CARA MEMBUAT FORM PENCARIAN DI EXCEL





Cara Membuat Form Pencarian Data Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan di berbagai bidang, terutama di dunia bisnis dan keuangan. Salah satu fitur unggulan di Excel adalah kemampuan untuk melakukan pencarian data dengan cepat menggunakan form pencarian. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat form pencarian data di Excel dengan mudah.

Membuat Form Pencarian Data Di Excel

CARA MEMBUAT FORM PENCARIAN DI EXCEL

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat tabel data. Untuk keperluan tutorial ini, akan dibuat sebuah tabel data sederhana dengan dua kolom, yaitu “Nama” dan “Nomor Telepon”.

tabel data excel

Selanjutnya, buatlah sebuah form pencarian dengan menggunakan kontrol Combo Box. Klik kanan pada worksheet dan pilih “Developer” > “Insert” > “ComboBox”.

combo box excel

Pada jendela “Combo Box Properties”, pilih “ListFillRange” dan tentukan range data pada tabel yang ingin dijadikan sebagai pilihan pencarian. Pada contoh ini, range data berada di kolom A1 sampai B6.

Selanjutnya, buatlah sebuah tombol “Search” yang akan digunakan untuk memulai pencarian data. Klik kanan pada worksheet dan pilih “Developer” > “Insert” > “Button”.

Setelah tombol “Search” terbuat, klik kanan tombol tersebut dan pilih “Assign Macro”. Buat sebuah macro dengan mengklik tombol “New”. Berikan nama pada macro tersebut dan klik “OK”.

Selanjutnya, masukkan kode VBA berikut:

Private Sub CommandButton1_Click()
Dim findValue As String
Dim searchRange As Range

Set searchRange = Range("A2:B6")
findValue = ComboBox1.Value

If findValue <> "" Then
    With searchRange
        Set c = .Find(findValue, LookIn:=xlValues)
        If Not c Is Nothing Then
            firstAddress = c.Address
            Do
                MsgBox "Nomor Telepon: " & c.Offset(0, 1).Value
                Set c = .FindNext(c)
            Loop While Not c Is Nothing And c.Address <> firstAddress
        Else
            MsgBox findValue & " tidak ditemukan."
        End If
    End With
Else
    MsgBox "Silakan pilih nama yang ingin dicari."
End If
End Sub
	

Simpanlah macro tersebut dan kembali ke worksheet. Klik pada tombol “Design Mode” agar worksheet dapat diedit.

Baca Juga :  CARA MENULIS TANDA STRIP DI EXCEL

Setelah mode design aktif, atur tampilan dari form pencarian sesuai dengan keinginan. Misalnya, ubah ukuran dan posisi kontrol Combo Box dan tombol “Search”.

Setelah selesai, klik tombol “Search” untuk mencari data yang diinginkan. Jika data ditemukan, maka nomor telepon yang bersesuaian dengan nama yang dicari akan muncul dalam sebuah dialog box.

Cara Tercepat Input

form input excel

Selain membuat form pencarian, Excel juga dapat digunakan untuk mempermudah proses input data menggunakan control toolbox. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat form input data di Excel:

  1. Buatlah sebuah tabel data seperti pada contoh sebelumnya.
  2. Klik kanan pada worksheet dan pilih “Developer” > “Insert” > “UserForm”.
  3. Pada jendela UserForm Properties, atur ukuran dan posisi dari form sesuai dengan keinginan. Misalnya, set ukuran menjadi 400 x 300 dan posisi pada tengah (Center).
  4. Pada jendela toolbox, klik “Label” dan tarik ke form UserForm. Ubahlah label tersebut menjadi “Nama”.
  5. Klik “TextBox” dan tarik ke form UserForm. Satukan TextBox dengan Label “Nama”.
  6. Lakukan langkah yang sama untuk membuat TextBox “Nomor Telepon” dan tombol “Save”.
  7. Klik kanan tombol “Save” dan pilih “View Code”.
  8. Buatlah sebuah macro dan masukkan kode VBA untuk menyimpan data yang diinput ke dalam tabel data di worksheet yang bersesuaian.
  9. Private Sub CommandButton1_Click()
    Dim lastRow As Long
    Dim ws As Worksheet
    
    Set ws = ThisWorkbook.Sheets("Sheet1")
    
    lastRow = ws.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row + 1
    
    ws.Cells(lastRow, 1) = Me.TextBox1.Value
    ws.Cells(lastRow, 2) = Me.TextBox2.Value
    
    MsgBox "Data berhasil disimpan."
    
    Me.TextBox1.Value = ""
    Me.TextBox2.Value = ""
    
    End Sub
    		

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar membuat form pencarian data di Excel:

1. Apakah form pencarian di Excel dapat digunakan untuk mencari data di beberapa worksheet sekaligus?

Tidak, form pencarian di Excel hanya dapat digunakan untuk mencari data pada worksheet aktif saja.

Baca Juga :  CARA EXPORT DATA DARI CSPRO KE EXCEL

2. Apa yang harus dilakukan jika data tidak ditemukan saat melakukan pencarian?

Jika data tidak ditemukan saat melakukan pencarian, maka akan muncul pesan error yang mengindikasikan bahwa data yang dicari tidak ditemukan. Anda dapat memastikan bahwa nama yang diinput telah benar dan sesuai dengan data yang ada.