CARA MEMBUAT FOTO DI EXCEL

Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data yang banyak digunakan di seluruh dunia. Keunggulan Excel terletak pada kemampuannya dalam melakukan perhitungan matematika, analisis statistik, pembuatan grafik, serta organize and analyze data. Selain itu, dengan kemampuan yang dimilikinya, Excel juga sering digunakan untuk membuat laporan keuangan, jadwal kerja, serta menyusun anggaran. Bagi anda yang sering bekerja menggunakan Microsoft Excel, pasti terkadang akan merasa bosan dengan tampilan yang kurang menarik seperti gambar di bawah ini.

CARA MEMBUAT FOTO DI EXCEL

Cara Mudah Membuat Titik Dua Sejajar di Ms Excel

Untuk memperindah tampilan pada excel, salah satunya dengan cara menambahkan tanda titik dua menjadi sejajar. Biasanya titik dua ini digunakan untuk memulai kolom kode atau menjelaskan nama tabel. Berikut cara mudah membuat titik dua sejajar di Ms. Excel :

  1. Buka aplikasi Ms. Excel dan aktifkan Sheet yang akan digunakan.
  2. Pada baris ke-1, ketiklah semua judul yang akan digunakan.
  3. Pilihlah seluruh kolom yang ingin digunakan, klik kanan kemudian pilih Format Cells.
  4. Muncul window Format Cells, pilih tab Border.
  5. Pada bagian Presets, klik salah satu garis lalu klik Ok. (dimasukkan ke dalam kotak yang diinginkan).
  6. Jangan lupa untuk klik tombol ‘Set As Default’ agar setting border defaultnya berubah
  7. Titik dua sejajar sudah terbuat dan judul pada sheet excel menjadi lebih rapi dan mudah dipahami

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, tampilan Ms. Excel anda menjadi lebih rapi dan mudah dipahami.

Baca Juga :  Cara Membuat Kartu Ujian Semester Dengan Excel

Cara Membuat Watermark di Excel: Tulisan dan Logo

Selain menambahkan tanda titik dua, anda juga dapat membuat watermark di Ms. Excel dengan menambahkan logo atau tulisan di background Worksheet. Watermark pada Ms. Excel ini berguna untuk memberikan informasi tambahan pada lembar kerja, seperti nama perusahaan, nama worksheet, tahun atau bulan.

  1. Buka aplikasi Ms. Excel dan aktifkan sheet yang akan digunakan.
  2. Pada Ribbon Insert, pilih Shapes dan pilih gambar WaterMark yang diinginkan.
  3. Arahkan mouse di lembar kerja excel pada area Worksheet.
  4. Letakkan gambar WaterMark dibelakang teks-data pada worksheet ini agar watermaker terlihat jelas dan jangan lupa dikunci agar tidak berubah.
  5. Setelah penempatan selesai, tekan CTRL + G untuk mengelompokkan gambar dan jangan lupa menyimpan.

Dan anda sukses menambahkan watermark di Ms. Excel, cukup mudah bukan?

FAQ

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah software pengolah data yang digunakan untuk memudahkan perhitungan matematika, analisis statistik, pembuatan grafik, serta organize and analyze data dengan berbagai fitur yang disediakan.

2. Apa saja kegunaan dari Microsoft Excel?

Microsoft Excel sering digunakan untuk membuat laporan keuangan, jadwal kerja, serta menyusun anggaran. Selain itu, Excel juga berguna untuk memproses data karyawan, data keuangan, data penjualan, data pelanggan, dan lain-lain yang membutuhkan pengolahan data.