CARA MEMBUAT GARIS MIRING PADA KOLOM EXCEL

Pada kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat garis miring pada Excel. Garis miring dapat digunakan untuk memberikan efek estetika pada tampilan lembar kerja. Selain itu, garis miring juga dapat digunakan untuk memisahkan antara satu kolom dengan kolom yang lain pada sebuah tabel.

Cara membuat garis miring pada Excel sebenarnya cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Buka lembar kerja Excel yang ingin Anda tambahkan garis miringnya.

2. Pilih cell atau range cell yang ingin Anda jadikan sumber garis miring. Pada contoh ini, saya akan memilih cell A1 dan B1.

3. Klik kanan pada cell atau range cell tersebut, lalu pilih “Format Cells”.

4. Pilih tab “Border”.

5. Pada bagian “Presets”, pilih garis miring yang ingin Anda gunakan.

6. Atur warna, ketebalan, dan gaya garis miring sesuai dengan keinginan Anda.

7. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, garis miring akan muncul pada cell atau range cell yang telah Anda pilih. Jika Anda ingin menambahkan garis miring pada kolom atau baris lain, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama dengan memilih cell atau range cell yang ingin Anda tambahkan garis miringnya.

Namun, selain menggunakan cara diatas, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard yaitu dengan menekan tombol “Ctrl” + “7” untuk membuka menu border. Kemudian, pada bagian “Border Style”, pilih garis miring yang ingin Anda gunakan.

Tambahkan Headline Berupa Gambar dengan H2

Berikut ini adalah contoh gambar yang menunjukkan penggunaan garis miring pada Excel:

Contoh Penggunaan Garis Miring pada Excel

CARA MEMBUAT GARIS MIRING PADA KOLOM EXCEL

Sumber: Hongkoong

Tambahkan Deskripsi Gambar

Pada contoh gambar di atas, terlihat jelas bahwa garis miring digunakan untuk memisahkan antara kolom tanggal dan kolom jumlah pada tabel. Dengan adanya garis miring, maka tabel akan terlihat lebih rapi dan mudah dibaca oleh pengguna.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan garis miring untuk memberikan efek desain yang menarik pada tampilan lembar kerja Anda. Misalnya, Anda dapat membuat garis miring yang berbeda pada setiap kolom atau baris, atau Anda dapat menggunakan warna yang berbeda pada garis miring agar terlihat lebih mencolok.

Tambahkan Paragraf Penjelasan Singkat

Sebagai tips tambahan, jika Anda ingin membuat garis miring yang tidak terlihat pada lembar kerja, maka Anda dapat menggunakan garis putus-putus pada border style. Dengan menggunakan garis putus-putus, garis miring akan tetap terlihat namun tidak akan mengganggu tampilan tabel.

FAQ

Q: Apakah garis miring dapat digunakan untuk memisahkan antara kolom dan baris pada tabel?
A: Ya, garis miring dapat digunakan untuk memisahkan antara kolom dan baris pada tabel.

Q: Bagaimana cara menghilangkan garis miring yang sudah dibuat pada lembar kerja Excel?
A: Anda dapat menghapus garis miring dengan mengklik kanan pada cell atau range cell yang memiliki garis miring, lalu memilih “Format Cells” > “Border” > “None” > “OK”.

Baca Juga :  CARA MENGECEK BESAR FILE PER SHEET EXCEL