Cara Membuat Grafik Fungsu Di Excel

Baru belajar menggunakan Microsoft Excel? Jangan khawatir, salah satu fitur yang paling mudah digunakan dalam Microsoft Excel adalah grafik. Dengan grafik, kamu bisa memvisualisasikan data berupa angka menjadi sebuah gambar yang menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat grafik di Microsoft Excel.

Tingkat Mahir

Cara Membuat Grafik Fungsu Di Excel

Jika kamu sudah menguasai Microsoft Excel dengan baik, maka kamu bisa mencoba membuat grafik secara manual. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu menambahkan grafik secara manual pada lembar kerja Microsoft Excel.

Untuk mencoba cara ini, kamu perlu menyiapkan data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih seluruh data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk grafik.
  2. Klik menu Insert, kemudian pilih jenis grafik yang ingin kamu buat. Ada berbagai macam pilihan grafik, seperti bar chart, line chart, pie chart, dan masih banyak lagi.
  3. Saat kamu memilih jenis grafik yang diinginkan, Microsoft Excel akan membuat warna standar dan memformat grafik yang kamu pilih sesuai dengan jenis data yang kamu gunakan.
  4. Setelah itu, kamu bisa menambahkan judul dan label pada grafik. Kamu juga dapat menyesuaikan jenis font dan warna untuk membuat grafikmu lebih menarik.
  5. Jika kamu merasa perlu, kamu juga bisa menambahkan elemen dekoratif pada grafik seperti garis tren, pengisi area, dan lainnya.

Nggak Perlu Effort Lebih, Begini Cara Membuat Grafik di Excel – HiTekno.com

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Jika kamu baru mengenal Microsoft Excel dan ingin mempelajari cara membuat grafik, kamu bisa mencoba beberapa fitur bantuan dari software ini. Fitur-fitur bantuan ini sangat mudah digunakan, sehingga kamu tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk belajar menggunakan grafik pada Excel.

Untuk mencoba cara ini, kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu.
  2. Pilih seluruh data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk grafik, kemudian klik tombol pada menu Insert yang bertuliskan Chart Wizard.
  3. Setelah muncul kotak dialog Chart Wizard, pilih jenis grafik yang kamu inginkan pada jendela pertama. Kemudian, pada jendela kedua, pilih data yang ingin kamu gunakan.
  4. Pada jendela ketiga, kamu bisa menambahkan label untuk masing-masing sumbu, mengatur gaya dan warna untuk grafik, serta melakukan beberapa pengaturan lain yang kamu inginkan.
  5. Saat sudah selesai, klik tombol Finish untuk menghasilkan grafik dengan mudah dan cepat.

Mudahnya Cara Membuat Grafik Di Excel

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Jika kamu ingin membuat grafik di Excel dengan lebih mudah, Microsoft Excel menyediakan opsi Quick Analysis yang dapat membantu kamu menjadikan data menjadi grafik dengan cepat.

Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih semua data yang ingin kamu visualisasikan dalam bentuk grafik.
  2. Tekan tombol CTRL + Q, atau klik ikon Quick Analysis yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  3. Pada jendela pop-up yang muncul, klik tab Charts, lalu pilih jenis grafik yang ingin kamu visualisasikan.
  4. Microsoft Excel akan membuat grafik secara otomatis sesuai dengan jenis data yang kamu gunakan, serta menambahkan judul dan label pada grafik.
  5. Kamu bisa menyesuaikan gaya grafik, menambahkan fitur dekoratif, serta melakukan beberapa pengaturan lain pada grafik yang sudah tersedia.
Baca Juga :  cara membuat mail marge pake data excel Merge gambar hasilnya mailing melihat diperlihatkan privew ruanglaptop

4 Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Menggunakan Variasi Data

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Microsoft Excel juga menyediakan tools yang cukup banyak dan bermanfaat untuk membantumu membuat grafik yang kreatif dan informatif. Salah satu fitur yang paling berguna adalah Pivot Chart. Dengan menggunakan Pivot Chart, kamu bisa mengubah tata letak data pada Excel dan memvisualisasikannya dalam bentuk grafik dengan mudah.

Berikut ini adalah cara membuat grafik di Excel dengan Pivot Chart:

  1. Siapkan data yang ingin kamu visualisasikan di Excel.
  2. Klik menu Insert, lalu klik PivotTable.
  3. Pada jendela Create PivotTable, pilih range data yang kamu ingin gunakan, kemudian klik OK.
  4. Tambahkan kolom atau baris ke nilai angka yang ingin kamu visualisasikan.
  5. Setelah data sudah diatur dengan benar, klik menu Insert dan pilih pivot chart.
  6. Pilih jenis grafik yang kamu inginkan, kemudian Microsoft Excel akan langsung membuat grafik dari data yang telah kamu siapkan.
  7. Tambahkan judul, label, dekoratif, dan penyesuaian lain pada grafik yang telah dibuat dengan Pivot Chart.

FAQ

1. Apa keuntungan membuat grafik di Microsoft Excel?

Membuat grafik di Microsoft Excel sangat bermanfaat karena memudahkan kamu dalam memvisualisasikan data. Selain itu, Microsoft Excel menyediakan berbagai jenis grafik yang memiliki tampilan yang atraktif dan profesional. Grafik juga menjadikan data yang kamu miliki menjadi lebih mudah dipahami.

2. Dimana bisa mempelajari cara membuat grafik di Microsoft Excel dengan baik dan benar?

Untuk mempelajari cara membuat grafik di Microsoft Excel dengan baik dan benar, kamu bisa mencari sumber belajar online, seperti video tutorial di Youtube atau blog yang mengulas tentang Microsoft Excel. Selain itu, banyak sekolah atau institusi yang menyediakan kursus Microsoft Excel untuk pemula sampai mahir yang dapat membantumu dalam mempelajari cara membuat grafik di Microsoft Excel dengan lebih baik lagi.

Video Tutorial: Cara Mudah Membuat Grafik di Microsoft Excel