CARA MEMBUAT KOLOM NAMA DI EXCEL

Membuat kolom pada Microsoft Excel adalah salah satu hal yang mendasar dalam penggunaan Microsoft Excel. Kolom pada Microsoft Excel digunakan untuk mempermudah penggunaan dalam mengelola data angka ataupun huruf. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membuat kolom pada Microsoft Excel 2007.

Cara Membuat Kolom Pada Microsoft Excel 2007

1. Langkah pertama dalam membuat kolom pada Microsoft Excel 2007 adalah dengan membuka Microsoft Excel 2007 tersebut. Setelah dibuka, pilih cell tempat kolom pertama akan dibuat.

CARA MEMBUAT KOLOM NAMA DI EXCEL

2. Setelah memilih cell tempat kolom pertama akan dibuat. Selanjutnya, pada menu bar Excel, pilih menu Insert.

3. Setelah memilih menu Insert, pada menu Insert tersebut akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih menu Column.

Cara Membuat Kolom di Excel Beserta Gambarnya

4. Setelah memilih menu Column, akan muncul beberapa pilihan kolom. Pilih jenis kolom yang diinginkan.

5. Setelah memilih jenis kolom, kolom tersebut akan dibuat di cell yang tadi sudah dipilih pada langkah ke-1.

6. Jika ingin membuat kolom baru, cukup memilih cell yang kosong pada kolom yang paling akhir, kemudian ulangi langkah 2 sampai 5.

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel

Bukan hanya dalam pengelolaan data angka atau huruf saja, kolom di Excel juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dalam membuat dokumen yang membutuhkan tanda tangan seperti surat resmi, surat kontrak dan lainnya. Berikut adalah cara membuat kolom tanda tangan di Excel:

1. Buka Microsoft Excel dan pilih lembar kerja yang akan digunakan.

Baca Juga :  CARA ATASI EXCEL FILE READ ONLY OR ENCRYPTED

2. Pilih cell dimana kolom tanda tangan akan ditempatkan.

3. Klik tombol “Developer” di Ribbon Excel. Jika tombol tersebut tidak ditampilkan, buka “Options”, pilih “Customize Ribbon” dan pastikan tombol “Developer” di cek.

4. Pada menu “Developer”, klik tombol “Insert” di bawah panel “ActiveX Controls”.

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan Di Excel

5. Pilih “More Controls” dalam menu drop-down dan pilih “Microsoft Office Signature Line”. Klik tombol “OK”.

6. Isi informasi di bawah panel “Signature Setup” dan pilih opsi tanda tangan yang diinginkan. Klik “OK”.

7. Tanda tangan yang baru akan muncul dari cell yang dipilih pada langkah ke-2. Tanda tangan tersebut bisa diatur ukurannya dengan mengklik dan men-drag tepi kotak tanda tangan.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data berbentuk tabel atau lembar kerja yang diproduksi oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini berguna untuk membuat, mengedit, menghitung, dan menganalisis data berbentuk tabel dalam sebuah dokumen kerja yang disebut dengan workbook.

2. Apa manfaat dari membuat kolom di Excel?

Membuat kolom di Excel memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Mempermudah dalam pengelolaan data angka atau huruf.
  2. Dapat dimanfaatkan untuk membuat dokumen yang membutuhkan tanda tangan seperti surat resmi, surat kontrak dan lainnya.
  3. Bisa digunakan untuk menyusun data dalam sebuah tabel.
  4. Memudahkan dalam membuat grafik.
  5. Dapat digunakan untuk menganalisis data.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah video tutorial cara membuat kolom di Excel:

Dalam video tersebut dijelaskan langkah-langkah membuat kolom di Excel secara mudah dan jelas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!