Cara Membuat Fundraiser Sheet Di Excel

Setiap penggalangan dana acara, aktivitas sosial atau kegiatan amal lainnya memerlukan perencanaan yang matang agar dapat mencapai target yang diinginkan. Salah satu peralatan yang dapat membantu dalam proses perencanaan adalah spreadsheet Excel. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat lembaran penggalangan dana menggunakan Excel, beserta beberapa contoh template yang dapat digunakan sebagai acuan.

Gambar 1: Fundraising Spreadsheet Excel

Cara Membuat Fundraiser Sheet Di Excel

Di atas adalah contoh dari lembar penggalangan dana yang dapat dibuat menggunakan Excel. Lembar ini membantu dalam mengatur dan mencatat berbagai donasi dan kontribusi yang diterima dari para peserta. Adapun langkah-langkah untuk membuat lembar penggalangan dana Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Excel, lalu buat lembar baru dengan mengklik FileNewBlank workbook.
  2. Buat judul di bagian atas lembar. Misalnya: “Penggalangan Dana 2021”.
  3. Buat baris untuk mendaftar nama-nama orang atau tim yang terlibat dalam penggalangan dana.
  4. Buat kolom untuk mencantumkan jumlah donasi dan kontribusi yang diterima dari masing-masing peserta atau tim.
  5. Tambahkan rumus di bagian bawah kolom jumlah donasi untuk menghitung total dari seluruh donasi yang terkumpul.
  6. Buat grafik atau diagram untuk mengilustrasikan perkembangan penggalangan dana selama periode tertentu. Misalnya, grafik batang atau diagram lingkaran.

Gambar 2: Fundraiser Order Form Templates

Gambar 2: Fundraiser Order Form Templates

Selain itu, kita juga dapat membuat formulir pemesanan untuk menerima donasi dari para donatur. Adapun langkah-langkah untuk membuat formulir pemesanan penggalangan dana adalah sebagai berikut:

  1. Buat judul formulir, misalnya: “Formulir Pemesanan Penggalangan Dana”.
  2. Tambahkan logo atau gambar yang berkaitan dengan penggalangan dana tersebut.
  3. Buat format tabel untuk mencantumkan berbagai jenis donasi yang dapat dipesan oleh donatur. Misalnya, jenis donasi, harga, jumlah, total.
  4. Tambahkan bagian “Informasi Kontak” untuk meminta donatur untuk mengisi informasi kontak mereka, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email.
  5. Tambahkan bagian “Metode Pembayaran”, termasuk opsi pembayaran seperti transfer bank atau pembayaran langsung di tempat.
  6. Cetak formulir tersebut, atau konversi ke bentuk yang dapat dibaca secara digital, seperti PDF, untuk dapat dibagikan secara online.

Gambar 3: Fundraising Template Excel

Gambar 3: Fundraising Template Excel

Di atas adalah contoh lain dari lembar spreadsheet penggalangan dana yang dapat digunakan di Excel. Template ini mencantumkan lebih banyak detail tentang jumlah pemilik donasi dan kontribusi yang berbeda, termasuk informasi tentang penggunaan dan pengaturan dana. Langkah-langkah untuk membuat lembar penggalangan dana seperti ini adalah sebagai berikut:

  1. Buat judul di bagian atas lembar.
  2. Buat tabel untuk mencantumkan daftar orang atau tim yang terlibat dalam penggalangan dana.
  3. Tambahkan kolom untuk menuliskan jumlah donasi yang diterima dari masing-masing individu atau tim.
  4. Buat rumus di bagian bawah kolom jumlah donasi untuk menghitung total dari seluruh donasi dan kontribusi yang terkumpul.
  5. Buat bagian terpisah untuk mencatat informasi tentang penggunaan dana, termasuk pengeluaran dan donasi ke organisasi yang dapat menerima donasi dari penggalangan dana tersebut.
  6. Tambahkan bagian “Tanggal Terakhir Penerimaan Donasi” untuk memastikan bahwa semua donasi diterima dan dihitung sebelum penggalangan dana berakhir.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah Excel satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk membuat lembar penggalangan dana?

Jawaban: Tidak. Ada juga alat seperti Google Sheets, Apple Numbers, dan Zoho Sheet yang dapat digunakan untuk membuat lembar penggalangan dana. Pada dasarnya, setiap spreadsheet program yang membeirkan fungsi penghitungan dan visualisasi data dapat digunakan untuk membuat lembar penggalangan dana.

Baca Juga :  Cara Menghitung Perbedaan Urutan Huruf Excel

Pertanyaan 2: Apa yang harus dilakukan jika ada masalah dengan donasi atau kontribusi yang diterima selama penggalangan dana?

Jawaban: Jika ada masalah dengan donasi atau kontribusi yang diterima selama penggalangan dana, sebaiknya segera berkomunikasi dengan pihak donatur dan mencoba menemukan solusi yang saling menguntungkan. Jangan pernah mengabaikan masalah ini, karena dapat mempengaruhi reputasi dan integritas acara penggalangan dana tersebut.

Itulah beberapa contoh dari template Excel yang dapat digunakan untuk membuat lembar penggalangan dana. Dalam memilih template yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan Anda, serta sumber daya yang tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menjalankan penggalangan dana yang efektif dan efisien.