CARA MEMBUAT GRAFIK DAN TABEL DI EXCEL

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data spreadsheet yang populer digunakan di seluruh dunia oleh berbagai kalangan baik dari kalangan bisnis, akademisi, hingga dunia pribadi. Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam memproses data dan analisis data yang lebih efektif. Salah satu fitur unggulan dari Excel adalah kemampuan untuk melakukan pembuatan tabel dan grafik dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat tabel dan grafik di Excel secara lengkap.

Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Langkah pertama dalam membuat tabel di Excel adalah mengakses aplikasi Microsoft Excel. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih lembar kerja dimana tabel akan dibuat
  2. Posisikan kursor pada sel paling kiri atas (kiri atas tabel) dan klik
  3. Tahan tombol kursor, lalu tarik ke kanan dan ke bawah sesuai kebutuhan kolom dan baris yang dibutuhkan
  4. Masukkan data atau teks ke dalam sel-sel tabel yang kosong tersebut
  5. Pilih sel atau seluruh tabel yang akan diberikan warna
  6. Pada tab Home, carilah menu Fill Color atau Color Pengisi pada grup Font, klik ikon color picker
  7. Pilih warna latar belakang yang diinginkan dari palet warna
  8. Tunggu sejenak dan Excel akan memberikan warna hingga seluruh tabel seluruhnya

Dengan menggunakan langkah-langkah diatas, kita dapat mudah untuk membuat tabel dengan background warna tertentu sesuai dengan kebutuhan. Catatan penting adalah pada saat memilih jumlah kolom/ baris yang dibutuhkan, kita juga harus mempertimbangkan bahwa tabel tersebut akan diisi dengan data yang sesuai.

Tutorial Cara Membuat Grafik (Chart) di Microsoft Word dan Excel

Grafik atau Chart sangat berguna untuk menunjukkan sebaran data dalam bentuk visual agar lebih mudah untuk dipahami. Untuk membuat grafik di Excel, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih area data atau tabel yang akan digunakan untuk membuat grafik
  2. Di ribbon tab Insert, pilih jenis grafik yang dikehendaki
  3. Excel akan membuat grafik yang dikehendaki dan menempatkannya pada lembar kerja
  4. Edit grafik hingga sesuai dengan kebutuhan, lalu simpan

Sampai pada tahap ini, kita sudah berhasil membuat grafik dengan mudah dan cepat. Namun hindari membuat grafik yang tidak jelas dan susah dipahami. Pastikan grafik yang dibuat memberikan gambaran yang jelas mengenai data yang ingin dipaparkan.

FAQ

1. Apa perbedaan antara tabel dan grafik di Excel?

Tabel dan grafik di Excel dapat digunakan untuk memvisualisasikan data, namun memiliki perbedaan dalam cara penampilan dan informasi yang disampaikan. Tabel pada Excel biasanya digunakan untuk menampilkan data secara detail dan terstruktur dalam bentuk grid yang tersusun. Di sisi lain, grafik pada Excel digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk visual seperti diagram atau gambar yang menunjukkan perbandingan atau hubungan antara satu atau lebih variabel.

2. Bagaimana cara menambahkan video Youtube ke dalam dokumen di Excel?

Untuk menambahkan video Youtube ke dalam dokumen di Excel, pertama-tama salin tautan video Youtube. Setelah itu, buka dokumen Excel dan pilih tempat dalam dokumen di mana video ingin ditambahkan. Klik pada ribbon Insert dan pilih objek. Pilih objek Embedded Video dan pilih tautan video Youtube yang telah disalin sebelumnya. Setelah memasukkan tautan video, video Youtube akan ditampilkan di dalam dokumen.

Baca Juga :  CARA LOCK CELL EXCEL

Sekian tutorial dan tips tentang cara membuat tabel dan grafik di Excel. Dengan menguasai fitur-fitur ini, kita dapat menghemat waktu dan lebih efektif dalam mengolah data. Namun ingat, penting bagi kita untuk memilih tampilan tabel dan grafik yang tepat untuk memastikan informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan keterampilan Excel kita dengan terus berlatih dan memanfaatkan fitur lain yang tersedia.