Cara Membuat Kode Batang Di Excel

Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Banyak orang menggunakan Excel untuk membuat laporan, menghitung angka, dan memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan diagram. Namun, Excel juga bisa digunakan untuk membuat kode batang, QR code, dan diagram batang. Berikut ini adalah cara membuat ketiga hal tersebut menggunakan Excel.

Kode Batang

Kode batang adalah kode yang berisi informasi tentang suatu produk atau barang. Kode batang biasanya digunakan dalam sistem inventaris, toko retail, dan industri logistik. Kode batang dapat berupa kode EAN, kode UPC, atau kode ISBN. Di Excel, kita bisa membuat kode batang dengan menggunakan formula dan font khusus. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih satu sel di lembar kerja Excel.
  2. Tuliskan kode produk atau barang di sel tersebut.
  3. Pilih sel tersebut dan ubah jenis huruf menjadi “Code 128”.
  4. Gunakan formula berikut untuk menambahkan awalan dan akhiran pada kode:

    = “Ê” & A1 & “Ó”

    Di sini, A1 adalah sel yang berisi kode produk atau barang. Karakter Ê dan Ó adalah awalan dan akhiran yang diperlukan oleh kode batang.

  5. Ketikkan formula berikut untuk mengubah sel menjadi gambar kode batang:

    =BARCODE128(A2,FALSE,72,100)

    Di sini, A2 adalah sel yang berisi formula kode batang yang telah Anda buat sebelumnya. Argumen FALSE menunjukkan bahwa kode batang harus diatur ke dalam mode teks. Angka 72 dan 100 menunjukkan lebar dan tinggi gambar kode batang.

  6. Gambar kode batang akan muncul di sel yang dipilih itu sendiri.
  7. Buatlah salinan gambar kode batang tersebut dan tempelkan di mana pun Anda inginkan di lembar kerja Excel untuk tujuan manajemen inventaris atau tugas sejenisnya.

QR Code

QR code adalah kode yang berisi informasi tentang suatu produk atau barang yang dapat dipindai menggunakan aplikasi khusus pada smartphone atau tablet. QR code biasanya digunakan dalam promosi produk, pendaftaran acara, dan pengecekan ketersediaan barang. Di Excel, kita bisa membuat QR code dengan menggunakan formula dan font khusus. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih satu sel di lembar kerja Excel.
  2. Tuliskan informasi yang ingin Anda sisipkan dalam QR code di sel tersebut.
  3. Pilih sel tersebut dan ubah jenis huruf menjadi “QR Code”.
  4. Gambar QR code akan muncul di sel yang dipilih itu sendiri.
  5. Buatlah salinan gambar QR code tersebut dan tempelkan di mana pun Anda inginkan di lembar kerja Excel untuk tujuan promosi atau tugas sejenisnya.

Diagram Batang

Diagram batang adalah diagram yang digunakan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik batang. Diagram batang biasanya digunakan untuk membandingkan data dalam periode waktu tertentu, misalnya pertumbuhan produk selama beberapa tahun terakhir atau jumlah pengunjung dalam beberapa bulan terakhir. Di Excel, kita bisa membuat diagram batang dengan menggunakan data dan fitur bawaan Excel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan data yang ingin Anda visualisasikan dalam lembar kerja Excel. Pastikan bahwa data terdiri dari dua kolom, yaitu kolom untuk label dan kolom untuk nilai.
  2. Pilih data tersebut dan klik tombol “Insert” di bilah alat.
  3. Pilih jenis diagram batang yang Anda inginkan dari menu “Charts”. Di sini, Anda bisa memilih diagram batang horizontal atau vertikal, diagram batang berganda, atau diagram batang yang menampilkan data perbandingan antara dua jenis data secara berdampingan.
  4. Pilih jenis tampilan diagram yang Anda inginkan dengan cara mengklik “Design” di bilah alat. Di sini, Anda bisa memilih warna, gaya, dan opsi lain untuk diagram tersebut.
  5. Diagram batang akan muncul di lembar kerja Excel Anda. Anda bisa menyesuaikan ukuran dan posisi diagram tersebut dengan cara menyeret dan menjatuhkannya ke lokasi yang Anda inginkan.
  6. Buatlah salinan diagram batang tersebut dan tempelkan di mana pun Anda inginkan di lembar kerja Excel untuk tujuan manajemen bisnis atau tugas sejenisnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Jurnal Penjualan Di Excel

FAQ

1. Mengapa saya harus menggunakan Excel untuk membuat kode batang?

Excel adalah program pengolah data yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Dengan Excel, Anda bisa membuat kode batang dengan mudah dan cepat tanpa harus membeli atau mengunduh software atau aplikasi khusus untuk membuat kode batang. Selain itu, Excel juga memiliki banyak fitur dan formula yang bisa membantu Anda mengelola inventaris dan bisnis Anda secara efisien.

2. Apakah saya perlu mengubah jenis huruf untuk membuat QR code?

Ya, Anda perlu mengubah jenis huruf menjadi “QR Code” jika ingin membuat gambar QR code di Excel. Jenis huruf ini tidak tersedia secara default di Excel. Namun, Anda bisa mengunduh jenis huruf QR Code dari internet dan menginstalnya di komputer Anda untuk menggunakannya di Excel.