Cara Membuat Grafik Ogive Di Excel

Anda sedang belajar menggunakan Excel dalam pengolahan data? Jangan lewatkan cara membuat grafik ogive menggunakan Ms. Excel yang akan dibahas dalam artikel ini. Selain itu, kami juga akan memberikan tutorial tentang cara membuat grafik garis di Excel. Yuk, simak penjelasannya!

Cara Membuat Grafik Ogive Menggunakan Ms. Excel

Grafik ogive adalah grafik yang menunjukkan akumulasi dari data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kumulatif. Ogive memiliki dua jenis, yaitu ogive lebih dari dan ogive kurang dari. Berikut langkah-langkah cara membuat grafik ogive menggunakan Ms. Excel:

1. Siapkan data tabel distribusi frekuensi

Pertama, siapkan data tabel distribusi frekuensi yang akan digunakan untuk membuat grafik ogive. Pastikan data yang digunakan sudah dikelompokkan dalam rentang kelas yang sama.

2. Buat kolom kumulatif frekuensi

Buat sebuah kolom baru untuk kumulatif frekuensi. Kolom ini akan digunakan sebagai sumbu y dalam grafik ogive.

3. Hitung kumulatif frekuensi

Dalam kolom kumulatif frekuensi, hitung jumlah frekuensi untuk setiap kelas dan jumlahkan dengan frekuensi kelas di atasnya. Hasil penjumlahan ini akan menjadi kumulatif frekuensi yang akan digunakan pada grafik ogive.

4. Buat grafik ogive

Setelah data dan kolom kumulatif frekuensi sudah siap, buatlah grafik ogive dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih seluruh data tabel distribusi frekuensi dan kolom kumulatif frekuensi.
  2. Klik tab “Insert” pada menu bar dan pilih tipe grafik “Line” pada bagian “Charts”.
  3. Grafik ogive sudah terbentuk. Untuk menambahkan label pada sumbu x dan y, klik pada area grafik dan pilih “Design” pada menu bar. Kemudian pilih “Add Chart Element” dan tambahkan “Axis Titles”.

5. Sesuaikan tampilan grafik ogive

Untuk membuat tampilan grafik ogive lebih menarik, gunakan fitur “Format Chart Area” yang tersedia pada menu “Design”. Anda dapat memilih warna latar belakang, borderline, mengubah font tulisan, dan warna garis grafik.

Cara Membuat Grafik Garis di Excel

Grafik garis sering digunakan untuk menunjukkan tren atau pola perubahan data selama periode tertentu. Berikut langkah-langkah cara membuat grafik garis di Excel:

1. Siapkan data

Siapkan data yang akan digunakan untuk membuat grafik garis. Pastikan data sudah terurut dari kecil ke besar.

2. Pilih seluruh data

Pilih seluruh data yang ingin ditampilkan pada grafik garis.

3. Buat grafik garis

Klik tab “Insert” pada menu bar dan pilih tipe grafik “Line” pada bagian “Charts”. Grafik garis sudah terbentuk dengan sumbu x dan y sesuai dengan data yang dipilih.

4. Sesuaikan tampilan grafik garis

Agar tampilan grafik garis lebih menarik, gunakan fitur “Format Chart Area” yang tersedia pada menu “Design”. Anda dapat memilih warna latar belakang, borderline, mengubah jenis garis, dan mengatur ketebalan garis.

FAQ

1. Apa itu ogive dalam statistika?

Ogive dalam statistika adalah grafik yang menunjukkan akumulasi dari data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kumulatif.

Baca Juga :  cara membuat link nomor pada excell Nomor urut membuat otomatis vertikal horisontal mudah

2. Apa kegunaan grafik garis dalam Excel?

Grafik garis dalam Excel dapat digunakan untuk menunjukkan tren atau pola perubahan data selama periode tertentu. Grafik garis sering digunakan dalam analisis data bisnis atau ilmu pengetahuan.