Cara Membuat Excel Untuk Payroll Hrd



Membuat Payroll Sederhana dengan Aplikasi Microsoft Excel

Membuat Payroll Sederhana dengan Aplikasi Microsoft Excel

Payroll adalah salah satu kegiatan penting dalam sebuah perusahaan, yakni menghitung gaji karyawan setiap bulannya. Dalam mengelola payroll, biasanya perusahaan menggunakan software khusus atau aplikasi yang bisa memudahkan perhitungan gaji karyawan secara otomatis.

Namun, bagi perusahaan kecil atau usaha yang masih baru, menggunakan software atau aplikasi payroll bisa jadi terlalu mahal atau sulit diakses. Solusinya, bisa dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang mudah ditemukan dan diakses.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat payroll sederhana menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Untuk langkah-langkahnya, simak penjelasan berikut ini:

Membuat Tabel Data Karyawan

Cara Membuat Excel Untuk Payroll Hrd

Langkah pertama dalam membuat payroll sederhana adalah dengan membuat tabel data karyawan. Tabel ini berfungsi untuk mengumpulkan data karyawan yang akan dihitung gajinya setiap bulannya.

Sistem payroll sederhana dilakukan dengan menghitung gaji karyawan secara manual dan memasukkan data-data karyawan tersebut ke dalam Excel, sehingga Excel secara otomatis akan menghitung gaji karyawan setiap bulannya.

Pada tabel data karyawan, buatlah kolom-kolom seperti Nama Karyawan, Gaji Pokok, Tunjangan Tetap, Tunjangan Tidak Tetap, Jumlah Lembur, Potongan, dan Gaji Bersih. Kolom Gaji Pokok biasanya diisi dengan besaran gaji bulanan karyawan, Tunjangan Tetap dan Tunjangan Tidak Tetap bisa diisi dengan jenis tunjangan yang diberikan perusahaan, Jumlah Lembur diisi dengan jumlah lembur karyawan dan Potongan diisi dengan jenis potongan gaji yang diberikan perusahaan, seperti potongan BPJS, PPH 21, dan sebagainya.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT KEPALA TABEL DI EXCEL

Menghitung Gaji Karyawan

Bagaimana Melakukan Penggajian dalam Excel [+ Template Percuma]

Setelah tabel data karyawan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menghitung gaji karyawan.

Menghitung gaji karyawan dilakukan dengan menambahkan jumlah gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, dan jumlah lembur, lalu dikurangi dengan jumlah potongan. Setelah itu, hasilnya akan muncul pada kolom Gaji Bersih.

Jangan lupa, setelah mengisi data karyawan dan menghitung gaji, simpanlah tabel tersebut dengan format Excel dan beri nama yang mudah diingat.

FAQ

Q: Apakah menggunakan Excel untuk payroll sulit?

A: Tidak. Menggunakan Excel untuk payroll dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya orang yang memiliki latar belakang akuntansi atau keuangan.

Q: Apakah pekerjaan payroll bisa dilakukan oleh satu orang saja?

A: Tergantung pada jumlah karyawan yang ada di perusahaan. Jika jumlah karyawan masih sedikit, maka pekerjaan payroll bisa dilakukan oleh satu orang saja. Namun jika sudah banyak, mungkin perlu menambah orang lagi untuk membantu mengelola payroll.

Video