CARA MEMBUAT FREEZE PANES DI EXCEL

Cara Membuat Freeze Panes di Excel

Excel merupakan program pengolah data elektronik yang cukup populer di dunia bisnis. Tapi seringkali, saat kita bekerja dengan lembar kerja Excel yang panjang, bagian header atau judul yang penting seringkali tidak terlihat karena kita harus scroll ke bawah. Untuk mengatasi masalah ini, Excel memiliki fitur Freeze Panes yang memungkinkan kita untuk mematikan scroll pada bagian tertentu di lembar kerja Excel.

Cara Mengunci Baris atau Kolom Excel Agar Ikut Kebawah Saat di Scroll

Mengunci baris atau kolom di Excel memungkinkan Anda membuat baris atau kolom tertentu tetap terlihat saat Anda scroll ke bawah atau ke samping. Anda dapat mengunci baris ataupun kolom yang berisi judul, sehingga ketika Anda bekerja dengan data yang cukup panjang, judul tersebut tetap terlihat dan mudah diakses.

Cara Freeze Excel Lebih dari Satu Kolom

Jika Anda ingin mengunci lebih dari satu kolom di Excel, caranya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, pilih sel di atas kolom pertama yang ingin Anda kunci. Misalnya, jika Anda ingin mengunci kolom A, B, dan C, maka pilih sel di atas kolom A.
  2. Klik pada tab View di menu bar. Lalu pilih opsi Freeze Panes dan pilih opsi Freeze Panes lagi. Dengan begitu, baris terpilih tetap terlihat saat Anda scroll ke bawah.
  3. Pindahkan kursor ke kanan kolom yang ingin Anda kunci dan klik kanan. Pilih opsi Freeze Panes dan pilih opsi Freeze Panes lagi.

Cara Buat Freeze Panes di Excel

Selain melalui menu bar, Anda juga dapat membuka opsi Freeze Panes melalui toolbar Freeze Panes yang terletak di bagian kanan bawah layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih cel di atas atau di sebelah kiri data yang ingin Anda kunci.
  2. Klik pada ikon Freeze Panes pada toolbar Freeze Panes.
  3. Anda juga dapat memilih opsi Freeze Top Row atau Freeze First Column untuk mengunci hanya baris atas atau kolom pertama saja.

Cara Membuat Baris dan Kolom Tidak Bergerak Di Excel (Freeze Panes)

Untuk mengunci baris atau kolom di Excel, langkah-langkahnya cukup mudah. Berikut adalah contohnya:

  1. Pilih sel di atas atau di sebelah kiri data yang ingin Anda kunci.
  2. Buka opsi menu View di menu bar.
  3. Pilih opsi Freeze Panes dan pilih opsi Freeze Panes lagi. Dengan begitu, baris terpilih tetap terlihat saat Anda scroll ke bawah atau ke samping.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Freeze Panes di Excel dan fungsi utamanya?

Freeze Panes di Excel adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mematikan scroll pada bagian tertentu di lembar kerja Excel. Fungsinya adalah untuk mengunci baris atau kolom tertentu yang berisi judul atau informasi penting, sehingga saat kita bekerja dengan lembar kerja Excel yang panjang, bagian tersebut tetap terlihat dan mudah diakses.

Baca Juga :  cara membuat konversi excel huruf Huruf membuat excel otomatis cepat

2. Apa saja pengaturan yang dapat dilakukan pada fitur Freeze Panes di Excel?

Fitur Freeze Panes di Excel memiliki beberapa pengaturan atau opsi, di antaranya:

  • Freeze Top Row: mengunci baris pertama di lembar kerja Excel.
  • Freeze First Column: mengunci kolom pertama di lembar kerja Excel.
  • Freeze Panes: mengunci sel tertentu, baik baris maupun kolom, di lembar kerja Excel.

Vide Tutorial Cara Freeze Panes di Excel Lebih dari Satu Kolom

Dalam video tutorial ini, kita akan belajar cara mengunci lebih dari satu kolom di Excel dengan menggunakan fitur Freeze Panes. Langkah-langkahnya cukup mudah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba!