CARA MEMBUAT FILTER DI KOLOM EXCEL

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara menggunakan fitur autofilter atau filter pada Microsoft Excel untuk menampilkan data tertentu. Secara umum, filter digunakan untuk memfilter atau menyaring data agar hanya menampilkan data yang diinginkan, sehingga mempermudah dalam analisis data. Selain itu, filter juga memungkinkan kita untuk menghitung jumlah data yang di-filter atau menggabungkan data yang di-filter. Pada artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah untuk menggunakan fitur autofilter pada Microsoft Excel beserta contoh pengaplikasiannya.

Cara Menampilkan Data Tertentu dengan Fitur Autofilter pada Microsoft Excel

Pertama, buka file Excel yang berisi data yang akan di-filter. Selanjutnya, pilih seluruh data dengan menekan tombol Ctrl + A. Kemudian, klik tombol Filter pada tab Data di menu bar Excel atau tekan tombol Ctrl + Shift + L pada keyboard.

1. Filter Berdasarkan Nilai
Setelah muncul menu filter, kita dapat memilih salah satu kolom yang akan di-filter dengan mengeklik panah kecil pada kolom tersebut. Misalnya, pada contoh ini kita akan menggunakan kolom produk. Klik panah kecil pada kolom produk, kemudian pilih salah satu produk yang ingin kita tampilkan. Pada contoh ini, kita akan menampilkan produk A.

[IMG1]

Setelah memilih produk yang ingin ditampilkan, klik OK. Data pada tabel akan berubah dan hanya menampilkan produk A.

[IMG2]

Kita juga dapat memfilter data lebih dari satu nilai. Caranya, klik tombol Filter pada kolom produk kembali, kemudian centang produk yang ingin ditampilkan. Misalnya, pada contoh ini kita akan menampilkan produk A dan produk B. Klik OK untuk menampilkan data yang di-filter.

[IMG3]

Kita juga dapat menggunakan fitur filter untuk menampilkan data yang bukan merupakan suatu nilai tertentu. Caranya, klik tombol Filter pada kolom produk, kemudian pilih salah satu operator seperti “tidak sama dengan” atau “lebih besar dari”. Misalnya, pada contoh ini kita akan menampilkan semua produk kecuali produk A. Pilih operator “tidak sama dengan”, kemudian masukkan nilai “A” pada kotak yang tersedia. Klik OK untuk menampilkan data yang di-filter.

Baca Juga :  CARA CLEANING DATA DI EXCEL
[IMG4]

2. Filter Berdasarkan Tanggal
Selain memfilter data berdasarkan nilai, filter juga dapat digunakan untuk memfilter data berdasarkan tanggal. Caranya, klik tombol Filter pada kolom tanggal. Kemudian, pilih salah satu filter seperti “lebih besar dari”, “kurang dari”, atau “antara”. Misalnya, pada contoh ini kita akan menampilkan data yang tanggalnya antara 10 April 2022 dan 31 Mei 2022. Pilih filter “antara”, kemudian masukkan tanggal awal dan tanggal akhir pada kotak yang tersedia. Klik OK untuk menampilkan data yang di-filter.

[IMG5]

3. Menghitung Jumlah Data yang Di-filter
Selain menampilkan data yang di-filter, kita juga bisa menghitung jumlah data yang di-filter. Caranya, setelah mem-filter data, pilih salah satu sel dalam kolom yang di-filter. Kemudian, lihat pada bagian bawah layar Excel. Disana akan muncul jumlah data yang di-filter dan jumlah data total untuk kolom tersebut.

[IMG6]

4. Menggabungkan Data yang Di-filter
Selain menghitung jumlah data yang di-filter, kita juga bisa menggabungkan data yang di-filter. Caranya, setelah mem-filter data, pilih sel kosong yang ingin kita gunakan untuk menyimpan hasil penggabungan data. Kemudian, ketik fungsi CONCAT atau “&” pada sel tersebut, diikuti dengan kolom yang ingin digabungkan. Misalnya, pada contoh ini kita ingin menggabungkan kolom produk dan jumlah. Ketik fungsi CONCAT atau “&” pada sel E14, lalu ikuti dengan sel B2 dan C2. Hasilnya, akan muncul gabungan data antara kolom produk dan jumlah untuk data yang di-filter.

[IMG7]

FAQ

1. Apa bedanya antara filter pada Microsoft Excel dan filter pada SQL?
Filter pada Microsoft Excel dan filter pada SQL (Structured Query Language) memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring data yang diinginkan. Namun, filter pada SQL lebih kompleks dan fleksibel serta dapat menentukan lebih banyak kriteria untuk menjalankan filter. Sedangkan pada Microsoft Excel, filter hanya dapat menampilkan data dengan kriteria tertentu, namun fitur-fitur yang disediakan juga lebih mudah digunakan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Jumlah Tabel Di Excel

2. Apakah filter pada Microsoft Excel dapat digunakan pada seluruh lembar kerja?
Filter pada Microsoft Excel dapat digunakan pada seluruh lembar kerja dengan syarat kolom yang ingin di-filter harus kontinu (tidak ada celah kosong). Selain itu, lembar kerja tersebut juga harus berisi data yang dapat di-filter.