Excel adalah salah satu program yang sering digunakan dalam dunia perkantoran maupun bisnis. Namun, tidak semua orang menguasai Excel dengan baik dan pada akhirnya membuat kesalahan saat mengedit dokumen Excel. Satu dari beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah sulitnya menavigasi antara sheet dan file yang berbeda. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat link antar sheet dan file di Excel dengan mudah.
Membuat Hyperlink Antar File dan Sheet di Microsoft Excel
Selama ini, kita sering mengakses data yang ada dalam worksheet dalam satu buah file. Namun, pada saat yang berbeda kita harus menggunakan beberapa buah worksheet dalam satu file yang berbeda pula. Bagaimana cara membuat hyperlink antar file dan sheet di Microsoft Excel?
Berikut adalah tahapan-tahapan yang dapat Anda ikuti:
1. Buka file Excel yang ingin disambungkan kolom/kolom dan Baris/Baris
Pertama-tama, buka file Excel yang ingin disambungkan kolom/kolom dan baris/baris. Kemudian, lakukan pemformatan yang diinginkan terlebih dahulu di kolom atau baris tersebut agar nanti mudah teridentifikasi.
2. Pilih sel di mana Anda ingin menempatkan hyperlink
Selanjutnya, pilih sel di mana Anda ingin menempatkan hyperlink. Misalnya, Anda ingin menempatkan hyperlink di sel A1.
Klik kanan pada sel tersebut dan pilih “Hyperlink” di menu pop-up. Anda juga dapat menggunakan shortcut Ctrl + K pada keyboard.
4. Pilih “Place in This Document” untuk sheet atau “Existing File or Web Page” untuk file yang berbeda
Jendela “Insert Hyperlink” akan terbuka. Pilih “Place in This Document” untuk sheet atau “Existing File or Web Page” untuk file yang berbeda. Jika Anda memilih untuk menautkan ke sheet, pilih sheet yang akan ditautkan dari daftar yang ditampilkan.
5. Pilih cell yang ingin ditautkan
Lalu, pilih cell yang ingin ditautkan. Pastikan Anda memilih cell yang tepat agar hyperlink dapat bekerja dengan baik.
6. Klik “OK”
Setelah memilih cell yang ingin ditautkan, klik “OK”. Hyperlink sekarang telah ditambahkan ke sel yang dipilih.
Cara Membuat Fungsi Excel Untuk Connecting Antar Sheet
Dalam Excel, kita juga sering membutuhkan fitur menyambungkan antar sheet. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin membuat formula untuk menghitung data yang telah disebarkan di berbagai sheet. Berikut adalah cara membuat fungsi Excel untuk connecting antar sheet:
1. Masuk ke sheet yang ingin mendapatkan data
Pertama-tama, masuk ke sheet yang ingin mendapatkan data. Misalnya, Anda ingin menghitung jumlah uang yang telah diinvestasikan ke dalam tiga jenis aset berbeda dalam beberapa bulan terakhir.
2. Ketik formula “=SUM(“
Ketik formula “=SUM(“
3. Klik pada sheet yang mengandung data yang ingin dihitung
Selanjutnya, klik pada sheet yang mengandung data yang ingin dihitung. Pindah ke sheet yang berisi data dalam bentuk tabel sehingga Anda dapat membaca baris dan kolom yang sesuai.
4. Pilih data yang akan dihitung
Pilih data yang akan dihitung. Misalnya, data uang yang diinvestasikan dalam jenis aset pertama. Tekan tombol Ctrl dan tahan saat Anda memilih semua sel yang sesuai dengan data tersebut. Lalu, input semicolon (;) dan kembali ke sheet asli.
5. Pilih data lainnya yang ingin dihitung dan pilih tombol enter
Pilih data lainnya yang ingin dihitung dan pilih tombol enter. Misalnya, Anda akan menghitung data uang yang diinvestasikan dalam jenis aset kedua dan aset ketiga. Input semicolon (;) untuk membuat Argumen apart. Setelah memasukkan semua data, tekan tombol enter. Hasil dari formula Anda akan segera muncul.
FAQ
1. Apa arti hyperlink dalam Excel?
Hyperlink dalam Excel adalah tombol yang dapat digunakan untuk membuka file atau sheet lain, atau mengakses URL atau file media lainnya.
2. Bisakah saya membuat hyperlink ke lebih dari satu sheet?
Ya. Anda dapat membuat beberapa hyperlink untuk sheet yang berbeda dalam file yang sama.
Video Tutorial – Membuat Hyperlink Antar File dan Sheet di Microsoft Excel
Sekarang Anda telah belajar cara membuat hyperlink antar file dan sheet di Microsoft Excel, serta cara membuat fungsi Excel untuk connecting antar sheet. Dengan melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghemat waktu dan mencegah kesalahan dalam pengeditan dokumen Excel. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain mengenai penggunaan Microsoft Excel? Jangan ragu untuk menanyakan dan berkonsultasi dengan ahli di bidang ini.