Cara Membuat Kolom Bergeser Di Excel

Cara Membuat Kolom di Excel Beserta Gambarnya

Cara Membuat Kolom pada Microsoft Excel 2007

Sebuah spreadsheet yang baik harus dibuat dengan baik sebagai dasar dari menjalankan perhitungan apapun. Salah satu fitur dasar spreadsheet adalah kolom. Kolom pada spreadsheet digunakan untuk menyimpan data yang terkait atau terpilih dengan beberapa kolom lainnya. Membuat kolom di Microsoft Excel 2007 adalah sangat mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa klik saja.

Cara Membuat Kolom Bergeser Di Excel

1. Buka program Microsoft Excel dan pilih lembar kerja baru atau lembar kerja yang sudah ada.

2. Pilih kolom tempat Anda ingin membuat kolom baru.

3. Klik tombol kolom atau header kolom yang Anda ingin tambahkan kolom barunya.

4. Klik kanan pada header kolom yang Anda pilih dan pilih “Insert.”

5. Sekarang, Excel akan memperluas semua kolom ke sebelah kanan dan menambahkan satu kolom baru pada posisi yang telah Anda tentukan. Jika Anda ingin menyisipkan beberapa kolom secara bersamaan, pilih kolom yang lebih dari satu terlebih dahulu, kemudian klik kanan salah satunya dan pilih “Insert.”

Cara Mengunci atau Membekukan Kolom di Excel Header Tidak

Mengunci atau membekukan kolom di Excel sangat berguna ketika kita ingin memperhatikan beberapa pekerjaan penting di bagian belakang atau baris depan lembar kerja tanpa harus selalu menggulir secara horizontal. Mengunci kolom header Excel adalah langkah yang mudah untuk memperbaiki header pada kolom tertentu, sehingga ketika data di dalam kolom di-scroll, header tetap terlihat.

Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI MICROSOFT EXCEL LUPA PASSWORD FILE

locked column

1. Pilih baris atau kolom tempat Anda ingin mengunci header.

2. Pergi ke “View” di toolbar Microsoft Excel.

3. Klik “Freeze Panes” dan pilih “Freeze Top Row” atau “Freeze First Column.”

4. Seperti pada gambar di atas, Anda dapat secara bersamaan mengunci beberapa baris atau kolom dengan memilih baris atau kolom tempat Anda ingin mengunci, kemudian klik “Freeze Panes” dan pilih “Freeze Panes.”

FAQ:

1. Apa yang Dimaksud dengan Kolom di Microsoft Excel?

Kolom di Microsoft Excel merepresentasikan nomor baris dalam spreadsheet yang terdiri dari angka 1 hingga 1,048,576. Kolom digunakan untuk mengorganisir informasi dan memudahkan pemakai dalam melacak nilai-nilai data dari baris yang berbeda pada spreadsheet. Kolom juga digunakan pada spreadsheet untuk mempercepat perhitungan antara nilai-nilai yang berbeda dan memberikan feedback yang lebih cepat tentang hasil perhitungan.

2. Apa yang Dimaksud dengan Mengunci Kolom Header Excel?

Mengunci kolom header Excel adalah proses yang memungkinkan pemakai untuk menjaga header kolom tertentu selalu terlihat ketika menggulir ke bawah atau menggulir ke samping di dalam spreadsheet. Dengan mengunci kolom header Excel, kita dapat menampilkan informasi yang sangat penting di dalam spreadsheet tanpa harus terus-menerus menggulir ke halaman yang berbeda dalam spreadsheet. Mengunci kolom header juga dapat membuat proses mengelola informasi di dalam spreadsheet menjadi lebih mudah dan efisien.