CARA MEMBUAT HALAMAN DI EXCEL 2010

Membuat halaman atau nomer halaman pada Microsoft Excel mungkin terlihat sangat simpel dan mudah dilakukan, namun ternyata banyak orang yang masih belum tahu cara melakukannya. Padahal, membuat halaman atau nomor halaman pada tabel Microsoft Excel ini sangat penting untuk memudahkan dalam pengolahan data tersebut.

Cara menghilangkan garis header pada Microsoft Excel

Garis pada header atau judul tabel pada Microsoft Excel mungkin sangat mengganggu bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang ingin membuat tampilan tabel yang terlihat lebih simple dan clean. Berikut adalah cara untuk menghilangkan garis header pada Microsoft Excel.

  1. Pertama, klik tab Page Layout pada ribbon menu di Microsoft Excel.
  2. Kemudian, pada grup Sheet Options, hilangkan centang pada View yang bertuliskan Gridlines.
  3. Dengan menghilangkan gridlines, maka garis header pada tabel Excel juga akan hilang.

Dengan mengikuti cara di atas, maka garis header pada tabel Excel telah berhasil dihapuskan dan tampilannya menjadi lebih clean serta simple.

Cara membuat nomer halaman pada Microsoft Excel

Berbeda dengan pada Microsoft Word, cara untuk membuat halaman atau nomer halaman pada Excel sedikit berbeda dan membutuhkan sedikit trik. Berikut adalah cara untuk membuat nomor halaman pada tabel Microsoft Excel.

  1. Pertama, buka tab Insert pada ribbon menu di Microsoft Excel.
  2. Pada grup Text, klik Header & Footer.
  3. Secara default, Anda akan masuk ke dalam mode Header. Pada bagian tengah atau mana saja yang diinginkan, ketik &[Page], kemudian klik tombol Exit Header & Footer untuk keluar.
  4. Nomer halaman sekarang akan muncul pada setiap halaman Excel yang Anda cetak atau hasil export.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT BUKU TABUNGAN SENDIRI DENGAN EXCEL

Itulah cara yang paling umum digunakan untuk membuat nomer halaman pada Microsoft Excel, walaupun membutuhkan sedikit trik namun cukup mudah untuk dipelajari. Dengan menggunakan nomer halaman pada tabel Excel, Anda dapat lebih mudah untuk mengorganisasi data-data tersebut.

Frequently Asked Questions

1. Apa itu garis header pada Microsoft Excel dan mengapa saya harus menghilangkannya?

Garis header pada Microsoft Excel adalah garis yang muncul pada bagian paling atas dari tabel Excel, tepat di bawah nama kolom atau field dari tabel tersebut. Garis ini seringkali sangat mengganggu bagi sebagian orang dan membuat tampilan tabel menjadi kurang enak dilihat atau terlihat berantakan. Dengan cara menghilangkan garis header, maka tampilan tabel menjadi lebih clean serta simple.

2. Apa fungsi nomer halaman pada tabel Excel?

Nomer halaman pada tabel Excel memiliki fungsi yang sama dengan pada dokumen Word, yaitu untuk memudahkan dalam pengolahan data tersebut. Dengan adanya nomer halaman, kita dapat lebih mudah untuk melakukan tracking atau mencari data-data yang diperlukan dalam tabel tersebut.

Video Tutorial