” pada ribbon bar.
  4. Pada tab “Charts”, pilih jenis Grafik Scatter dengan Markers. Pilih jenis grafik dengan garis terbaik (line of best fit).
  5. Anda akan melihat garis gerak di grafik data. Klik kanan pada garis tersebut lalu pilih “Add Trendline”.
  6. Pada jendela “Format Trendline”, pilih jenis “Linear” untuk kurva kalibrasi Anda.
  7. Anda dapat melakukan berbagai penyesuaian pada kurva kalibrasi yang sudah dibuat, seperti menambahkan label pada sumbu horizontal dan vertikal, mengubah warna garis, serta melakukan penyesuaian lainnya agar tampilan kurva lebih maksimal.

Itulah langkah-langkah mudah dalam membuat kurva kalibrasi di Excel. Dengan menggunakan kurva kalibrasi, Anda dapat mengkalibrasi alat ukur dengan lebih akurat serta dapat memperoleh data yang lebih akurat pula.

FAQ

1. Apa saja bidang yang membutuhkan kurva S di Excel?

Kurva S pada Excel dapat digunakan pada berbagai bidang, antara lain :

  • Sistem Keuangan dan Bisnis: Kurva S dapat digunakan untuk membandingkan kenaikan atau penurunan harga suatu produk atau saham dalam jangka waktu tertentu.
  • Teknik Sipil: Kurva S dapat digunakan untuk menganalisa kenaikan atau penurunan suatu data dalam bidang konstruksi, seperti peningkatan atau penurunan kecepatan suatu penggal jalan.
  • Teknologi Informasi: Kurva S dapat digunakan untuk menganalisa kenaikan atau penurunan suatu data dalam bidang teknologi informasi, seperti jumlah pengunjung pada sebuah situs web.
  • Pendidikan: Kurva S dapat digunakan untuk membandingkan peningkatan kemampuan siswa dalam belajar dalam jangka waktu tertentu.
Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Line Di Excel Dengan Dua Axis

2. Apa yang dimaksud dengan garis terbaik pada kurva kalibrasi?

Garis terbaik pada kurva kalibrasi juga disebut dengan istilah “regresi linier”. Garis ini merupakan garis yang memberikan jarak terdekat antara semua titik data pada grafik. Dengan menggunakan regresi linier, Anda dapat memprediksi dan memperkirakan nilai-nilai baru.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat kurva di Excel: