Cara Membuat Invoice Di Excel Agar Tidak Ribet

Cara Membuat Invoice di Excel

Penggunaan Excel dapat mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data, termasuk dalam membuat invoice atau tagihan. Dalam dunia bisnis, invoice sangat penting karena merupakan bukti pembayaran yang sah antara penjual dan pembeli. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara membuat invoice di Excel beserta langkah-langkahnya.

Langkah 1: Menentukan Kolom-Kolom yang Diperlukan

Sebelum membuat invoice di Excel, tentukan dulu kolom-kolom apa saja yang diperlukan. Kolom-kolom yang biasanya ada dalam sebuah invoice antara lain nama produk, harga satuan, jumlah, subtotal, total, dan informasi tentang perusahaan atau usaha Anda seperti alamat dan nomor telepon.

Langkah 2: Mengatur Tampilan Invoice

Setelah menentukan kolom-kolom yang diperlukan, langkah berikutnya adalah mengatur tampilan invoice. Anda dapat memilih variasi warna dan gaya huruf yang sesuai dengan merek atau bisnis Anda. Pilih tampilan yang mudah dibaca dan menarik.

Langkah 3: Mengisi Data Invoice

Setelah menentukan kolom-kolom dan tampilan invoice, saatnya mengisi data. Isi data-data pada kolom-kolom yang sudah ditentukan sebelumnya. Pastikan data yang dimasukkan sudah lengkap dan akurat.

Langkah 4: Menghitung Subtotal, Pajak, dan Total

Setelah mengisi data, hitung subtotal dengan cara mengalikan harga satuan dengan jumlah. Setelah itu, hitung pajak yang dikenakan pada subtotal dengan cara mengalikan subtotal dengan presentase pajak (misalnya 10%). Terakhir, hitung total dengan cara menjumlahkan subtotal dan pajak.

Langkah 5: Mencetak Invoice

Setelah mengisi data dan menghitung subtotal, pajak, dan total, hasilnya dapat dicetak. Pastikan tampilan invoice sudah rapi dan mudah dibaca sebelum dicetak. Anda dapat mencetak invoice dalam format A4 atau letter, atau dapat juga menyimpannya dalam format PDF untuk dikirim melalui email.

FAQ:

1. Apakah Ada Template Invoice yang Bisanya di Download dan Digunakan Gratis?

Ya, ada banyak template invoice yang bisa didownload secara gratis. Sebagian besar template ini sudah dilengkapi dengan kolom-kolom yang diperlukan dan tampilan invoice yang menarik. Anda dapat menyesuaikan template tersebut dengan merek atau bisnis Anda.

2. Apakah Membuat Invoice di Excel Sulit Dilakukan bagi Pemula?

Tidak, membuat invoice di Excel sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menentukan kolom-kolom yang diperlukan, mengatur tampilan invoice, mengisi data, menghitung subtotal, pajak, dan total, dan mencetak hasilnya. Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda bisa mencari tutorial di internet atau mengikuti kursus online.

Selain mengenai cara membuat invoice di Excel, berikut adalah tips untuk membuat invoice yang efektif:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami dalam invoice. Jangan gunakan kata-kata yang ambigu atau sulit dimengerti. Pastikan invoice dapat dipahami baik oleh penjual maupun pembeli.

2. Cantumkan Informasi Lengkap tentang Produk atau Jasa

Cantumkan informasi lengkap tentang produk atau jasa yang dijual pada invoice. Sebutkan nama produk atau jasa, harga, jumlah, dan subtotal dengan jelas dan akurat. Informasi yang lengkap akan membuat pembeli lebih percaya dan menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

3. Tentukan Batas Waktu Pembayaran

Tentukan batas waktu pembayaran pada invoice. Sebutkan dengan jelas tanggal jatuh tempo dan cara pembayaran yang dapat dilakukan. Dengan menegaskan batas waktu pembayaran, pembeli akan lebih memperhatikan waktu dan tidak menunda pembayaran.

4. Verifikasi Identitas Pembeli

Pastikan Anda telah memverifikasi identitas pembeli sebelum menerbitkan invoice. Verifikasi ini bertujuan untuk menghindari penipuan atau pembayaran yang tidak sah. Verifikasi dapat dilakukan dengan meminta data pribadi atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT JUDUL KOLOM BERULANG PADA EXCEL

5. Gunakan Software atau Aplikasi Pendukung

Agar pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien, gunakan software atau aplikasi pendukung seperti Excel atau aplikasi penagihan lainnya. Software atau aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam membuat invoice, menghitung subtotal dan total, serta mencetak hasilnya.

Video Tutorial:

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat invoice di Excel:

(Link video)

Dalam video tersebut, dijelaskan dengan detail langkah-langkah untuk membuat invoice di Excel. Jika Anda masih kesulitan dalam mengikuti tutorial secara tertulis, Anda bisa mencoba untuk mengikuti video tutorial tersebut.

Dalam dunia bisnis, invoice sangat penting karena merupakan bukti pembayaran yang sah antara penjual dan pembeli. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat mempermudah pembuatan invoice sehingga memudahkan Anda dalam mengelola bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Bila Anda masih kesulitan dalam membuat invoice di Excel, jangan ragu untuk mencari tutorial di internet atau mengikuti kursus online. Tetap semangat dan jangan lupa untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang!