CARA MEMBUAT KOLOM SEARCH DI EXCEL

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi Office yang paling sering digunakan pada saat ini. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data dan memberikan kemudahan dalam mengolah data dan membuat laporan dengan lebih cepat dan mudah. Salah satu fitur utama yang dapat digunakan pada aplikasi ini adalah fitur kolom.

Cara Mengunci atau Membekukan Kolom di Excel Header Tidak

CARA MEMBUAT KOLOM SEARCH DI EXCEL

Cara mengunci atau membekukan kolom pada Excel ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengedit data yang bisa diakses lebih mudah. Misalnya, jika Anda ingin menemukan informasi dari baris atau kolom tertentu, maka cara ini akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi menggeser layar dari satu kolom ke kolom lainnya.

Cara mengunci kolom pada excel ini tergolong mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah berikut ini:

Langkah Pertama: Pilih Kolom yang akan Dikunci

Pilihan Kolom pada Excel

Cara membekukan kolom pada Excel ini dimulai dengan memilih kolom yang akan dikunci. Setelah Anda memilih kolom, Anda dapat mengklik tombol Freeze Panes pada Ribbon. Tombol ini berada di atas tab.

Langkah Kedua: Pilih Opsi Tiga Baris

Opsi Tiga Baris pada Excel

Setelah itu, pilih opsi tiga baris. Jika Anda melakukan ini, kolom di bawah kolom yang dikunci dapat tetap bergerak. Dengan cara ini, Anda bisa tetap melihat data pada kolom yang dicari.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik 2 Variabel Di Excel

Langkah Ketiga: Pilih Freeze Panes

Freeze Panes pada Excel

Terakhir, tekan Freeze Panes. Jika Anda melakukan ini, kolom yang Anda pilih akan dikunci ke layar, dan Anda dapat melihat data pada kolom tersebut tanpa perlu menggeser”>layout window Anda.

Cara Menambahkan Kolom di Excel dengan 2 Cara

Menambahkan Kolom di Excel

Cara menambahkan kolom pada Excel adalah dengan menambahkan kolom secara manual atau dengan menggunakan shortcut. Cara manual merupakan cara yang cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan beberapa cara. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan kolom di Excel secara manual:

Tambahkan Kolom Secara Manual

1. Buka Excel dan buka dokumen kerja Anda.
2. Klik pada kolom di mana Anda ingin menambahkan kolom. Kolom ini harus terletak di sebelah kanan kolom yang ingin ditambahkan.
3. Klik pada opsi “Insert Sheet Columns” yang terletak di Ribbon. Opsi ini berada di bawah tab Home dan pada bagian Cells.

Tambahkan Kolom dengan Menggunakan Shortcuts

1. Buka Excel dan buka dokumen kerja Anda.
2. Posisikan kursor pada kolom di mana Anda ingin menambahkan kolom. Kolom ini harus terletak di sebelah kanan kolom yang ingin ditambahkan.
3. Tekan tombol Ctrl+

Dengan menekan tombol ini, kolom akan ditambahkan di posisi yang dipilih.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghapus kolom kosong pada Excel?

Jawaban: Anda bisa menghapus kolom kosong pada Excel dengan mudah dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Pilih kolom yang ingin dihapus dengan mengklik nama kolom pada bagian judul.
2. Klik Home tab pada ribbon dan pilih opsi Delete atau Remove Column.
3. Kolom yang telah dipilih akan secara otomatis dihapus dari lembar kerja Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Stacked Column Excel

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memformat kolom pada Excel?

Jawaban: Anda bisa memformat kolom pada Excel dengan beberapa langkah berikut:

1. Pilih kolom atau kolom yang akan diformat.
2. Klik kanan pada kolom dan pilih opsi Format Cells
3. Akan muncul jendela pengaturan format cell. Pilih format yang Anda inginkan dan klik OK.
4. Kolom atau kolom yang dipilih akan diformat dengan format yang Anda pilih.

Video Tutorial