Cara Membuat Gambar Gunting Di Excel

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat gambar gunting di Excel. Excel sendiri adalah program aplikasi dari Microsoft Office untuk membantu dalam pengolahan data, seperti menghitung data, membuat grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya. Namun, dalam membuat presentasi atau laporan, kita bisa tambahkan elemen visual seperti gambar untuk mempercantik tampilan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat gambar gunting seperti contoh di bawah ini.

Bagaimana cara membuat gambar gunting di Excel?

Untuk membuat gambar gunting di Excel, kita bisa menggunakan fitur shapes yang tersedia pada Ribbon Insert. Caranya sebagai berikut:

1. Pertama, buka file Excel yang ingin kita tambahkan gambar gunting.
2. Klik tab Insert pada Ribbon dan pilih Shapes pada grup Illustrations.
[image src=”https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-Y8P7dSiYtUE/XUrTV5yR_FI/AAAAAAAABDQ/79pDBoYE0FMmqUjqqf_kzPWBPKuYDMJIwCLcBGAs/s1600/cara%2Bmerubah%2Btabel%2Bexcel%2Bmenjadi%2Bgambar.jpg” alt=”Gambar 1″ title=”Gambar 1″] 3. Pada menu Shapes, pilih salah satu bentuk yang sesuai dengan bentuk gunting yang ingin kita buat. Misalnya, untuk membuat gunting bukaan kecil, kita bisa pilih bentuk Triangle yang ada pada grup Basic Shapes.
[image src=”https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-LMPTnaJl8dE/Wc_v9a-yRaI/AAAAAAAAA1w/L43m9ejenBMix0XyQCZ7ib8bICWkt7UWQCLcBGAs/s1600/Cara%2BMembuat%2BGambar%2BWatermark%2BDi%2BExcel.gif” alt=”Gambar 2″ title=”Gambar 2″] 4. Setelah memilih bentuk yang sesuai, klik pada workspace Excel dan seret mouse ke arah yang diinginkan untuk membuat bentuk gunting.
[image src=”https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/-96iivUhbC2M/X6OmFJIgrRI/AAAAAAAAHHA/sWBj2PyP1fALTdDqjHxyeO1uSGl7bVn9gCLcBGAsYHQ/s16000/cara%2Bmembuat%2Bgaris%2Bdi%2Bexcel%2B2%2Bwatermark.png” alt=”Gambar 3″ title=”Gambar 3″] 5. Untuk mengatur ukuran dan posisi, kita bisa klik pada gambar gunting dan gunakan handle yang ada pada setiap sudut untuk memperbesar atau memperkecil ukuran. Kita juga bisa mengubah posisi gambar gunting dengan cara menggeser gambar tersebut ke posisi yang diinginkan.

6. Setelah selesai membuat gambar gunting, kita bisa tambahkan teks dengan cara klik pada workspace Excel dan tulis teks yang diinginkan. Kita juga bisa mengubah warna dan style teks dengan menggunakan fitur Text Box yang ada pada grup Text pada Ribbon Insert.

7. Terakhir, kita bisa simpan file Excel tersebut atau membagikannya ke orang lain. Dengan tambahan gambar gunting, tampilan presentasi atau laporan kita tentu akan lebih menarik dan mudah dipahami.

FAQ

1. Apakah bisa membuat gambar gunting dengan bentuk yang lebih bervariasi selain bentuk dasar yang ada pada Shapes?

Jawaban: Ya, bisa. Ada beberapa cara dalam membuat gambar gunting yang lebih variatif di Excel. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Edit Shape yang ada pada Ribbon Format. Kita bisa mengklik pada gambar gunting yang sudah dibuat, kemudian pilih Edit Shape dan pilih salah satu opsi untuk mengubah bentuk gambar tersebut.

2. Apakah fitur shapes hanya tersedia pada Excel atau juga ada pada aplikasi Office lainnya?

Jawaban: Fitur Shapes memang tersedia pada aplikasi Office, namun tampilannya dan penggunaannya mungkin sedikit berbeda antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Contohnya pada Word, fitur Shapes juga tersedia pada Ribbon Insert, namun lebih terfokus pada pembuatan flowchart dan diagram.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara membuat gambar gunting di Excel dengan menggunakan fitur Shapes yang tersedia pada Ribbon Insert. Selain bentuk dasar, kita juga bisa membuat gambar gunting yang lebih variatif dengan fitur Edit Shape yang ada pada Ribbon Format. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu pada pengguna Excel yang sedang memerlukan tambahan elemen visual pada presentasi atau laporan.

Baca Juga :  CARA MEMBERI PASSWORD PADA FILE EXCEL