CARA MEMBUAT KOP TABEL BERULANG DI EXCEL

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel, sebab aplikasi ini terkenal sebagai aplikasi untuk mengelola data. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan dalam Excel adalah tabel. Tabel adalah elemen penting dalam Excel yang membantu untuk menyajikan data dengan lebih terstruktur dan mudah dibaca. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat tabel di Excel secara otomatis dan juga cara membuat judul tabel berulang secara otomatis.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Saat membuat tabel di Excel, mungkin Anda ingin memberi warna setiap baris alternatif untuk memudahkan pembacaan. Nah, di bawah ini adalah cara membuatnya:

  1. Pertama, buka Excel dan buat sebuah spreadsheet baru. Setelah itu, isi data pada beberapa kolom dan baris yang akan Anda gunakan sebagai tabel.
  2. Pilih seluruh data yang akan digunakan untuk membuat tabel. Perhatikan bahwa seluruh data harus berada di bawah satu set kolom dan baris.
  3. Setelah data dipilih, klik tab Home dan pilih Format sebagai Tabel yang berada di grup Sel.
  4. Kemudian, pilih salah satu opsi format tabel yang disediakan. Terdapat banyak format tabel yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.
  5. Setelah itu, centang opsi Setiap Kolom Memiliki Judul dan Setiap Baris Memiliki Judul.
  6. Lokasi judul akan muncul di atas dan samping tabel.
  7. Aktifkan opsi Baris Bergaris dan Kolom Bergaris untuk mempercantik tabel. Anda juga bisa mengubah warna garis sesuai keinginan.
  8. Terakhir, klik OK dan tabel otomatis akan terbentuk.
  9. Untuk memberikan warna pada setiap baris alternatif, klik tab Design yang muncul setelah kita memilih tabel, pilih opsi Style, dan pilih opsi bawah Baris Bergantian.
Baca Juga :  CARA IMPORT FILE EXCEL KE MYSQL MENGGUNAKAN PHP

Cara membuat tabel otomatis di Excel sangatlah mudah, dan dengan memberi warna pada setiap baris alternatif, pembacaan tabel dapat menjadi jauh lebih mudah.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel

Judul tabel adalah elemen penting dalam setiap tabel yang Anda buat. Namun, terkadang judul tabel Anda terlalu panjang dan perlu dibagi menjadi beberapa kolom. Jika itu terjadi, maka judul tabel harus diulang pada setiap kolom dan baris. Nah, di bawah ini adalah cara mengulang judul tabel di Excel:

  1. Pertama, buka Excel dan buat sebuah spreadsheet baru. Isi data pada beberapa kolom dan baris yang akan Anda gunakan sebagai tabel.
  2. Setelah data terisi, tentukan baris mana yang akan menjadi judul tabel. Misalnya, baris 1 adalah judul tabel.
  3. Kemudian, pilih tab View dan aktifkan opsi Freeze Panes yang berada di grup Windows.
  4. Setelah itu, klik pada sel yang berada di bawah judul tabel yang akan diulang. Misalnya, sel A2.
  5. Pilih tab Formulas dan klik Define Name yang berada di grup Defined Names.
  6. Ketikkan nama untuk judul tabel yang akan diulang. Misalnya, “Judul Tabel”.
  7. Setelah itu, klik OK untuk menutup jendela Define Name.
  8. Kemudian, pilih opsi Conditional Formatting yang berada di bawah tab Home.
  9. Setelah jendela Format Rules terbuka, pilih New Rule.
  10. Pada bagian Rule Type, pilih Use a Formula to Determine Which Cell to Format.
  11. Pada bagian Format Values Where This Formula is True, masukkan formula berikut: =MOD(ROW(JudulTabel)-1,2)=0.
  12. Pada bagian sakelar Formulisasi, pilih warna yang akan digunakan untuk judul tabel yang diulang.
  13. Klik OK untuk menutup jendela Format Rules.
  14. Akhirnya, pastikan bahwa perintah Freeze Panes sudah aktif di kolom dan baris yang sesuai sebelum me-re-size tabel dan mengatur ulang lebar kolom.
Baca Juga :  Cara Membuat Diagram Kartesius Di Excel Importance Performance Analysis

Mengulang judul tabel di Excel bukanlah tugas yang sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda bisa dengan mudah mengulang judul tabel di setiap kolom dan baris.

FAQ

1. Bagaimana cara membuat daftar isian di Excel?

Cara membuat daftar isian di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah header dengan menjadikannya satu baris kolom dan masukkan nama kolom yang akan diisi oleh responden.
  2. Pindahkan kursor ke sel berikutnya setelah header, buka tab Data, dan pilih Validasi Data.
  3. Buka daftar dan pilih List di dalam Allow.
  4. Masukkan rentang sel yang menyimpan daftar dan klik OK.
  5. Sekarang, daftar isian di Excel Anda sudah siap dan siap digunakan untuk mengisi data.

2. Bagaimana cara menambahkan video YouTube ke dalam Excel?

Menambahkan video YouTube ke dalam Excel akan membuat tampilan sheet Anda jauh lebih menarik dan interaktif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka video di YouTube yang ingin Anda tambahkan ke Excel dan salin URL video.
  2. Buka Excel dan pilih sel tempat di mana video akan ditempatkan.
  3. Pilih tab Insert dan pilih Video di grup Media.
  4. Tempelkan URL video ke dalam kotak pencarian yang muncul.
  5. Pilih OK untuk menempatkan video di dalam sheet Excel Anda.
  6. Sekarang, video YouTube sudah terintegrasi ke dalam sheet Excel Anda dan siap untuk diputar.

Itulah cara menambahkan video YouTube ke dalam Excel. Pastikan bahwa URL yang Anda salin valid dan video telah diizinkan untuk ditempatkan di tempat lain.