CARA MEMBUAT KUPON DOORPRIZE DI EXCEL

Di tengah pandemi ini, banyak orang memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan acara undian atau doorprize. Namun, membuat nomor kupon atau daftar peserta bisa menjadi pekerjaan yang sangat merepotkan. Untungnya, di zaman digital ini, banyak software yang dapat membantu kita membuat nomor kupon atau daftar peserta dengan mudah.

Cara Membuat Kupon Doorprize di Excel

Excel adalah salah satu software pengolah data yang paling terkenal dan paling banyak dipakai di seluruh dunia. Salah satu kelebihan Excel adalah kemudahan dalam mengelola data dan membuat tabel. Berikut adalah cara membuat kupon doorprize di Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat tabel dengan menggunakan data yang diperlukan, seperti nama peserta, nomor kupon, dan hadiah yang akan diberikan.
  2. Klik pada bagian nomor kupon dan klik kanan pada mouse untuk menampilkan popup menu. Pilih “Format Cells” dan masukkan “000” pada bagian “Custom”. Setelah itu, klik “OK”.
  3. Kemudian, klik pada header tabel dan pilih “Filter”, dan kemudian klik pada kotak filter pada bagian nomor kupon. Pilih “Sort Smallest to Largest”.
  4. Setelah itu, pilih nomor kupon dari peserta yang akan diundi dan klik “Copy”. Kemudian, klik pada kotak nomor kupon pada bagian bawah, kemudian pilih “Paste” dan klik “OK”.
  5. Setelah nomor kupon berhasil di-copy dan di-paste, anda dapat mencetak nomor kupon dan daftar peserta ke dalam bentuk sheet yang bisa di-cut pada sisi setiap nomor kupon, sehingga cukup dipotong dan diundi sesuai nomor kupon yang dikeluarkan.

Cara Membuat Nomor Kupon Undian di Excel

Undian adalah salah satu acara yang sangat populer di Indonesia. Namun, membuat nomor kupon undian dengan mudah bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat nomor kupon undian di Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buatlah sebuah tabel dengan menggunakan bagian data yang dibutuhkan, seperti nama peserta dan nomor kupon.
  2. Kemudian, dengan menggunakan rumus “RAND” atau “RAND BETWEEN” pada bagian nomor kupon pada setiap peserta, Excel akan secara acak menempatkan nomor kupon yang berbeda pada setiap peserta.
  3. Jangan lupa untuk merapikan tabel sehingga tampilannya terlihat rapi dan mudah dibaca.
  4. Kemudian, Anda bisa mencetak nomor kupon dengan mencetak setiap halaman tabel. Biasanya, satu halaman tabel akan memiliki minimal 10 sampai 20 nomor kupon, tergantung pada besar kertas yang digunakan.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan dalam pemberian nomor kupon?

Jawaban: Jika terjadi kesalahan dalam pemberian nomor kupon, maka harus segera dilakukan perbaikan atau penggantian nomor tersebut agar tidak terjadi kecurangan dalam proses undian.

2. Bagaimana cara membuat nomor kupon undian yang bentuknya unik dan menarik?

Jawaban: Untuk membuat bentuk nomor kupon undian yang menarik, anda bisa mencari referensi di internet seperti pinterest atau google images. Kemudian, edit nomor kupon dengan menggunakan Photoshop atau CorelDraw dan tambahkan efek gambar atau background sehingga tampilan nomor kupon menjadi lebih menarik.

Baca Juga :  CARA BUAT MATRIX DI EXCEL

Nah, itulah cara membuat nomor kupon undian dan doorprize dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga sukses!