CARA MEMBUAT GRAFIK GARIS DI EXCEL DENGAN 3 VARIABEL

Excel merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dan membuat grafik. Dalam aplikasi Excel, terdapat berbagai jenis grafik yang dapat dibuat, antara lain grafik garis, grafik batang, grafik pie, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kita akan memfokuskan pada cara membuat grafik garis di Excel.

Gambar 1 – Cara Membuat Diagram Line Di Word

CARA MEMBUAT GRAFIK GARIS DI EXCEL DENGAN 3 VARIABEL

Untuk membuat grafik garis di Excel, kita perlu melakukan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan data yang akan digunakan untuk dibuat grafik. Data tersebut dapat berupa data waktu, data jumlah, atau data lainnya yang memiliki variabel tertentu.
  2. Buka aplikasi Excel dan pilih tab Insert.
  3. Pada tab Insert, pilih jenis grafik yang akan dibuat. Kita akan memilih grafik garis.
  4. Setelah memilih jenis grafik garis, kita harus memilih data yang akan digunakan untuk membuat grafik. Pilih data yang telah disiapkan pada langkah pertama.
  5. Setelah memilih data, grafik garis akan tampil pada lembar kerja Excel. Kita dapat menyesuaikan tampilan grafik garis sesuai dengan kebutuhan.
  6. Jika sudah sesuai, kita dapat menyimpan atau mencetak grafik garis yang telah dibuat.

Gambar 2 – Cara Buat Grafik Garis

Cara buat grafik garis

Berikut adalah beberapa tips dalam membuat grafik garis di Excel:

  • Pilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang akan digunakan. Jenis grafik yang salah dapat membuat interpretasi data menjadi salah.
  • Sesuaikan tampilan grafik dengan kebutuhan dan tujuan pembuatan grafik. Misalnya, jika grafik digunakan untuk presentasi, maka tampilan grafik harus menarik dan mudah dibaca.
  • Pilih warna yang sesuai untuk setiap variabel dalam grafik. Warna yang tidak sesuai dapat membuat pengguna kesulitan dalam membedakan variabel yang dipresentasikan.
  • Gunakan judul yang jelas dan singkat pada grafik. Judul yang terlalu panjang dapat membuat pesan yang disampaikan tidak terbaca dengan jelas.

Gambar 3 – Cara Nak Buat Line Graph Di Excel

Cara nak buat line graph di excel

FAQ

1. Apa beda antara grafik garis dan grafik kurva?

Grafik garis memiliki sumbu x dan y yang beraturan dan biasanya digunakan untuk menunjukkan perubahan nilai pada waktu tertentu. Sedangkan grafik kurva biasanya tidak mempunyai ketertiban tertentu pada sumbu x dan y, dan sering digunakan untuk menunjukkan adanya hubungan yang tidak seimbang antara dua variabel.

2. Bagaimana cara membandingkan dua grafik garis di Excel?

Untuk membandingkan dua grafik garis di Excel, kita dapat menampilkan kedua grafik di satu lembar kerja dan membandingkan perubahan yang terjadi pada kedua grafik. Kita juga dapat mengatur tampilan grafik agar mendukung perbandingan grafik, misalnya dengan menggunakan skala yang sama pada kedua grafik.

Video – Panduan Membuat Grafik Garis di Excel

Baca Juga :  Cara Menyimpan Data Excel Ke Array Java