CARA MEMBUAT KOLOM BARU DI EXCEL

Pada saat bekerja dengan perangkat lunak spreadsheet seperti Microsoft Excel, terkadang kita membutuhkan fitur membuat tabel. Dalam Microsoft Excel, kita dapat membuat tabel dengan mudah menggunakan berbagai metode. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat tabel di Excel. Tidak hanya itu, kita juga akan menjelaskan bagaimana cara membuat kolom pada tabel Excel dan cara menambahkan banyak kolom sekaligus. Artikel ini akan membantu Anda memahami dan mempraktekkan pembuatan tabel dan kolom pada Excel.

Pembuatan Tabel di Excel
Tabel adalah kumpulan data dalam format yang terorganisir dan memiliki alur yang jelas. Di Excel, kita dapat membuat tabel dan mengelolanya dengan mudah. Berikut adalah cara untuk membuat tabel di Excel:

1. Pilih sel yang akan digunakan untuk menempatkan tabel.
2. Pilih tab “Insert” yang terletak di bagian atas jendela Excel.
3. Klik pada ikon “Table” dan pilih lokasi tabel, apakah tabel yang akan dipilih akan berada pada sheet saat ini atau sheet yang berbeda.
4. Setelah Klik, akan muncul dialog “Create Table”, dan jika data yang akan digunakan mengandung judul, maka centang kotak “My table has headers”.
5. Setelah itu, akan muncul dialog “Create Table”, dan jika data yang akan digunakan mengandung judul, maka centang kotak “My table has headers”. Kemudian, Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap tabel, misalnya mengubah rentang sel yang akan digunakan, mengganti nama tabel, dll.
6. Kemudian, klik tombol OK dan tabel akan dibuat.

Setelah tabel dibuat, kita dapat menambahkan data ke dalam tabel dengan mengisi kolom-kolom yang tersedia. Microsoft Excel juga menyediakan fitur untuk mengelola konten tabel dengan efisien seperti misalnya mengurutkan tabel, menambah/buang kolom, mengatur format teks, dan pengaturan lainnya.

Pembuatan Kolom pada Tabel Excel
Kita juga dapat menambahkan kolom pada tabel Excel yang sudah dibuat sebelumnya. Berikut cara membuat kolom pada tabel Excel:

1. Klik pada sel di kolom yang sudah ada di sebelah kanan kolom baru yang akan dibuat.
2. Klik kanan, dan pilih “Insert” pada menu pop-up, lalu akan muncul dialog “Insert Copumns”.
3. Pilih lokasi kolom, apakah kolom yang baru akan berada pada kiri atau kanan, lalu klik OK.

Sebagai alternatif, kita juga dapat memilih beberapa kolom, lalu melakukan langkah di atas untuk membuat lebih dari satu kolom sekaligus. Dalam kasus ini, kolom baru akan ditempatkan di antara kolom-kolom yang diberi tanda.

Menambah Banyak Kolom di Excel
Kita dapat menambahkan banyak kolom sekaligus pada tabel Excel. Berikut adalah cara menambahkan banyak kolom di Excel dengan cepat:

1. Pilih kolom yang berada di sebelah kanan sel yang akan dikolom baru yang dibutuhkan.
2. Tekan dan tahan tombol “Shift” dan klik pada kolom yang berada di sebelah kanan kolom terakhir yang diinginkan. Seluruh kolom yang terseleksi akan berwarna gelap.
3. Klik kanan pada salah satu kolom yang terseleksi dan pilih “Insert” pada menu pop-up. akan muncul dialog “Insert Copumns”.
4. Pilih berapa banyak kolom yang perlu ditambahkan dan posisi di mana kolom tersebut akan ditambahkan.
5. Klik OK dan kolom yang dipilih akan ditambahkan ke dalam tabel.

Dalam beberapa kasus, menambahkan banyak kolom di Excel dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan sejumlah besar pekerjaan dalam waktu singkat. Fitur ini sangat berguna untuk para pengguna Microsoft Excel yang sering bekerja dengan banyak kolom.

FAQ
1. Bagaimana cara mengurutkan data dalam tabel Excel?
Jawab: Ada dua cara mudah untuk mengurutkan data dalam tabel Excel. Cara pertama, kita dapat mengeklik header kolom dengan mouse dan kemudian menggunakan tombol penyortiran pada toolbar untuk menyortir data sesuai urutan apa yang diinginkan. Cara kedua, kita juga dapat menggunakan fitur “Sort” pada menu “Data” di toolbar Excel, dan dari sana kita dapat memilih kolom atau kolom-kolom yang ingin kita sortir, serta jenis urutan yang ingin kita gunakan (ascending atau descending).

Baca Juga :  Cara Menghitung Weighted Average Di Excel

2. Bagaimana cara menghapus kolom yang sudah dibuat dalam tabel Excel?
Jawab: Untuk menghapus kolom dalam tabel Excel, kita dapat memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik kanan pada kolom tersebut dan pilih opsi “Delete”. Setelah itu, kita akan diminta untuk memilih apakah ingin menghapus kolom saja atau memindahkan seluruh data ke sebelah kiri atau kanan. Setelah memilih opsi yang sesuai, klik OK dan kolom yang dipilih akan dihapus dari tabel.

Video Tutorial Membuat Tabel di Excel
Berikut ini adalah video tutorial pembuatan tabel di Excel yang bisa Anda tonton dan pelajari:

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang cara membuat tabel dan kolom pada Excel. Dengan memahami fitur ini, kita dapat mengelola data dengan lebih efisien dalam pekerjaan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!