CARA MEMBUAT JUSTIFY DI EXCEL

Jika Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data, pasti tidak asing dengan pengaturan alignmen atau penjajaran tulisan pada lembar kerja. Salah satu jenis penjajaran yang sering digunakan adalah justify atau rata kiri kanan. Fitur ini memungkinkan tulisan di dalam kolom atau sel dapat disamakan jarak kiri dan jarak kanan nya dalam satu baris.

Cara Membuat Tulisan Rata Kiri Kanan di Excel

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk membuat tulisan rata kiri kanan di Excel, yaitu:

1. Menggunakan Fungsi Justify pada Menu Aligment

Langkah pertama adalah memilih sel atau kolom yang akan diberi penjajaran tulisan secara rata kiri dan rata kanannya. Kemudian, pada menu home, klik pada tombol Format Cell Aligment untuk memunculkan menu alignment. Pada tab Alignment, pilih opsi Fill pada bagian Horizontal, dan pilih opsi Justify pada bagian Vertical. Tekan OK.

CARA MEMBUAT JUSTIFY DI EXCEL

Setelah itu, tulisan pada sel atau kolom yang dipilih akan terlihat rata kiri dan rata kanan secara otomatis.

2. Menggunakan Fungsi Concatenate dan Char

Selain dengan fitur justify di menu alignment, kamu juga dapat membuat tulisan rata kiri kanan di Excel dengan memanfaatkan rumus concatenate dan char. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, tulislah teks yang ingin dijadikan satu dalam satu sel. Contohnya, “Belajar rata kiri kanan di Excel.”
  2. Salin formula CONCATENATE() ke dalam sel lain. Pada formula tersebut, masukkan sel awal yang berisi teks, lalu tambahkan string “_”. Contohnya: =CONCATENATE(B2,”_”)
  3. Inisialisasi nomor spasi luar dan spasi dalam. Misalnya, anggap 10 spasi luar dan 5 spasi dalam. Kamu dapat memasukkan rumus CHAR(32) dan CHAR(160) untuk spasi luar dan dalam.
  4. Gunakan formula REPLACE untuk menambahkan spasi luar dan dalam. Contohnya, gunakan formula =REPLACE(C2,10,0,CHAR(32)) untuk memberikan 10 spasi luar. Lakukan langkah yang sama untuk menambahkan spasi dalam.

Cara Membuat Tulisan Rata Kiri Kanan Di Excel

Dua cara di atas merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat tulisan rata kiri kanan di Excel. Di bawah ini adalah FAQ terkait masalah ini.

FAQ

Apa itu justify pada Excel?

Justify pada Excel merupakan jenis penjajaran tulisan yang memungkinkan jarak kiri dan jarak kanan tulisan pada satu baris di dalam sel atau kolom menjadi sama.

Apakah semua versi Microsoft Excel memiliki fitur justify?

Tidak, fitur justify pada Excel hanya tersedia pada versi yang relatif baru, seperti Excel 2010 ke atas. Jika Anda menggunakan versi Excel yang lama, fitur justify mungkin tidak tersedia.

Video Cara Membuat Justify di Excel

Berikut ini adalah tutorial video tentang cara membuat justify di Excel:

Kesimpulan

Membuat tulisan rata kiri kanan pada Excel adalah salah satu fitur dasar yang wajib dikuasai bagi pengguna spreadsheet. Dua cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur Justify pada menu Alignment atau dengan menggabungkan rumus Concatenate dan Char pada Excel. Dengan menggunakan fitur tersebut, tampilan data pada spreadsheet bisa lebih rapi dan enak dilihat.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT CAP DI EXCEL