CARA MEMBUAT KOLOM UNTUK TANDA TANGAN DI EXCEL

Cara Membuat Tanda Tangan di Word dan Excel

Apakah Anda sering kali membutuhkan tanda tangan dalam dokumen Word atau Excel? Tanda tangan adalah tanda dari kita bahwa dokumen tersebut benar-benar berasal dari kita dan telah diketahui kebenarannya. Oleh karena itu, tanda tangan menjadi hal yang penting terutama dalam dokumen yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan kantor.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai cara membuat tanda tangan di Word dan Excel. Mari kita mulai dengan cara membuat tanda tangan di Word.

Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Tanda tangan di Word biasanya digunakan pada dokumen kontrak atau surat perjanjian. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tanda tangan di Word, di antaranya:

1. Menggunakan Fitur Tanda Tangan Digital

Fitur ini hanya tersedia pada Microsoft Office 365. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, buka dokumen Word yang ingin ditandatangani dan pilih Insert > Signature line. Setelah itu, klik tanda panah di bawah Signature Line > Microsoft Office Signature Line.

Kemudian, akan muncul jendela Signature Setup. Isi nama dan judul Anda pada kolom Signature Details, lalu pada kolom Suggested signer, pilih siapa yang akan menandatangani dokumen tersebut. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah itu, dokumen akan memiliki tempat kosong untuk tanda tangan dan Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang akan mengunci tanda tangan Anda.

2. Menggunakan Tanda Tangan Elektronik

Tanda tangan elektronik juga dapat digunakan pada dokumen Word dan dapat dilakukan dengan cara seperti berikut.

Pertama-tama, buka dokumen Word yang ingin ditandatangani dan pilih Insert > Signature line. Kemudian, klik tanda panah di bawah Signature Line > Microsoft Office Signature Line.

Baca Juga :  Cara Membuat Itinerary Di Excel

Setelah itu, pada kolom Signature Details, kemudian isi mengisi nama Anda dan alamat email, lalu pada kolom Suggested signer, pilih siapa yang akan menandatangani dokumen tersebut. Pastikan centang pada opsi Allow the signer to add comments in the Sign dialog jika ingin memberikan keterangan tambahan mengenai tanda tangan elektronik tersebut.

Setelah Anda mengisi semua informasi, klik OK, lalu klik pada tanda tangan digital yang muncul pada dokumen, dan pilih Add Signature.

Kemudian, ikuti panduan untuk membuat tanda tangan elektronik dengan memasukkan nama dan alamat email Anda, lalu klik Sign. Dokumen akan secara otomatis disimpan dan tanda tangan elektronik Anda ditambahkan.

3. Menggunakan Gambar Tanda Tangan

Jika Anda ingin menggunakan gambar tanda tangan Anda sendiri, maka Anda dapat menggunakan cara ini.

Pertama-tama, buka dokumen Word yang ingin ditandatangani dan pilih Insert > Picture > Picture from file.

Pilih foto atau gambar tanda tangan yang sudah dipersiapkan lalu klik Insert.

Setelah itu, ubah ukuran gambar sesuai dengan tempat yang Anda inginkan, lalu pilih gambar dan klik Picture Tools > Format > Wrap Text > Behind Text.

Anda bisa melakukan beberapa modifikasi pada gambar tanda tangan Anda, seperti mengatur transparansi dan memilih beberapa efek gambar yang ingin digunakan. Setelah selesai, dokumen telah ditandatangani.

Cara Membuat Tanda Tangan di Excel

Selain di Word, tanda tangan juga dapat dibuat di Excel. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tanda tangan di Excel.

1. Menggunakan Gambar Tanda Tangan

Cara pertama untuk membuat tanda tangan di Excel adalah dengan menyisipkan gambar tanda tangan Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TABEL POLOS DI EXCEL

Pertama, buka dokumen Excel pada lembar kerja yang ingin ditandatangani.

Setelah itu, buka gambar atau foto tanda tangan Anda yang ingin disisipkan pada dokumen Excel dan simpan pada komputer.

Kembali ke dokumen Excel, pilih tempat di mana Anda ingin menyisipkan gambar tanda tangan tersebut, lalu pilih Insert > Picture.

Pilih gambar tanda tangan Anda, klik Insert, maka gambar tanda tangan Anda akan muncul pada dokumen Excel.

Anda dapat memberikan efek dan tekstur pada gambar tanda tangan Anda dengan cara memilih gambar, dan kemudian pilih Picture Tools > Format > Picture Styles.

2. Menggunakan Custom Stamp Tanda Tangan

Cara kedua untuk membuat tanda tangan di Excel adalah dengan membuat tanda tangan khusus dengan menggunakan custom stamp. Berikut ini adalah cara pembuatannya:

Buka dokumen Excel pada lembar kerja yang ingin ditandatangani.

Setelah itu, pilih Developer > Custom Stamp dari ribbon Excel.

Pada kotak dialog “Custom Stamp”, pilih opsi “Create Custom Stamp”.

Setelah itu, pilih gambar atau foto tanda tangan Anda dan klik Open.

Tanda tangan Anda sekarang akan muncul pada lembar kerja dan dapat digunakan sebagai stempel tanda tangan.

FAQ

1. Apakah tanda tangan elektronik diakui secara sah di Indonesia?

Ya, tanda tangan elektronik diakui secara sah di Indonesia sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

2. Apakah ada batasan dalam penggunaan tanda tangan elektronik?

Ada beberapa batasan penggunaan tanda tangan elektronik yang harus diperhatikan, diantaranya tanda tangan tersebut harus otentik, integral, dan non-repudiasi. Selain itu, penggunaan tanda tangan elektronik juga harus memenuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Baca Juga :  CARA MENAMBAH TEKS DI EXCEL

Video Tutorial

Bagi Anda yang ingin lebih jelas bagaimana cara membuat tanda tangan di Word dan Excel, berikut adalah video tutorial yang bisa Anda tonton:

[Embed video tutorial dari YouTube dengan judul “Cara Membuat Tanda Tangan di Word dan Excel” di sini]

Demikianlah artikel Pilar mengenai cara membuat tanda tangan di Word dan Excel. Dengan adanya tutorial ini, semoga Anda dapat lebih mudah dalam menyertakan tanda tangan di dokumen-dokumen pekerjaan Anda. Serta, pastikan untuk selalu menaati peraturan terkait penggunaan tanda tangan elektronik agar dokumen yang dibuat tetap sah dan legal.