CARA MEMBUAT FOOTNOTE DI EXCEL

Pernahkah Anda menemukan sebuah karya tulis yang memiliki footnote? Mungkin Anda pernah, tapi tidak benar-benar tahu apa itu dan apa fungsinya. Nah, pada artikel pilar kali ini, kita akan membahas mengenai footnote dan bagaimana cara untuk membuatnya.

Apa itu Footnote?
Footnote adalah informasi yang diletakkan pada bagian bawah halaman yang berkaitan dengan kutipan dari sumber tertentu yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Informasi yang disajikan dalam footnote dapat berupa informasi tambahan, penjelasan, atau bahkan sumber kutipan tersebut.

Pada umumnya, petunjuk kutipan atau footnote diletakkan pada bagian akhir dokumen atau pada halaman khusus yang disebut dengan halaman sumber. Namun, dalam beberapa karya tulis, footnote juga dapat diletakkan pada bagian bawah halaman yang berisi teks utama.

Fungsi Footnote
Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh sebuah footnote dalam sebuah karya tulis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan informasi tambahan
Footnote dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan yang tidak terdapat pada teks utama dalam sebuah karya tulis. Informasi tambahan ini dapat berupa penjelasan, catatan, atau bahkan referensi lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

2. Memberikan sumber kutipan
Footnote juga digunakan untuk memberikan informasi sumber kutipan yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Dengan adanya sumber kutipan yang tertera pada footnote, pembaca dapat mengetahui dari mana kutipan tersebut diambil dan merujuk pada sumber tersebut jika ingin lebih memahami topik yang dibahas.

3. Menghindari plagiarisme
Dalam dunia akademik, plagiarisme atau penjiplakan merupakan tindakan yang sangat tidak diperbolehkan. Dengan menggunakan footnote, penulis dapat memberikan sumber kutipan yang digunakan sehingga tidak terjadi penjiplakan dalam karya tulis yang dibuat.

Baca Juga :  CARA BUAT PASSWORD FILE WORD EXCEL

Cara Membuat Footnote di Word
Setelah mengetahui apa itu footnote dan fungsinya, kini saatnya untuk mempelajari bagaimana cara membuat footnote di Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih bagian teks yang akan diberikan footnote
2. Klik pada menu “References”
3. Klik pada tombol “Insert Footnote”
4. Secara otomatis, sebuah nomor akan terletak pada bagian bawah halaman yang berhubungan dengan kutipan tersebut
5. Tuliskan informasi tambahan atau sumber kutipan pada bagian bawah halaman tersebut

Cara Mengubah Format Footnote di Word
Selain mengikuti format standar dari footnote, kita juga dapat mengubah format dari footnote tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik pada menu “References”
2. Klik pada tombol “Footnote and Endnote”
3. Pilih format yang diinginkan pada bagian “Format”

Selain cara membuat dan mengubah format dari footnote di Microsoft Word, terdapat juga software khusus untuk membuat footnote seperti Zotero dan Mendeley. Dengan menggunakan software ini, pengelolaan sumber kutipan dan footnote akan lebih mudah dilakukan.

FAQ

1. Apakah setiap karya tulis harus menggunakan footnote?
Tidak selalu, penggunaan footnote sebagai informasi tambahan atau sumber kutipan di dalam karya tulis tidaklah wajib. Namun, bagi karya tulis yang memerlukan informasi tambahan dan sumber kutipan yang jelas, penggunaan footnote sangatlah dianjurkan.

2. Apakah penggunaan footnote dapat meningkatkan kualitas sebuah karya tulis?
Tentu saja, penggunaan footnote dapat meningkatkan kualitas sebuah karya tulis karena dengan adanya informasi tambahan atau sumber kutipan yang jelas, pembaca dapat lebih memahami topik yang dibahas dan menilai karya tulis tersebut dengan lebih akurat.

Include Video Youtube
Berikut adalah video tutorial mengenai cara membuat footnote di Microsoft Word:
Youtube(https://www.youtube.com/watch?v=_-F5LjNPqXg)

Baca Juga :  Cara Menginput Data Di Excel Melalui Fill Handle

Kesimpulan
Footnote merupakan informasi yang diletakkan pada bagian bawah halaman yang berkaitan dengan kutipan dari sumber tertentu yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh sebuah footnote dalam sebuah karya tulis, diantaranya adalah memberikan informasi tambahan, memberikan sumber kutipan, dan menghindari plagiarisme.

Untuk membuat footnote di Microsoft Word, cukup mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain Microsoft Word, terdapat juga software khusus untuk membuat footnote seperti Zotero dan Mendeley yang dapat memudahkan pengelolaan sumber kutipan dan footnote.

Penggunaan footnote dalam sebuah karya tulis dapat meningkatkan kualitas karya tulis tersebut karena dengan adanya informasi tambahan atau sumber kutipan yang jelas, pembaca dapat lebih memahami topik yang dibahas dan menilai karya tulis tersebut dengan lebih akurat.