Pertama-tama, saat menggunakan Microsoft Excel, merupakan hal yang cukup umum untuk membuat judul di dalam sebuah tabel. Tidak hanya berguna untuk pengelompokan data dan memudahkan navigasi, namun juga dapat memberikan penjelasan tentang data yang terdapat dalam tabel. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat judul di Excel.
Cara Membuat Judul Tabel di Excel
1. Membuat Judul dengan Fungsi Merge & Center
Cara paling sederhana untuk membuat judul di dalam sebuah tabel adalah dengan menggunakan fitur Merge & Center. Caranya adalah dengan meletakkan kursor pada sel yang akan dijadikan judul, kemudian blok sel yang akan digunakan untuk judul tersebut. Setelah itu, klik pada tombol Merge & Center yang terletak di toolbar Home pada ribbon Excel.
[img alt=”Merging and Centering Cells” src=”https://4.bp.blogspot.com/-wG-yfRM7ffc/VRuEI1h8qnI/AAAAAAAAChA/frUclwRCRT0/s1600/EXCEL03.jpg”]
Merging and Centering Cells
Untuk menggabungkan sel, pilih sel yang akan digabungkan dengan menyorotnya, lalu klik pada tombol Merge & Center.
2. Membuat Judul dengan Fungsi Text Box
Cara lain untuk membuat judul di Excel adalah dengan menggunakan fungsi Text Box. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk mengetikkan teks di dalam kotak dan menempatkan kotak tersebut di atas tabel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik pada tombol Insert di toolbar ribbon Excel.
2. Pilih Shape pada menu Insert dan pilih kotak yang Anda inginkan untuk menempatkan teks judul.
3. Ketik teks judul di dalam kotak tersebut.
4. Gunakan fitur Format Shape untuk mengatur tampilan kotak judul, seperti warna dan ukuran.
Making a Title with Text Box Function
Fungsi Text Box memungkinkan Anda untuk membuat judul dan menempatkan judul tersebut di atas tabel.
3. Membuat Judul dengan Fungsi Headings
Fitur Headings di Excel dapat digunakan untuk membuat judul di dalam sebuah tabel. Dengan cara ini, judul akan ditampilkan sebagai header dan secara otomatis akan diatur ke dalam konteks yang benar oleh Excel. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menggabungkan sel atau menggunakan kotak teks. Langkah-langkah untuk membuat judul menggunakan fitur Headings adalah sebagai berikut:
1. Pilih sel yang akan dijadikan judul.
2. Klik pada tombol Home pada toolbar Excel.
3. Pilih opsi Font pada toolbar dan pilih opsi Headings.
[img alt=”Using Headings Function to Create a Table Title” src=https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-xVRcFf0lvVc/VtsQ2ZUL9NI/AAAAAAAAAc0/lksQfgR_cAs/s1600/menengahkan%2Bjudul1.jpg]
Using Headings Function to Create a Table Title
Fungsi Headings memungkinkan Anda membuat judul di Excel dan akan secara otomatis diatur ke dalam konteks yang benar.
4. Menampilkan Judul Di Setiap Halaman
Jika Anda mencetak tabel yang panjangnya lebih dari satu halaman, maka Anda dapat menggunakan fitur Print Titles di Excel agar judul tetap ditampilkan pada setiap halaman. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Pilih Print Titles pada toolbar Page Layout.
2. Pilih tab Sheet.
3. Klik pada tombol Rows to repeat at top dan pilih baris yang berisi judul tabel.
4. Klik pada tombol OK.
5. Printing Titles on Each Page
[img alt=”Printing Title on Each Page” src=http://1.bp.blogspot.com/-EHK7sG6RT5g/VRuEKgBIwZI/AAAAAAAAChQ/s_74F8RqUMk/s1600/EXCEL4.jpg]
Printing Titles on Each Page
Menggunakan fitur Print Titles, judul akan tetap tampil pada setiap halaman saat mencetak tabel yang panjangnya lebih dari satu halaman.
FAQ:
1. Apa itu fungsi Merge & Center pada Excel?
Merge & Center adalah fungsi pada Excel di mana Anda dapat menggabungkan beberapa sel menjadi satu, kemudian menempatkan kata atau angka di tengah atau rata kiri atau rata kanan untuk membuat sebuah judul.
2. Apa keuntungan menggunakan fitur Headings saat membuat judul di Excel?
Keuntungan menggunakan fitur Headings saat membuat judul di Excel adalah bahwa Anda dapat menempatkan judul di dalam header. Hal ini memungkinkan Excel untuk secara otomatis memformat judul ke dalam konteks yang benar dan menempatkan judul di atas tabel itu sendiri.