Cara Membuat Inventory Di Excel

Inventory stock gudang adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan yang menjual barang. Dalam mengelola stok barang, tentunya dibutuhkan sebuah sistem yang baik dan terstruktur agar bisa menghasilkan informasi yang akurat.

Cara Mudah Membuat Inventory Stock Gudang dengan Excel

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam membuat sistem persediaan barang di perusahaan, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Excel adalah program pengolah angka yang biasa digunakan di dalam perusahaan.

Untuk membuat sistem persediaan di Excel, pertama-tama Anda harus membuat daftar barang yang akan dijaga persediaannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buka Excel dan buat worksheet baru. Kemudian, ketikkan judul tabel pada sel A1. Contohnya: “Daftar Barang”. Kemudian, pada baris selanjutnya yaitu A2, ketikkan nama-nama kolom seperti: “Kode Barang”, “Nama Barang”, “Stok Barang”, “Harga Barang”, dan “Kategori Barang”. Dalam contoh kali ini, kita menggunakan 5 kolom.

Langkah 2

Selanjutnya, input data barang yang ingin dijadikan persediaan pada kolom yang telah dibuat. Isi kolom “Kode Barang” dengan kode-kode barang, kolom “Nama Barang” dengan nama-nama barang, kolom “Stok Barang” berisi jumlah barang, kolom “Harga Barang” berisi harga barang, dan kolom “Kategori Barang” berisi jenis barang.

Langkah 3

Setelah kolom telah diisi dengan data, selanjutanya kita ingin menampilkan data tersebut dalam bentuk diagram. Untuk menampilkan data dalam bentuk diagram, klik menu “Insert” pada tab Excel dan pilih “Column”. Kemudian, pilih grafik yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah memilih, klik “OK” dan grafik akan ditampilkan di worksheet Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Absen Siswa Di Excel 2013

Langkah 4

Setelah grafik ditampilkan, selanjutnya kita akan membuat formulir persediaan barang. Klik tab “Developer” pada ribbon Excel, kemudian klik “Insert”. Pilih “Form Control” pada menu tersebut, kemudian Klik “Combo Box” dan buat kotak berisi kategori barang yang akan dijadikan persediaan.

Langkah 5

Setelah kita membuat combo box, selanjutnya kita buat daftar barang berdasarkan kategori tersebut. Untuk membuat daftar barang berdasarkan kategori tersebut, klik kanan pada kotak combo box yang telah dibuat dan pilih “Format Control”. Kemudian pilih range dari kategori barang yang sudah diisi, dalam contoh ini kita menampilkannya pada kolom “Kategori Barang”. Setelah itu, klik “OK”.

Cara Membuat Laporan Persediaan Barang Dengan Excel

Setelah membuat sistem persediaan barang di Excel, selanjutnya Anda bisa membuat laporan persediaan barang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Buat worksheet baru dengan menekan tombol “CTRL + N”. Kemudian ketikkan judul tabel pada sel A1 dengan format seperti ini “Laporan Persediaan Barang Tanggal [tanggal]”. Misalnya, jika laporan persediaan barang dibuat pada tanggal 20 Januari 2022 maka judul tabel akan menjadi “Laporan Persediaan Barang Tanggal 20 Januari 2022”.

Langkah 2

Pada baris selanjutnya yaitu A2, buat kolom-kolom seperti “Kode Barang”, “Nama Barang”, “Stok Awal”, “Barang Masuk”, “Barang Keluar”, dan “Stok Akhir”.

Langkah 3

Selanjutnya, ketikkan data-data stok awal pada kolom “Stok Awal”. Data stok awal bisa diperoleh dari sistem persediaan barang yang telah dibuat sebelumnya. Jumlah stok awal harus sesuai dengan sistem persediaan yang telah dihitung sebelumnya.

Langkah 4

Setelah mengisi stok awal, selanjutnya isi kolom “Barang Masuk” dan “Barang Keluar”. Data ini bisa diperoleh dari sistem persediaan yang telah dibuat sebelumnya. Data barang masuk dan barang keluar harus diisi secara berurutan sesuai dengan tanggal transaksi.

Baca Juga :  CARA HIDE DATA DI EXCEL

Langkah 5

Setelah mengisi data barang masuk dan barang keluar, selanjutnya kita bisa menghitung stok akhir. Untuk menghitung stok akhir, kita hanya perlu mengurangi stok awal dengan barang keluar dan ditambahkan dengan barang masuk seperti ini: “Stok Awal + Barang Masuk – Barang Keluar”. Hasil dari perhitungan tersebut masukkan ke dalam kolom “Stok Akhir”.

FAQ

Apa itu sistem persediaan barang?

Sistem persediaan barang atau inventory stock gudang adalah sistem yang digunakan untuk mengelola persediaan barang di sebuah perusahaan. Adanya sistem persediaan barang ini sangat penting untuk menjaga jumlah stok barang dan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian barang yang dibutuhkan. Dalam sebuah perusahaan, sistem persediaan barang memiliki peran yang sangat strategis karena menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengelola persediaan barang.

Bagaimana cara membuat sistem persediaan barang di Excel?

Cara membuat sistem persediaan barang di Excel cukup mudah. Pertama-tama, buka Excel dan buat worksheet baru. Kemudian, ketikkan judul tabel pada sel A1 dan pada baris selanjutnya, ketikkan nama-nama kolom seperti: “Kode Barang”, “Nama Barang”, “Stok Barang”, “Harga Barang”, dan “Kategori Barang”. Setelah itu, input data barang dan tampilkan data dalam bentuk grafik.

Video Tutorial Cara Membuat Stock Card Menggunakan Excel

Sekarang, Anda telah mengetahui cara membuat sistem persediaan barang dan laporan persediaan barang di Excel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!