CARA MEMBUAT GRAFIK TAHUNAN DI EXCEL

Siapa bilang membuat grafik harus membutuhkan usaha dan proses yang sulit? Kini, dengan adanya fitur-fitur canggih pada software seperti Microsoft Excel dan bahasa pemrograman seperti PHP, membuat grafik menjadi sangat mudah. Tanpa harus menguasai banyak ilmu, kamu bisa membuat grafik jualan tahunan dengan mudah menggunakan PHP atau Excel.

Cara Membuat Graph Jualan Tahunan Menggunakan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang cukup populer dan powerful. Dengan menggunakan PHP, kamu bisa membuat grafik jualan tahunan yang menarik untuk ditampilkan di website kamu. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat grafik jualan tahunan menggunakan PHP:

  1. Buat database yang berisi data penjualan. Kamu harus memiliki data penjualan untuk setiap bulan dalam setahun. Data ini bisa berupa jumlah produk yang terjual atau pendapatan yang didapat.
  2. Buat file PHP yang mengambil data dari database kamu. Gunakan function query untuk mengambil data dari database.
  3. Buat file PHP yang mengubah data yang telah diambil dari database menjadi format yang dapat ditampilkan pada grafik. Misalnya, kamu bisa membuat array yang berisi data penjualan untuk setiap bulan.
  4. Buat file PHP yang menampilkan grafik. Kamu bisa menggunakan library grafik seperti GD atau mengambil library dari internet.

Cara Membuat Grafik di Excel

Jika kamu tidak ingin menggunakan bahasa pemrograman, kamu bisa membuat grafik dengan mudah menggunakan Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat grafik di Excel:

  1. Siapkan data yang ingin kamu buat grafiknya. Pastikan data yang kamu sediakan cukup lengkap dan terstruktur dengan rapih. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat grafik.
  2. Pilih data yang ingin dijadikan grafik. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik dan menarik mouse pada sel yang ingin kamu pilih.
  3. Klik menu ‘Insert’, lalu pilih jenis grafik yang ingin kamu buat. Excel menyediakan berbagai jenis grafik yang bisa kamu pilih, seperti grafik garis atau grafik batang.
  4. Tentukan posisi dan ukuran grafik. Setelah grafik berhasil dibuat, kamu bisa memposisikan dan mengubah ukuran grafik sesuai kebutuhan kamu.
  5. Buat label pada grafik. Kamu bisa menambahkan judul untuk grafik dan label untuk sumbu x dan y. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membaca dan memahami grafik yang telah dibuat.

FAQ

1. Bagaimana cara menambahkan data pada grafik?

Untuk menambahkan data pada grafik, kamu harus mengubah data yang ada di file Excel kamu. Jika kamu menggunakan PHP, kamu harus menambahkan data pada database kamu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengubah data tersebut menjadi format yang sesuai dengan grafik yang ingin kamu buat.

2. Apa saja jenis grafik yang tersedia di Excel?

Excel menyediakan berbagai jenis grafik yang bisa kamu pilih. Beberapa jenis grafik yang tersedia antara lain grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran, grafik area, dan grafik kombinasi. Kamu bisa memilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang ingin kamu tampilkan pada grafik.

Video Tutorial Membuat Grafik di Excel

Dengan mengetahui cara membuat grafik menggunakan PHP atau Excel, kamu bisa menampilkan data dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dipahami. Baik itu untuk kebutuhan presentasi atau untuk ditampilkan di website, grafik dapat mempermudah dalam memahami data dan meminimalisir kesalahan dalam interpretasi data.

Baca Juga :  CARA KOMPRES FILE EXCEL MENJADI KECIL ONLINE