Cara Membuat Grafik Dari Excel Ke Powerpoint

Microsoft Excel adalah program spreadsheet komputer yang digunakan untuk mengorganisir, memanipulasi, dan menghitung data. Namun, tidak hanya itu, Excel juga memungkinkan pengguna untuk membuat grafik yang menarik dan informatif untuk membantu memvisualisasikan dan memahami data dengan lebih baik.

Cara Membuat Grafik Dari Excel Ke Powerpoint

Cara Membuat Grafik di Excel

Membuat grafik di Excel sangat mudah dan diperlukan dalam membuat presentasi dan laporan yang menarik untuk beberapa jenis pekerjaan. Di bawah ini, kita akan membahas cara membuat grafik di Excel step by step:

1. Siapkan Data

Sebelum Anda bisa membuat grafik di Excel, Anda harus memiliki data untuk dianalisis dan direpresentasikan. Misalnya, jika Anda ingin membuat grafik garis yang menunjukkan bagaimana penghasilan Anda tahun ini meningkat dari bulan ke bulan, maka Anda harus menyimpan data penghasilan Anda dalam format spreadsheet.

Buka Microsoft Excel dan buat data yang akan Anda tambahkan ke grafik. Data mungkin terdiri dari dua kolom atau lebih, dengan kolom pertama sebagai header. Pastikan Anda punya judul data yang jelas agar mudah untuk dibaca dan dipahami.

2. Pilih Jenis Grafik yang Anda Inginkan

Setelah data Anda berada dalam bentuk spreadsheet, pilih jenis grafik yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat grafik batang yang menunjukkan seberapa banyak produk yang dijual oleh perusahaan Anda selama periode yang ditentukan.

Baca Juga :  CARA BUKA FILE EXCEL YANG TIDAK BISA DIBUKA

Untuk memilih jenis grafik, klik pada tab Insert di bagian atas lembar kerja Excel, lalu pilih tipe grafik yang sesuai dengan data Anda. Ada berbagai macam jenis grafik yang disediakan Excel, termasuk grafik garis, grafik batang, grafik area, grafik pie, dan sebagainya. Pilihlah jenis grafik yang paling sesuai dengan data Anda.

3. Masukkan Data ke dalam Grafik

Selanjutnya, Anda harus memasukkan data ke dalam grafik. Ini dapat dilakukan dengan menyorot data yang akan dimasukkan, lalu mengeklik tombol Mouse Kanan dan memilih opsi “Paste” di menu drop-down yang muncul. Data akan muncul sebagai garis atau batang dalam grafik sesuai dengan jenis grafik yang Anda pilih pada langkah sebelumnya.

4. Sesuaikan Grafik

Setelah memasukkan data ke dalam grafik, Anda dapat melakukan pengaturan dan customization. Ada banyak opsi yang tersedia untuk mengubah tampilan grafik, seperti menambahkan judul, label sumbu, menjelaskan grafik, mengubah warna, dan sebagainya. Anda dapat mengakses opsi ini dengan meng-klik grafik dan meng-klik opsi “Chart Tools” pada bagian atas tab.

5. Export Grafik ke Dokumen Lain

Setelah grafik siap, Anda dapat mengekspor grafik ke dokumen lain, seperti Microsoft Word, PowerPoint, atau PDF. Ini dilakukan dengan mengeklik grafik dan mengeklik tombol “Copy” atau “Save As” di menu drop-down. Setelah ditandai, pilih dokumen tujuan dan tempatkan grafik di sana.

Grafik Line di PowerPoint

Grafik line sangat cocok digunakan untuk menggambarkan bagaimana suatu data berubah seiring waktu. Grafik ini sering digunakan dalam presentasi atau laporan. Selain membuat grafik di Excel, Anda juga dapat membuat grafik line di PowerPoint.

Langkah-Langkahnya:

1. Siapkan Data

Mulailah dengan mempersiapkan data yang akan Anda gunakan untuk membuat grafik line di PowerPoint. Data dapat dibuat dengan Excel atau dengan software lain yang disukai. Excel di sini digunakan untuk mengurutkan dan memeriksa kalkulasi dan memastikan data yang ambang jelas.

Baca Juga :  CARA MERUBAH HURUF KAPITAL DI EXCEL

2. Buka PowerPoint

Buka Microsoft PowerPoint dan mulai membuat presentasi Anda. Setelah slide dibuat, klik pada tombol “Insert” di toolbar dan pilih “Chart” dari menu drop-down.

3. Pilih Jenis Grafik Line

Ini akan membuka jendela “Insert Chart”. Dari sini Anda dapat memilih jenis grafik yang diinginkan. Pilih jenis grafik “Line” dan klik tombol “OK”.

4. Masukkan Data ke dalam Grafik

Klik pada tombol “Chart Data” di toolbar untuk masuk ke editor data grafik. Ini akan membuka editor di mana Anda dapat memasukkan data Anda. Setelah data dimasukkan, klik tombol “OK” untuk menyimpan.

5. Sesuaikan Grafik Line

Selesai memasukkan data, dapat melakukan pengaturan dan customization. Klik pada grafik dan Anda akan melihat beberapa opsi di toolbar, termasuk fungsi untuk menambahkan judul, label sumbu, menjelaskan grafik, mengubah warna, dan sebagainya. Anda juga dapat menyesuaikan style garis, mengubah jenis garis, atau menambahkan gradient pada area grafik.

6. Simpan Presentasi

Setelah Anda menyelesaikan seluruh pengaturan untuk grafik line, simpan presentasi Anda.

Cara Menyalin Grafik dari Sheet Excel ke PowerPoint

Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka dapat menyalin grafik yang sudah dibuat di Excel ke PowerPoint. Jawabannya adalah “ya”. Ada beberapa metode yang tersedia, salah satunya adalah dengan mengeklik kanan pada grafik dan memilih “Copy”, lalu menempelnya pada slide presentasi di PowerPoint. Namun, ada cara lain yang lebih baik untuk menyalin grafik.

1. Siapkan Grafik di Excel

Buka file Excel dan navigasikan ke tab lokasi grafik tersebut. Pastikan grafik sudah diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Salin Grafik

Pilih grafik dan tekan tombol “Ctrl-C” pada keyboard untuk menyalin grafik ke clipboard.

3. Buka PowerPoint

Setelah grafik disalin ke clipboard, buka file PowerPoint dan navigasikan ke slide yang ingin Anda tempatkan grafik tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Excel Jika Tabel Kosong Dan Berisi

4. Paste Grafik

Pada slide presentation di PowerPoint, tekan tombol “Ctrl-V” pada keyboard untuk menempelkan grafik ke presentation. Grafik akan muncul dalam posisi di mana kursor berada.

Dalam menggunakan cara yang lebih baik ini, latar belakang grafik akan disalin dan juga grafik itu sendiri. Ini memastikan bahwa semua elemen grafik akan muncul dengan benar pada presentation.

FAQ

1. Bagaimana Cara Menambahkan Data ke Grafik yang Sudah Dibuat di Excel?

Jika Anda ingin menambahkan data ke grafik yang sudah dibuat di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file Excel dengan grafik yang sudah dibuat.
  2. Salin data baru yang ingin ditambahkan ke grafik.
  3. Klik pada grafik yang ingin diedit.
  4. Klik kanan pada grafik dan pilih “Select Data” dari menu drop-down.
  5. Di jendela “Select Data Source”, klik tombol “+ Add” untuk menambahkan data baru.
  6. Pilih range data baru dan klik “OK”.
  7. Klik “OK” lagi untuk menyelesaikan penambahan data.
  8. Grafik sekarang akan menunjukkan data baru yang telah ditambahkan.

2. Bagaimana Cara Menghilangkan Gridline pada Grafik di Excel?

Jika Anda ingin menghilangkan gridline pada grafik di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada grafik yang ingin diedit.
  2. Klik kanan pada garis gridline di sekitar grafik.
  3. Pilih “Format Gridlines” dari menu drop-down.
  4. Pada jendela “Format Major Gridlines” atau “Format Minor Gridlines,” centang opsi “No Line”.
  5. Klik OK untuk menyelesaikan.

Ada berbagai cara untuk membuat grafik di Excel dan PowerPoint, dan ada juga cara untuk menambahkan, mengubah atau menghapus data pada grafik. Manfaatkan fitur-fitur dan opsi customization yang tersedia untuk membuat grafik yang informatif dan menarik bagi publik Anda. Dijamin, dengan langkah-langkah mudah tersebut, Anda bisa membuat grafik di Excel dengan cepat dan membuat presentasi Anda lebih menarik!