Cara Membuat Feasibility Study Excel

Feasibility Study Excel adalah salah satu jenis laporan yang sering digunakan oleh pengusaha untuk menilai apakah suatu proyek atau usaha layak untuk dilanjutkan atau tidak. Dalam pelaksanaannya, Feasibility Study Excel dilakukan dengan membahas tentang analisis ekonomi, keuangan, hukum dan manajemen. Selain itu, Feasibility Study Excel juga memberi tahu tentang profil pasar dalam hal produk atau jasa yang dihasilkan dan target pasar yang akan dilayani.

Membuat Feasibility Study Excel

Bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis baru, membuat Feasibility Study Excel sangat penting. Dokumen ini nantinya akan membantu Anda mengetahui dan memperkirakan keuntungan dan kerugian dalam bisnis yang akan dijalankan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Feasibility Study Excel:

1. Tentukan skala bisnis yang akan dijalankan

Sebelum memulai semua proses, pertama-tama Anda harus menentukan skala bisnis yang ingin dijalankan. Bisnis Anda akan dijalankan dalam skala kecil, menengah, atau besar. Dalam menentukan skala, pastikan Anda juga mempertimbangkan target pasar dan kapasitas sumber daya yang tersedia.

2. Susun rencana studi kelayakan bisnis

Selanjutnya, susunlah rencana studi kelayakan bisnis yang akan Anda buat. Dalam rencana studi kelayakan bisnis ini, jelaskan tujuan dan ruang lingkup studi kelayakan bisnis, serta susunan dan alur data yang akan digunakan. Selain itu, tambahkan tahap-tahap yang akan dilakukan dalam proses ini, termasuk teknik analisis yang akan digunakan dalam pengumpulan data.

Baca Juga :  CARA COPY PASTE EXCEL BEDA FILE

3. Tentukan tujuan studi kelayakan bisnis

Tujuan dari studi kelayakan bisnis adalah untuk mengetahui apakah bisnis yang akan dijalankan layak atau tidak. Oleh karena itu, dalam tahap ini tentukan tujuan utama dari studi kelayakan bisnis yang Anda buat. Tujuan ini akan menjadi panduan Anda dalam proses pengumpulan data dan analisis data.

4. Kumpulkan data yang diperlukan

Data yang diperlukan dalam studi kelayakan bisnis meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan para stakeholder terkait. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti internet, laporan keuangan, dan studi kelayakan bisnis yang serupa.

5. Analisis data

Setelah mengumpulkan data yang diperlukan, saatnya melakukan analisis data. Dalam tahapan ini, Anda akan menilai apakah bisnis yang akan dijalankan layak atau tidak. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis data yaitu analisis pasar, analisis ekonomi, analisis keuangan, analisis manajemen, dan analisis hukum.

6. Tulis laporan studi kelayakan bisnis

Setelah melakukan analisis data, saatnya Anda menulis laporan studi kelayakan bisnis. Laporan ini berisi analisis pasar, analisis ekonomi, analisis keuangan, analisis manajemen, analisis hukum, dan kesimpulan dari analisis data tersebut. Buatlah laporan yang jelas dan terinci, agar mudah dipahami oleh pihak eksternal yang membaca laporan tersebut.

Contoh Template Feasibility Study Excel

Untuk memudahkan pembuatan dan penulisan studi kelayakan bisnis, Anda bisa menggunakan template Feasibility Study Excel yang telah tersedia. Berikut ini adalah contoh template Feasibility Study Excel yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

1. Template Feasibility Study Excel dari Microsoft Office

Cara Membuat Feasibility Study Excel

Template Feasibility Study Excel dari Microsoft Office ini mencakup berbagai aspek bisnis seperti permintaan pasar, produk dan produk pengganti, biaya produksi, penjualan dan laba, dana yang digunakan, dan masalah risiko dan keuntungan. Selain itu, template ini juga memberikan petunjuk pada tahap-tahap dasar dari studi kelayakan bisnis.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DATA STATISTIK DI EXCEL

2. Template Feasibility Study Excel dari akuntan.net

Template Feasibility Study Excel

Template Feasibility Study Excel dari akuntan.net ini berisi tentang informasi yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan studi kelayakan bisnis. Beberapa fitur template ini yaitu menyediakan anggaran bulanan, analisis cash flow, analisis break even point, dan sejumlah rasio atau indikator performa penting lainnya.

FAQ

Apa itu Feasibility Study Excel?

Feasibility Study Excel adalah suatu jenis laporan yang sering digunakan oleh pengusaha untuk menilai layak atau tidaknya suatu proyek atau usaha untuk dilanjutkan. Dalam pelaksanaannya, Feasibility Study Excel dilakukan dengan membahas tentang analisis ekonomi, keuangan, hukum, dan manajemen.

Untuk apa Feasibility Study Excel digunakan?

Feasibility Study Excel digunakan untuk menilai apakah suatu proyek atau usaha layak untuk dilanjutkan atau tidak. Dalam hal ini, Feasibility Study Excel memberikan informasi tentang profil pasar dalam hal produk atau jasa yang dihasilkan, target pasar yang akan dilayani, analisis ekonomi, keuangan, hukum, dan manajemen yang nantinya akan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Video Tutorial Membuat Feasibility Study Excel

Demikianlah penjelasan mengenai Feasibility Study Excel dan bagaimana cara membuatnya. Dengan adanya Feasibility Study Excel, membantu Anda dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat dan akurat. Jangan lupa gunakan template Feasibility Study Excel untuk memudahkan dan mempercepat pembuatan studi kelayakan bisnis.