Cara Membuat Gambar Di Balik Tulisan Excel

Pada artikel Pilar kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat gambar dan tulisan yang menarik di aplikasi Microsoft Word dan Excel. Kedua aplikasi ini sangat penting dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, terutama bagi para pelajar dan pekerja kantoran. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat gambar sejajar di Word, cara membuat garis tengah pada tulisan di Excel, serta cara membuat tulisan miring, vertikal, dan terbalik di Excel.

Pertama-tama, kita akan membahas cara membuat gambar sejajar di Word. Membuat gambar sejajar sangat penting untuk memperindah tampilan dokumen yang kita buat di Word. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, buka dokumen di Word dan pilih gambar yang ingin diatur sejajar.
2. Klik kanan pada gambar tersebut dan pilih “Format Gambar”.
3. Pilih tab “Pertataan” dan klik opsi “Tata Letak Inline dengan Teks”.
4. Klik tombol “Posisi Gambar” dan pilih opsi “Atas atau Bawah Teks”.
5. Setelah itu, klik tombol “Tata Letak”, dan pilih opsi “Sejajar Kiri” atau “Sejajar Kanan” tergantung dari posisi letak gambar di dokumen.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, gambar akan berada dalam posisi yang sejajar dengan teksnya, membuat dokumen kita menjadi lebih rapi dan profesional.

Selanjutnya, kita akan membahas cara membuat garis tengah pada tulisan di Excel. Garis tengah sangat berguna untuk mencetak angka atau kata yang sangat penting agar lebih menonjol dan mudah dibaca. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tulislah kata atau angka yang ingin dicetak dengan garis tengah di sel Excel.
2. Klik pada sel yang telah ditulis dengan kata atau angka tersebut.
3. Klik tab “Beranda” pada ribbon Excel.
4. Klik pada ikon “Format Sel”, kemudian klik pada tab “Garis Bawah”.
5. Pilih opsi “Garis Tengah” untuk memilih jenis garis yang diinginkan.
6. Klik “OK” untuk menyelesaikan tampilan garis tengah pada sel Excel.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda telah berhasil membuat tulisan dengan garis tengah pada Excel. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam pembuatan catatan keuangan, penetapan anggaran, dan lain sebagainya di Excel.

Selanjutnya, kita akan membahas cara membuat tulisan miring, vertikal, dan terbalik di Excel. Tidak semua fungsi teks di Excel berada dalam posisi horizontal dan baku. Ada beberapa situasi di mana kita perlu mengatur teks agar lebih menarik dan mudah dibaca, seperti membuat laporan atau tabel data. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tulis kata atau angka yang ingin diatur dalam sel Excel.
2. Klik pada sel yang telah ditulis dengan kata atau angka tersebut.
3. Gunakan keyboard untuk mengindikasikan bentuk tulisan. Untuk membuat tulisan miring, tekan “Ctrl” + “miring” + “F”, untuk membuat tulisan vertikal, tekan “Ctrl” + “miring” + “L” atau “R”, dan untuk membuat tulisan terbalik, tekan “Ctrl” + “miring” + “S”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat tulisan miring, vertikal, dan terbalik di Excel untuk membuat tampilan yang lebih menarik dan informatif.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah ada cara lain untuk membuat gambar sejajar di Word selain dengan mengikuti langkah-langkah di atas?

Jawaban: Ya. Selain dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda juga dapat membuat gambar sejajar di Word dengan cara mengatur margin dokumen dan menempatkan gambar di area margin tersebut. Namun, cara ini memerlukan penyesuaian lebih lanjut dan harus dilakukan dengan hati-hati agar tampilan dokumen tidak terganggu.

Baca Juga :  Cara Menghitung Melalu Excel

Pertanyaan 2: Apakah semua jenis tulisan dalam Excel dapat diatur menjadi miring, vertikal, dan terbalik?

Jawaban: Tidak semua jenis tulisan dalam Excel dapat diatur dalam bentuk yang tidak baku. Beberapa jenis tulisan, seperti angka, hanya dapat ditampilkan dalam bentuk horizontal. Namun, jenis tulisan seperti teks atau simbol dapat diatur dalam bentuk miring, vertikal, dan terbalik untuk membuat tampilan yang lebih menarik dan informatif.

Untuk lebih memudahkan dalam pembuatan gambar dan tulisan yang menarik di Word dan Excel, Anda juga dapat melihat tutorial-tutorial di YouTube. Berikut ini adalah salah satu contoh video yang dapat membantu Anda dalam pembuatan gambar dan tulisan yang menarik di Excel:

(Include video Youtube)